Apakah Kangkung Berbahaya Mengandung Zat Mirip LSD?


Klaim : Kangkung dilarang dijual secara umum di Amerika kecuali dengan izin dari USDA. Kangkung juga mengandung zat mirip LSD (lysergic acid diethylamide), zat psikotropika yang dilarang.

Kangkung memang sangat digemari di Indonesia, untuk mendaptkannya pun sangatlah mudah, tapi jangan coba-coba menanam, menjual, atau membeli kangkung di Amerika Serikat.

Sebab di Amerika tanaman ini dilarang dan harus memiliki izin, karena kangkung berada dalam daftar gulma federal yang berbahaya yang terbentuk dari air tawar di iklim tropis.

Di bawah wewenang undang-undang dari Federal Noxious Weed Act, Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Tanaman USDA (APHIS) melarang penjualan dan pembelian tanaman ini. Kecuali dapat izin yang dikeluarkan oleh USDA.

Dari hasil sebuah penelitian yang pernah dilakukan secara mengejutkan membuktikan bahwa kangkung memiliki kandungan yang secara karakter mirip LSD (lysergic acid diethylamide). LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya.

Berarti selama ini kita nyimeng dengan kearifan lokal.

Sumber klaim : Drakside of Dimension Facebook

 

Campuran Hoax dan Fakta

ANALISIS

Kangkung dalam bahasa ilmiahnya Ipomoea Aquatica (kangkung air) banyak tumbuh di Amerika, mulai dibudidayakan di Texas pada pertengahan tahun 1970-an dibawa oleh imigran Asia Tenggara korban perang Vietnam.

Pada tahun 1989, Texas Parks and Wildlife Department (TPWD) diberi wewenang penuh untuk mengatur spesies tanaman air ini, dan kangkung air dimasukan dalam daftar tumbuhan dilarang atau berpotensi berbahaya. Saat itu, TPWD tidak menyadari bahwa produksi kangkung air yang sedang berkembang pesat, dan para petani tidak mengetahui peraturan TPWD.

Pada tahun 2003, TPWD mulai menyadari bahwa produksi dan budidaya kangkung air di wilayahnya cukup besar, ada lebih dari 60 petani di daerah tersebut, kebanyakan petani adalah orang Kamboja-Amerika. Konsumen utama dari produk makanan kangkung air adalah orang Vietnam-Amerika dan Cina-Amerika.

Pada tahun 2005, TPWD akhirnya merevisi peraturannya dengan melegalkan produksinya dengan syarat harus mendapat izin dari TPWD, untuk konsumsi pribadi dianggap legal tanpa perlu izin. Pembatasan dan pelarangan tanaman Ipomoea Aquatica karena menimbulkan masalah dalam budidayanya, merusak ekosistem air dan mengganggu kehidupan ikan, sistem irigasi, navigasi, dan ekologi tanaman asli di sejumlah wilayah di dunia.

United States Department of Agriculture (USDA) telah mengklasifikasikan spesies aquatic yang masuk dalam daftar beracun. Dan di bawah Undang Undang Perlindungan Tanaman USA, melarang mengimpor dan memproduksinya tanpa izin.

USDA. APHIS. Plant Protection and Quarantine. Includes species listed as a Federal Noxious Weed under the Plant Protection Act, which makes it illegal in the U.S. to import or transport between States without a permit.

Yang perlu digaris bawahi adalah, Ipomoea Aquatica dianggap berbahaya hingga menjadi ilegal di AS bukan tentang produknya, tetapi efek dari tumbuhan ini yang hidup di air karena berpotensi menjadi spesies invasif – Bukan spesies asli wilayah tersebut yang menginvasi dan mengkolonisasi habitat secara masif yang dapat merugikan spesies asli.

Dalam hal ini USDA merilis daftar beberapa tanaman yang dilarang karena invasif dan berbahaya, seperti Ilex aquifolium (holly Eropa), Imperata cylindrica (alang-alang), dan Ipomoea alba (terulak). Sedangkan jenis Ipomoea Aquatica yang dianggap wabah meliputi belimbing air, jambu mete dan morning glory (salah satu jenisnya adalah kangkung). Berikut daftar selengkapnya: Link

Apakah kangkung berbahaya karena mengandung zat mirip LSD?

Dalam hal ini jenis spesies Ipomoea Aquatica terbagi menjadi pelbagai macam, water morning glory, water convolvulus, ong-choy, kang-kung, atau swamp cabbage, Undang Undang Federal AS mengklasifikasikan Ipomoea Aquatica sebagai beracun terkait dengan jenis yang sama seperti konvulvus water dan morning glory,  tapi tidak ada hubungannya dengan kangkung asli yang sering kita konsumsi.

