Harta Karun Foto Sejarah Yang Jarang Diketahui


Apa yang kita saksikan hari ini tidak lepas dari perjalanan sejarah di masa lalu. Banyak saksi dan bukti sejarah berhasil diabadikan dalam jepretan kamera yang dianggap langka karena jarang diketahui oleh publik. Fotografi sejarah memang menakjubkan karena merupakan bagian dari perjalanan sejarah seseorang ataupun informasi sejarah.

Di sini kami tidak akan membahas tentang hoax atau fakta, namun kami akan memberikan informasi foto sejarah yang dianggap harta karun tidak ternilai, seperti foto-foto di bawah ini yang merupakan saksi bisu dari perjalanan waktu yang terus berjalan hingga saat ini.

1. Lomba lari Marathon di Olimpiade modern pertama di Yunani, 1896

Olimpiade modern pertama dibuka di Athena selama 10 hari (dibuka 6 April 1896 dan ditutup 15 April 1896), diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Sekitar 60.000 penonton hadir untuk menyambut 280 atlet dari 13 negara. Lomba lari Marathon Olimpiade Athena 1896 menempuh jarak sekitar 33 km.

Marathon pertama di Olimpiade Athena inilah yang menjadi cikal bakal dimana Marathon sangat mudah melakukan kecurangan karena jarak yang cukup panjang dan penonton tidak ada di sepanjang rute, peserta bebas melakukan apa saja tanpa diketahui. Namun kecurangan itu tidak bisa dilakukan di Marathon modern saat ini.

2. Perang Parit selama Perang Dunia I, 1917

Foto di atas mungkin terlihat seperti pesta kembang api, foto itu diabadikan oleh seorang fotografer dan perwira Inggris saat perang parit era Perang Dunia I, 1917.

Perang Parit adalah jenis peperangan darat menggunakan jalur pertempuran yang sebagian besar menggunakan perlindungan menggunakan parit militer, dimana prajurit dapat berlindung dengan baik dari serangan senjata musuh dan secara substansial terlindung dari artileri. Perang Dunia Pertama merupakan perang global yang berpusat di Eropa, dimulai pada 28 Juli 1914 dan berlangsung sampai 11 November 1918.

3. Wajah patung Liberty, 1885

Patung Liberty berawal dari pematung Prancis Frédéric Auguste Bartholdi dan sejarawan Edouard de Laboulaye yang merencanakan memberikan hadiah kepada Amerika Serikat. Bartholdi terinspirasi oleh Piramida Giza di Mesir, ia akhirnya mengusulkan untuk membuat patung besar untuk di tempatkan di Amerika.


Pada Juni 1884 patung Liberty selesai dibuat di Perancis. Untuk dikirim ke Amerika, patung harus dipecah menjadi 350 bagian dan dirakit kembali di Amerika selama empat bulan. Pada 28 Oktober 1886 patung Liberty diresmikan. Siapa sebenarnya pemilik wajah dalam patung Liberty tidak dapat dipastikan. Ada yang mengatakan bahwa wajah itu adalah Isabella Eugénie Boyer , janda jutawan Isaac Singer. Namun spekulasi yang paling masuk akal adalah wajah Liberty merupakan wajah ibu dari Charlotte Bartholdi.

 

4. Pria menggunakan sepatu roda,  1905 (atas) dan 1910 (bawah)

Sejarah penggunaan sepatu roda tercatat pertama kali dalam sebuah pertunjukan di London pada 1743. Penemu sepatu roda tidak diketahui. Sedangkan penemu sepatu roda yang pernah terekam adalah John Joseph Merlin (1760), yang menciptakan inline skate tradisonal dengan roda menggunakan logam kecil.

5. William Harley dan Arthur Davidson, 1914

Harley-Davidson adalah produsen sepeda motor Amerika yang pertama kali diciptakan di sebuah gudang kecil pada tahun 1903 oleh William Harley dan dua bersaudara Arthur dan Walter Davidson. Ketika perusahaan Motor Harley-Davidson berdiri pada 1907, Arthur Davidson bertugas untuk pemasaran. Ia berkeliling dunia untuk merekrut dealer baru dan membangun jaringan dealer di seluruh dunia.

