Kumpulan Hoax Teknologi


Peradaban manusia tidak lepas dari teknologi yang semakin berkembang menjadi sebuah kebutuhan utama dalam menunjang kehidupan. Banyak teknologi yang kita kenal saat ini tidak lepas dari sejarah karya para penemu masa lalu, namun ternyata banyak penemu palsu yang telah mengklaim menciptakan sebuah teknologi besar yang sempat menghebohkan di masanya.

Berikut 7 hoax teknologi yang tercatat dalam sejarah:

1. PESAWAT PALING CANGGIH

Hoax

Pada awal Desember 1909, koran Amerika melaporkan bahwa seorang penemu dari Worcester, Massachusetts bernama Wallace Tillinghast, telah berhasil menciptakan pesawat paling canggih di dunia pada masanya. Karyanya diklaim mampu membawa tiga orang penumpang, menempuh jarak lebih dari 300 mil, dan dapat mempertahankan kecepatannya 120 mil per-jam.

Pesawat itu melampaui kemampuan dari semua peasawat yang ada saat itu, sebelumnya Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawatnya pertama kali pada tahun 1903. Pada Juli 1909, Louis Bleriot mulai terkenal di mata internasional dengan terbang melintasi Selat Inggris dengan jarak hanya 22 mil.

Pesawat karya Tillinghast membuat dunia penasaran, dia menggambarkan: “Pesawat udara yang memiliki sepasang sayap, dengan berat 1.550 pon, dengan lebar 72 kaki, dan dilengkapi dengan mesin listrik bahan bakar bensin dan kekuatan yang mencapai 120 tenaga kuda yang menggunakan kontruksi khusus. Kerangka dasar menggunakan bahan baja dengan panjang 35 kaki, dan bentuknya menyerupai layang-layang. Tidak peduli angin bertiup kencang, layang-layang (pesawat) ini dapat terbang sendiri dengan menggunakan mesin yang terpasang.”

Banyak surat kabar Amerika yang melaporkan bahwa Tillihast telah menguji pesawatnya dengan terbang sejauh 300 mil dan kembali pada bulan September, pesawat berhasil mengitari Patung Liberty. Selama uji penerbangan, salah satu silinder dalam mesin rupanya tidak berfungsi, namun Tillinghast mengatakan ia berhasil memperbaikinya saat berada di ketinggian 4000 kaki selama 40 menit. Yang paling luar biasa dari semua klaimnya, Tillinghast melakukan uji terbang pesawatnya pada malam hari.

Dari semua klaim yang telah ia paparkan kepada surat kabar Amerika, Tillinghast menolak untuk memperlihatkan pesawatnya. Dia beralasan bahwa ingin menjaga kerahasian dari pesawatnya agar orang lain tidak mencuri ide-idenya, sehingga dia dapat menjadi pemenang di acara kontes di Boston pada tahun depan.

Dia tetap memberikan keyakinan kepada media bahwa ia akan mempertontonkan demontrasi pesawatnya di depan publik pada Februari 1910.

Dibalik klaimnya yang sangat luar biasa, tidak sedikit orang yang skeptis atas semua klaim Tillinghast. Wilbur Wrigth dengan sangat tegas tidak mempercayai klaim Tillinghast, ia mengatakan “terlalu jelas itu tidak masuk akal sejak pertama kali itu dianggap serius.”

Walaupun banyak yang skeptis, banyak yang menganggap Tillinghast tidak mungkin seorang penipu karena dia orang yang cukup terhormat karena menjabat sebagai Wakil Presiden dari perusahaan manufaktur di Worcester.

Akhirnya orang-orang di seluruh New England banyak yang melihat dan melaporkan penampakan pesawat Tillingham. Pada malam 22 Desember 1909 ribuan orang melaporkan telah melihat pesawat terbang melintas di langit kota Worcester. Nampak jelas sebuah benda terbang seperti elang raksasa terlihat di langit kota, seorang pria mengklaim bahwa ia melihat dengan jelas kerangka pesawat itu dan pria lainnya melihat dua orang duduk di pesawat itu.

Banyak wartawan mencoba menyelidikinya dan mencari jejak pesawat yang selalu terlihat pada malam hari. Beberapa orang menganggap bahwa yang dilihat warga Worcester sebenarnya planet Venus yang terlihat cukup terang di malam hari.

Pada akhir Desember 1909, CD Rawson dari Worcester tampil dan mengakui bahwa ia yang bertanggung jawab atas semua penampakan yang dilihat oleh warga, ia mengklaim telah menempelkan lentera kecil dengan lampu reflektor ke bagian kaki beberapa burung hantu dan apa yang dia lakukan hanyalah sebuah lelucon.

Namun klaim dari Rawson apakah benar atau hanya mencari sensasi agar namanya menjadi terkenal, hingga saat itu tidak diketahui. Secara logika sulit untuk dipercayai burung hantu dengan lentera kecil di kaki akan terlihat seperti pesawat terbang.

Tillinghast tetap tidak dapat menunjukan buktinya dan juga secara terbuka tidak pernah mengakui bahwa pesawatnya adalah tipuan. Hingga Februari 1910 seperti yang telah dijanjikan, Tillinghast tidak mampu memberikan bukti pesawatnya akan tampil di depan publik. Tetapi media tetap meyakini bahwa pesawat Tillinghast memang ada dengan melihat tanda-tanda pesawat terlihat di Worcester, walaupun hanya terlihat pada malam hari saja.

J. walter Flagg, direktur New England Aero Club, mengeluarkan pernyatannya dari apa yang telah ia rangkum dari opini publik: “Saya percaya orang ini adalah faker (penipu), klaim yang telah dia ciptakan sangat tidak mendasar, dan saya tidak percaya dia telah melakukan penerbangan tunggal … Saya telah melakukan penyelidikan dan tidak menemukan satu pun fakta untuk menjamin kebenaran dari semua klaimnya.”

Hingga akhir hayatnya Tillingham tidak mampu menunjukan pesawat ciptaannya, semua klaim yang telah ia hembuskan tidak pernah terbukti.

Wikipedia (Wallace Tillinghast)
Museum of Hoaxes (The Worcester Aeroplane Hoax)
Popular Mechanics (Mysterious Aeroplane a Hoax)

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
Angry Angry
0
Angry
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Kategori: HOAX

Artikel Terbaru

Kumpulan Hoax Teknologi

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format