Kecepatan Internet NASA 91 Gbps: Hoax

nasa

Mendengar kecepatan akses internet mencapai 91 Mbps sudah membuat mata kita berbinar, tetapi akses internet mencapai 91 Gbps (gigabit per detik) sudah pasti membuat rahang kita jatuh. Kapankah impian seperti NASA terwujud untuk umum?

Nasa

Status: HOAX

Peredaran informasi

Informasi/berita ini banyak dimuat di situs maupun blog pemberitaan. Berikut adalah beberapa berita terkait yang sempat terdeteksi oleh team Sekoci:

NASA has 91 Gbps internet Speed
JULY 4, 2014 By HoneyWe all know about that Google provide 10 Gigabit per second Internet speed with its Google Fiber. Which is 1000 times faster than the Internet now we use at our homes. W0w its so fast.But for NASA this speed is nothing, did you know the speed of Internet at NASA’s headquarter of course not. The transfer speed at NASA’s headquarter is about 91 Gigabit per second. Which is 100 times faster than Google Fiber.

NASA’s Internet connection is 13,000 times faster than yoursBy Komando Staff
June 17, 2014If there’s one organization that never has to worry about streaming videos in glorious HD, it’s NASA. The space organization’s shadow network can transfer 91 gigabits per second, or 91,000 megabits per second.For comparison, the average broadband connection speed in the U.S. is 6.6 megabits per second – or more than 13,000 times slower.

NASA’s Shadow Internet: 100 Times Faster Than Google Fiber

By Meghan Coyle
June 19, 2014

NASA uses a super-fast shadow network, known as the Energy Science Network (ESnet for short), to connect researchers working on big data projects, such as the Large Hadron Collider or the Human Genome Project. ESnet uses fiber optic lines to reach transfer speeds of 91 gigabits per second, the fastest ever reported for end-to-end data transfer conducted under real world conditions. NASA does not plan on making ESnet available to consumers, but the tech may someday be picked up by Internet service providers.

Sumber: ETCentric: The Media Professional’s Inside Perspective

Konfirmasi dari personil NASA

Beredarnya berita tersebut tak ayal membuat gerah beberapa orang yang memahami apa yang sebenarnya terjadi. Robert Frost, Instructor and Flight Controller di Flight Operations Directorate, NASA meluruskan hal ini melalui blognya di quora.com pada tanggal 23 November 2014 sebagai berikut:

Contrary to numerous blog reports last summer, the Internet speed at NASA is not 91 gigabits per second. That speed was achieved on a specific connection between SC13 in Denver and the NASA Goddard facility in Maryland during an experiment. The experiment utilized the ESnet, which allows site to site file transfer at up to 100 gigabits per second, for two sites connected via ESnet. It does not relate to regular internet access, at all.

“Berbeda dengan banyak laporan di outlet berita online, kecepatan internet NASA bukan 91 gigabit perdetik. Kecepatan itu merupakan jalur khusus dalam percobaan yang menghubungkan koneksi SC13 dan fasilitas Goddard NASA di Maryland. Eksperimen ini menggunakan ESnet, memungkinkan transfer file ke situs hingga 100 gigabit perdetik, untuk dua situs yang terhubung melalui ESnet. Hal itu tidak ada hubungannya dengan akses internet biasa.”

Berikut persentasi dari eksperimen lebih rinci : http://science.gsfc.nasa.gov/606.1/HECN-highlights/SC13-report.pdf

Tanpa perlu menunggu lama, Sekoci segera membuka tautan yang disertakan. Judulnya adalah:

Results From
NASA High End Computing (HEC)
WAN File Transfer Experiments/Demonstrations
Super Computing 2013 (SC13)

Overview-nya menjelaskan sebagai berikut:

These SC13 Network Research Exhibition (NRE) demonstrations were designed to showcase capabilities for transporting extremely large scale data for petascale scientific research using 100 Gbps long distance Wide Area Networks (WANs) and Local Area Networks (LANs).

“Pameran Penelitian Jaringan SC13 ini dirancang untuk menunjukan kemampuan mentransfer data dalam skala sangat besar untuk penelitian ilmiah petascale menggunakan Jaringan Area Luas (WAN) dan Jaringan Area Lokal (LAN).”

Jadi, 91 Gbps bukan kecepatan internet di NASA, melainkan kecepatan INTRANET dengan menggunakan jalur khusus antara SC13 di Denver dan fasilitas Goddard di Maryland. Ini pun dalam rangka percobaan. Kesalahan informasi terjadi karena ketidakpahaman pembuat berita dalam memahami laporan NASA.

Berikut perbedaan internet dan intranet:

Internet
Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan sistem global menggunakan protokol internet atau Internet Protocol Suite (TCP/IP), protokol pertukaran yang memungkinkan kita bisa saling berkomunikasi dan berbagi sumber informasi serta layanan dengan menggunakan jaringan interkoneksi, seperti seperti inter-linked hypertext dokumen dan aplikasi dari World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi file.

• Jaringan yang sangat luas (global)
  • Bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja serta kapan saja
  • Menggunakan teknologi tinggi yang berkembang pesat karena tuntutan kebutuhan global

Intranet
Intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Dalam bentuknya yang paling sederhana, intranet dibuat menggunakan Jaringan Area Lokal (LAN) dan Jaringan Area Luas (WAN)

• Jaringan terbatas hanya mencakup wilayah pribadi
  • Hanya bisa diakses oleh orang-orang internal dan digunakan secara terbatas
  • Perkembangan lebih lamban hanya mengikuti kebutuhan perusahaan

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

Referensi:

What's Your Reaction?