6. Charles Clyde Ebbets, 1932

Charles Ebbets (18 Agustus 1905 – 14 Juli 1978) adalah fotografer Amerika terkenal yang banyak menghasilkan foto menakjubkan. Pada tahun 1930, ia menjadi fotografer terkenal yang banyak menerbitkan foto-fotonya di banyak surat kabar besar di Amerika. Foto di atas saat Ebbets bersiap mengambil foto yang paling terkenal dari semua karya fotografinya, Lunch atop a Skycraper (makan siang di atas Skycraper).

Lunch atop a Skycraper

Pada tanggal 29 September 1932, dia mengambil foto Lunch atop a Skycraper, yang menampilkan sebelas orang sedang asik duduk di atas rangka bangunan sambil makan siang, kaki mereka menggantung dari ketinggian ratusan meter di atas jalanan New York. Foto itu diambil di lantai 69 gedung RCA, sekarang dikenal sebagai 30 Rockefeller Plaza, terletak di New York City.

7. Ruang kerja kantor Albert Einstein, 1955

Foto ini diambil beberapa jam setelah kematian Albert Einstein. Ia meninggal pada 18 April 1955 karena gagal jantung. Foto itu hasil jepretan fotografer Ralph Morse, ia bekerja untuk majalah LIFE, tapi foto itu tidak ia terbitkan di majalah LIFE dan tidak pernah dipublikasikan dimana pun atas permintaan putra Einstein.

Lebih dari lima dekade lamanya foto Morse hanya tersimpan di arsip majalah. Banyak foto karya Morse yang diambil beberapa jam setelah kematian Einstein, namun hampir semuanya tersimpan bersama tumpukan debu dalam arsip LIFE. Beberapa dekade setelah foto itu diambil akhirnya LIFE mempublikasikannnya untuk diperlihatkan kepada publik.

8. Arnold Schwarzenegger saat berusia 16 tahun, 1963

Foto ini diambil saat Arnold Schwarzenegger mengikuti kompetisi binaraga untuk pertama kalinya. Namun, beberapa sumber mengatakan foto itu bukan kompetisi binaraga pertama yang ia ikuti melainkan saat ia memenangkan kejuaran binaraga untuk pertama kalinya.

Entah foto itu menunjukan Arnold saat pertama kali mengikuti atau memenangkan kontes binaraga, tidak ada sumber yang dapat memastikannya. Yang pasti, foto langka itu merupakan bagian dari sejarah perjalan hidup salah satu aktor legendaris Hollywood, Arnold Schwarzenegger.

9. The Beatles, 1969

Foto ini diambil sebelum personil The Beatles melakukan sesi pemotretan untuk album mereka, Abbey Road. Dalam sesi pemotretan tersebut, sang fotografer Iain Macmillany mengabadikan enam foto dengan kameranya hanya dalam waktu 10 menit. Foto itu diambil pada 8 Agustus 1969 di luar Studio Emi di Abbey Road pada sekitar pukul 11.30 pagi.

Foto untuk album Abbey Road

Album Abbey Road adalah album terakhir dari band legendaris The Beatles, bahkan dikaitkan dengan mitos kematian bassis mereka, Paul McCartney. Selain itu, foto album ini juga menjadi kiblat bagi para musisi untuk meniru cover album jalanan penuh mistis ini. Abbey Road meninggalkan banyak cerita dari akhir perjalanan band The Beatles, bahkan teori konspirasi mengaitkan foto itu sebagai proses pemakaman Paul McCartney.

10. Segel utuh pintu gerbang makam Firaun Tuthankamen, 1922

Makam KV62 adalah makam kerajaan Mesir Kuno yang berisi mumi Tutankhamen, ditemukan pada 4 November 1922 oleh Howard Carter. Tutankhamen adalah Firaun dari Dinasti ke 18 Mesir Kuno (memerintah 1333 SM – 1324 SM). Keberadaan Tutankhamen hampir tidak dikenal hingga makamnya ditemukan oleh Howard.

Makamnya pernah dijarah setidaknya dua kali di zaman kuno, banyak benda berharga yang berada di dalam makamnya telah dicuri. Setelah berminggu-minggu melakukan penggalian dengan hati-hati, pada tanggal 20 Maret 1923 Howard membuka ruang bagian dalam dan menemukan sarkofagus firaun tersebut. Bagian makam paling dalam memliki segel menggunakan tali sederhana dan tanah liat, mengarah ke sarkofagus Firaun Tutankhamen.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Informasi

Artikel Terbaru

Harta Karun Foto Sejarah Yang Jarang Diketahui