4 Mitos Seputar Hacker di Facebook


Manusia sekarang ini sedang dimanjakan oleh bentuk komunikasi jejaring sosial yang dapat memudahkan setiap penggunanya saling berinteraksi hingga berbagi informasi. Dengan begitu banyaknya informasi yang beredar, setiap orang dapat dengan mudah memberikan informasi gosip ataupun rumor yang tidak jelas.

Ketika komunikasi instan lahir dan kian berkembang pesat, jejaring sosial Facebook adalah salah satu sarana di mana setiap informasi menyebar kepada setiap orang hingga dipercaya, tapi tidak pernah dikonfirmasi. Facebook menawarkan kehidupan baru bagi manusia dengan beragam kemudahannya hingga informasi palsu seperti sebuah doktrin pasti.

Bukan rahasia bahwa penjahat cyber dengan segala cara mengeksploitasi platform Facebook untuk menipu netizen. Namun dari semua penipuan para penjahat cyber, banyak rumor dan mitos bermunculan selama bertahun-tahun hingga netizen banyak membuang waktu dan khawatir tanpa alasan.

Berikut ini 4 mitos tentang hacker di facebook yang telah lama beredar:

1. Jika akun Anda memposting spam berarti akun Anda telah diretas oleh hacker

Sebuah rumor populer menyatakan sesuatu telah terjadi dengan akun Facebook Anda ketika memposting sesuatu secara otomatis atasnama Anda. Hal itu dapat terjadi jika akun Facebook anda terserang spam akibat Anda telah meng-klik link berbahaya hingga tanpa Anda sadari telah membagikan tautan berbahaya kepada semua grup yang Anda ikuti dan semua dinding Facebook teman Anda.

Jika itu terjadi, berarti ada sesuatu yang salah dengan akun Facebook Anda. Tapi, itu bukan berarti akun Facebook Anda telah diretas oleh hacker. Itu terjadi karena Anda telah masuk dalam perangkap scam/spam yang sebelumnya Anda telah meng-klik tautan berbahaya.

Kemungkinan besar Anda telah jatuh masuk ke dalam salah satu dari lima jenis penipuan seperti phishing, aplikasi Facebook ilegal, ekstensi browser ilegal, copy/paste Javascript scam atau komputer anda terinfeksi malware. Dari 5 kasus itu berarti bahwa pemilik akun telah masuk perangkap scammers.

Hacker tidak bisa melakukan hal ajaib dengan mengirimkan posting spam dimana akun tetap dalam kendali Anda. Sebenarnya itu ulah scammers dimana sebelumnya Anda telah mengklik link ilegal dan Anda dituntun untuk terus masuk ke dalam link hingga tanpa disadari Anda telah masuk jebakan scammer dan mengirimkan malware yang telah disiapkan oleh scammer.

Posting malware sejatinya bukan tanpa penyebab, Anda tidak bisa menyalahkan siapapun atas semua perbuatan Anda sendiri. Posting spam malware secara acak diawali oleh link ilegal, biasanya link menawarkan sesuatu yang menarik dan mengeksploitasi rasa penasaran setiap orang untuk mengklik link yang diberikan.

Berdasarkan kasus yang banyak terjadi, scammers biasanya menawarkan link video porno untuk diklik. Anda tidak akan pernah menyebarkan video itu di Facebook secara acak ke semua grup yang Anda ikuti jika Anda tidak mengklik link tersebut.

Sejatinya posting spam adalah malware, istilah umum yang digunakan untuk software atau program yang dirancang bertujuan menyusup atau merusak sebuah sistem komputer secara diam-diam. Malware yang sekarang ini banyak beredar adalah pesan yang menawarkan dapat “mengetahui siapa saja yang dapat melihat profil Anda”. Selengkapnya dapat Anda baca¬†di sini.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: Informasi

Artikel Terbaru

4 Mitos Seputar Hacker di Facebook

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format