Kumpulan Hoax Teknologi


2. METODE MURAH MENDULANG EMAS DARI AIR LAUT

Hoax

Pada kahir tahun 1896, Pdt Prescott Ford Jernegan, seorang pendeta dari sebuah Gereja Baptis di Middletown, Connecticut, menawarkan sebuah metode murah dan efektif mendulang emas dari air laut kepada Arthur Ryan. Jernegan mengklaim telah menemukan cara murah mendulang emas dari air laut, dia mengatakan bahwa teknik yang telah dia ciptakan telah mengungkap sebuah visi surgawi.

Dia menawarkan kepada Ryan untuk menguji penemuannya dan jika hasil temuannya sangat mengesankan maka selanjutnya Ryan dapat bergabung dalam membangun sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil temuannya.

Jernegan menyebut perangkat hasil temuannya sebagai “Akumulator Emas”. Alat itu terdiri dari sebuah kotak kayu dengan lubang yang menyilang untuk memungkinkan bagiannya bebas dari air.

Di dalam kotak terdapat panci yang diisi merkuri yang dicampur dengan bahan rahasia, arus listrik masuk ke dalam merkuri melalui kawat yang melekat pada baterai kecil. Seluruh peralatan nantinya akan di turunkan ke dalam air laut dan dibiarkan semalaman, campuran merkuri yang teraliri listrik nantinya akan menyedot logam emas dari dalam air laut. Ketika pagi hari peralatan akan diangkat dan akan menjaring banyak emas.

Ryan akhirnya setuju untuk menguji penemuan Jernegan, untuk menjamin agar tidak ada tipuan, Jernegan mengatakan bahwa ia tidak akan hadir selama pengujian. Dia hanya memberikan perangkat dan cara penggunaannya kepada Ryan.

Kandungan emas pada air laut sebelumnya telah ditemukan oleh seorang kimiawan Inggris Edward Sonstadt pada tahun 1872. Ia memperkirakan ada sekitar satu butir emas dalam setiap satun ton air laut. Hal itu kemudian dikompirmasi oleh kimiawan Australia Archibald Liversidge yang lebih memperjelas ada $ 48.000.000.000.000 senilai emas di lautan.

Fakta itu secara luas mulai dikenal pada tahun 1896, namun fakta itu tidak dapat dimanfaatkan secara komersial karena tidak menguntungkan dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam proses penggalian emas dari air laut lebih besar dibanding hasil yang didapatkan. Namun, tampaknya fakta yang telah diungkapkan kedua kimiawan itu dimanfaatkan oleh Jernegan untuk membuat solusi yang lebih menguntungkan.

Pada awalnya semua berjalan dengan lancar, perusahaan telah dibangun dan berencana untuk lebih meningkatkan jumlah akumulator. Para investor mulai berdatangan dan mereka berlomba-lomba menghitung setiap keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Namun pada bulan Juli 1898, Jernegan menghilang, ia dikabarkan melarikan diri ke Eropa dengan menggunakan nama samaran, Selain itu asistennya yang misterius, Charles Fisher juga pergi tanpa jejak yang sebelumnya menjadi banyak perhatian karena menduduki peran penting dari perusahaan yang dibangun Jernegan.

Setelah Jernegan dan Fisher melarikan diri, perusahaan akumulator emas menjadi berhenti, tidak ada lagi emas yang datang dari kedalaman air laut. Para investor akhirnya menyadari bahwa mereka telah tertipu dan bahan rahasia yang diperlukan dalam akumulator emas ternyata adalah Fisher.

Fisher adalah seorang penyelam profesional, selama proses pengujian awal akumulator emas ia menyelam untuk mengganti merkuri dengan menaruh emas pada akumulator. Fisher membeli emas batangan di Boston lalu dibawa ke Lubec, dimana emas itu disajikan dalam akumulator kepada para investor sebagai bukti yang akan mereka dapatkan. Namun ketika para investor telah banyak memberikan uangnya, Jernegan dan Fisher melarikan diri dengan membawa uang para investor sekitar $ 200.000.

Lubec, Maine (Klondike: Lubec’s Gold from Sea Water Hoax)
Museum of Hoaxes (The Gold Accumulator)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Kumpulan Hoax Teknologi