Coklat Akan Punah Dalam 40 Tahun Mendatang: Tipuan


Klaim: Para ahli memprediksi cokelat akan punah dalam waktu 40 tahun mendatang

Versi lain: Coklat akan punah pada tahun 2050

Sumber klaim: Cnnindonesia.com, Viva.co.id, Sindonews.com, Metrotvnews.com, Kompas.com

 

Bicara soal hidangan lezat, sulit rasanya untuk tidak memasukkan cokelat dalam daftar. Namun, ada kabar buruk bagi para pecinta cokelat. Biji cokelat diprediksi akan punah 40 tahun mendatang. Hal ini disebabkan karena pemanasan global mengancam tanaman cokelat.

Saat ini tanaman tersebut tumbuh di suhu yang lebih panas dari sebelumnya. Pada dasarnya, tanaman cokelat hanya bisa tumbuh di lokasi yang berdekatan dengan garis khatulistiwa serta membutuhkan kelembapan serta curah hujan yang tinggi.

Tipuan/Clickbait

ANALISIS

Sebuah kabar buruk bagi para pecinta coklat belum lama ini dihembuskan oleh banyak outlet berita yang mengatakan bahwa coklat akan punah dalam 40 tahun mendatang. Kabar itu dimulai pada 31 Desember 2017 dimana Business Insider melaporkan sebuah berita dengan judul “Chocolate is on track to go extinct in 40 years” (Coklat berada di jalur kepunahan dalam 40 tahun).

  • Cacao plants are slated to disappear by as early as 2050 thanks to warmer temperatures and dryer weather conditions.
  • Scientists at the University of California are teaming up with Mars company to try to save the crop before it’s too late.
  • They’re exploring the possibility of using the gene-editing technology CRISPR to make crops that can survive the new challenges.

Item pertama dalam artikel BI di atas menyebutkan tanaman kakao diprediksi akan menghilang pada 2050 karena suhu hangat dan cuaca yang kering. Kalimat itulah yang akhirnya menjadi viral hingga menimbulkan kepanikan bagi para pecinta coklat.

Tanaman kakao penghasil cokelat (Agrowindo)

Artikel BI akhirnya menyebar luas dan outlet berita internasional melaporan hal yang sama hingga disebarkan oleh outlet berita nasional Indonesia. Judul yang digunakan BI tidak ada korelasinya dengan isi berita yang disampaikan. Dalam artikel menyebutkan kemungkinan pohon kakao akan hilang pada tahun 2050, disebabkan oleh suhu yang lebih hangat dan cuaca yang lebih kering.


Hal itu terkait dengan upaya modifikasi genetik yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, dan perusahaan permen Mars. Apa yang mereka lakukan untuk membuat tanaman dapat bertahan menghadapi tantangan baru di masa depan. Secara khusus, isi artikel tidak menyebutkan tentang kepunahan coklat dalam beberapa dekade mendatang.

Tanaman kakao yang diteliti oleh peneliti

Perubahan iklim dalam beberapa dekade mendatang memang akan sulit bagi tanaman kakao untuk beradaptasi, itu bukanlah hal baru. Sebelumnya penelitian ilmiah telah mengungkapkan wilayah pertumbuhan kakao dapat menjadi lebih hangat, kering, dan kurang cocok untuk budidaya dalam waktu mendatang. Meskipun demikian, studi tersebut juga menyebutkan bahwa para petani dapat terus memproduksi coklat dengan sistem perencanaan dan adaptasi.

Jadi, kabar yang mengatakan bahwa coklat akan punah dalam beberapa dekade mendatang adalah tipuan yang tidak sesuai dengan isi berita. Para ilmuwan juga tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu, mereka hanya memperingatkan efek dari perubahan iklim bisa mengancam tanaman kakao.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Coklat Akan Punah Dalam 40 Tahun Mendatang: Tipuan