Kesalahan Sejarah Ilmuwan dan Penemuan Hak Paten Teknologi


Peradaban manusia modern tidak lepas dari peran para ilmuwan masa lalu yang sejatinya telah bekerja keras dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Beberapa hasil temuan mereka menjadi kontroversi hingga saling melempar klaim menghiasi sejarah ilmu pengetahuan.

Banyaknya kontroversi hasil penemuan dan hak paten hingga sejarah kelam yang mencoreng buku sejarah yang pernah kita pelajari saat di bangku sekolah.

Berikut penemuan-penemuan dunia yang kontroversi hingga sosok ilmuwan sebenarnya dibalik klaim palsu hak paten.

Siapakah penemu Email sebenarnya?

Shiva Ayyadurai, ilmuwan Amerika kelahiran India adalah sosok yang dianggap sebagai penemu email. Pada 30 Agustus 1982, Pemerintah Amerika Serikat secara memperkenalkan Ayyadurai sebagai penemu email, dengan menganugerahkan US Copyright untuk Email, dari penemuannya pada tahun 1978.

Les Michelson, mantan ilmuwan partikel di Brookhaven National Labs menugaskan Ayyadurai untuk menciptakan sebuah sistem surat elektronik dengan menggunakan konvensi header nota hardcopy.

Michelson berkata kepada Ayyadurai: “.. Tugas Anda adalah untuk mengkonversi ke dalam format elektronik. Tidak ada yang melakukan itu sebelumnya.”

Sebuah versi sebelumnya disebutkan Shiva Ayyadurai sebagai penemu pesan elektronik, namun versi ini telah diperbaiki. Versi lainnya juga tidak benar yang menyatakan bahwa Ayyadurai adalah orang yang pertama kali memproduksi baris kode ‘bcc, ‘cc’, ‘to’ and ‘from’ fields. Faktanya fitur-fitur itu sudah ada sebelumnya dalam dokumen terpisah dari pekerjaan yg dilakukan oleh Ayyadurai.

Bahkan versi yang menyatakan bahwa Ayyadurai telah diberikan paten tidak benar, karena secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan teknologi dan akan membuatnya menjadi sangat kaya raya. Untuk saat itu, paten tidak diberikan untuk perangkat lunak.

Shiva Ayyadurai

Email sebenarnya sudah dikembangkan satu dekade sebelum Ayyadurai menciptakan Email, dimulai oleh Ray Tomlinson yang mengirim surat teks pertama antara dua komputer pada tahun 1971. Ia juga pencetus simbol ‘@’ untuk alamat email, Ray Tomlinson meninggal dunia pada 5 Maret 2016 di usia 74 tahun.

Tweet Gmail atas meninggalnya Ray Tomlinson

Thomas Haigh, seorang sejarawan teknologi informasi dari University of Wisconsin, ia telah menelusuri sejarah surat elektronik. Ia menulis di komunitas ACM pada tahun 1980: “Surat elektronik telah digunakan di MIT selama 15 tahun, Xerox telah mengembangkannya menjadi lebih modern, sistem email grafis yang dijalankan untuk komunikasi kantor. Compuserve yang pertama menjual akses Email ke publik, dan Email selama bertahun-tahun telah menjadi aplikasi yang paling populer hingga mempengaruhi perkembangan internet.

Sejarawan Marc Weber mengatakan bahwa pada tahun 1978, hampir semua fitur-fitur yang kita kenal saat ini telah muncul pada satu sistem selama belasan tahun sebelumnya, seperti emoticon, mailing lists, flame wars, dan spam.

Ray Tomlinson pada tahun 2004

David Crocker, anggota dari komunitas riset ARPANET, ia percaya bahwa asal-usul email tidak dalam sengketa bahkan tidak menjadi kontroversi seperti saat ini. Ia menegaskan bahwa teknologi berasal dari banyak inovator.

“Laporan yang tidak benar tentang anak berusia 14 tahun (Ayyadurai) pada akhir tahun 1970 sebagai ‘penemu’ dari email, telah lama sebelumnya menjadi layanan yang ada pada ARPANET,” jelas David.

Pada dasarnya siapa penemu email sangat jelas dan klaim bahwa Ayyadurai sebagai penemu email banyak dibantah oleh sejarawan dan banyak pihak. Dokumentasi Ayyadurai untuk email  telah diklarifikasi bukan sebagai ‘penemu email’ melainkan perannya dalam ‘pendidikan komputer’ dan penggunaan email di ‘penelitian medis’.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Lewatkan

Artikel Kategori: Sains

Terbaru

Kesalahan Sejarah Ilmuwan dan Penemuan Hak Paten Teknologi

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format