10 Mitos Kesehatan Yang Banyak Dipercaya


Apakah ada selama ini mempercayai tentang menonton televisi terlalu dekat dapat merusak mata, atau gula sebagai penyebab diabetes? Kesalahan-kesalahan itu harus segera dihentikan jika Anda tidak ingin terjebak dalam informasi palsu.

Banyak informasi kesehatan yang beredar hingga dipercaya sebagai sebuah kebenaran. Informasi kesehatan pada dasarnya adalah sebuah harta karun berharga bagi manusia, namun alih-alih bermanfaat malah akan membuat kesehatan Anda semakin memburuk.

Kami akan mengajak Anda untuk mulai mengakhiri beberapa mitos, kesalahpahaman, dan ketidakakuratan informasi kesehatan yang mungkin salah satunya sangat Anda percayai.

1. GULA MENYEBABKAN HIPERAKTIF PADA ANAK-ANAK

Mitos ini banyak beredar dan dibagikan secara luas tanpa bukti ilmiah. Para peneliti hingga saat ini belum mampu mendapatkan bukti dari serangkaian studi untuk mendukung klaim ini.

Mitos ini kemungkin muncul pada tahun 1974, ketika Dr William Crook menulis surat kepada American Academy of Pediatrics. “Hanya dalam tiga tahun terakhir saya telah menyadari bahwa gula … merupakan penyebab utama dari hiperaktif,” isi dalam surat itu. Sebuah surat bukan penelitian ilmiah dan menurut National Institute of Mental Health: “Ide bahwa gula halus menyebabkan gejala ADHD atau berakibat sangat buruk sangat populer, tapi teori ini lebih populer daripada pendukung ilmiahnya.”

Pada dasarnya mitos ini tidak ada penelitian ilmiah, hanya berdasarkan teori bahwa konsumsi gula menyebabkan jumlah kalori berlebihan. Dengan jumlah kalori yang banyak, hingga memaksa anak untuk sering bergerak untuk membakar kalori.

Sumber: University of Arkansas for Medical Sciences, Health Kompas, National Institutes of Health.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: Kesehatan

Artikel Terbaru

10 Mitos Kesehatan Yang Banyak Dipercaya