 Reputasi kangkung di Asia dan Amerika sangat berbeda dimana masyarakat Asia sangat terbuka dan dengan mudah mendapatkan tanaman kangkung, tidak seperti di Amerika yang dianggap sebagai hama (gulma) hingga dilarang.

Liputan6.com dalam artikelnya melaporkan bahwa dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa morning glory terkandung senyawa LSD. Morning glory masuk dalam spesies Ipomoea Aquatica sama seperti kangkung.

Dan sebuah penelitian yang dilansir Clearwhitelight.org menunjukkan, dalam morning glory (kangkung) terkandung senyawa mirip LSD. Pada 1959, Ethnobotanis, Richard Schultes mengirim sampel dari pembudidayaan morning glory di Meksiko, Turbina corymbosa, ke penemu LSD Albert Hoffman.

Hoffman kemudian menganalisis benih dan mengatakan tanaman itu mengandung alkaloid ergoline. Ini memang agak sulit diterima ketika ditemukan bahan kimia mirip yang dimiliki jamur ergot. Tapi Hoffman yakin bahwa benih itu memang mengandung Lysergic Acid Amida (LSA). Morning Glory dan beberapa benih tanaman lain mengandung LSA.

LSA berbeda dengan LSD karena ia memiliki NH2 sedangkan LSD memiliki N (C2H5) 2. Selain itu, LSD lebih kuat 50 sampai 100 kali.

LSA dianggap sebagai pendahulu LSD, meskipun jumlah LSA di berbagai benih berbeda sehingga kualitas obat yang terbuat juga akan berbeda.

Namun, laporan asli dari Clearwhitelight.org hanya menyebutkan morning glory, tidak secara khusus menyebut kangkung seperti apa yang ditulis oleh Liputan6. Sampel morning glory yang diteliti berasal dari Meksiko, jenis turbina corymbosa.

In 1959, the ethnobotanist Richard Schultes sent samples of a cultivated Mexican morning glory, Turbina corymbosa, to Albert Hoffman, the discoverer of LSD. Schultes had seen it used by a Zapotec shaman. In 1960, Hoffman analyzed the seeds and said they contained ergot-like alkaloids. This was hard for people to believe since previously such chemicals had only been found in the rye fungus Claviceps purpurea (ergot). But Hoffman was right; the seeds contained d-lysergic acid amide. This differs from LSD only in that it has a NH2 where LSD has a N(C2H5)2, but LSD is some 50 to 100 times as potent. The morning glory Turbina corymbosa’s seeds also have other psychoactive alkaloids in them: d-isolysergic acid amide, chanoclavine, elymoclavine, and lysergol.

Turbina corymbosa merupakan salah satu spesies morning glory asli dari Amerika Latin, salah satunya dari Meksiko yang diambil sampelnya untuk diteliti oleh Albert Hoffman. Jadi, morning glory tersebut berasal dari Amerika Latin, bukan kangkung yang berasal dari Asia.

Turbina corymbosa

Morning glory adalah tanaman berbunga yang lebih dari 1000 spesies. Benih morning glory memang menghasilkan efek yang sama seperti LSD, tetapi jika dikonsumsi dalam dosis yang besar (jumlahnya ratusan).

Beberapa jenis Morning Glory (Wikipedia)

Yang perlu Anda ketahui, kangkung yang sering kita konsumsi terbagi menjadi dua macam, kangkung air dan kangkung darat. Budidaya kangkung di Indonesia terdiri dari kangkung darat (ditanam di darat) dan kangkung air (ditanam di dalam air). Umumnya kangkung yang beredar di pasaran merupakan jenis kangkung darat, budidaya kangkung darat lebih mudah dan siklus panen yang cukup singkat dibanding kangkung air.

Kangkung darat
Ipomoea Aquatica – Kangkung air

Kesimpulan: Memang benar bahwa Amerika melarang kangkung air (Ipomoea Aquatica) karena dianggap berbahaya, tetapi larangan itu terkait dengan pertumbuhan tanaman kangkung yang berpotensi sebagai spesies invasif yang dapat mengganggu spesies asli di sekitarnya. Zat Lysergic Acid Diethylamide (LSD) terkandung dalam morning glory, kangkung adalah salah satu dari ribuan spesies worning glory. Tidak ada penelitian khusus yang menyatakan bahwa kangkung yang selama ini kita konsumsi mengandung zat mirip LSD, penelitian hanya pada beberapa spesies morning glory, sedangkan jenisnya ada ribuan.

Secara logika sederhana, jika kangkung benar mengandung zat mirip LSD, Anda tidak lagi bisa menikmati masakan kangkung yang lezat karena pemerintah Indonesia pastinya sudah mengeluarkan larangan peredarannya.

Salam Icokes. Sekoci Hoax!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Indonesia

Artikel Terbaru

Apakah Kangkung Berbahaya Mengandung Zat Mirip LSD?

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format