09 February 2018

Video Operasi Pengangkatan Benda-benda Asing di Dalam Tubuh Balita?



Klaim: Video balita 4 tahun menjalani operasi, dalam perut anak tersebut ditemukan beberapa benda seperti korek api, baterai, uang mainan, dan lainnya.




Campuran Hoax dan Fakta

ANALISIS

Sebuah video viral baru-baru ini beredar di jejaring Facebook dengan deskripsi proses operasi pengangkatan beberapa benda di dalam tubuh seorang anak berusia 4 tahun. Di akhir deskripsi memberikan pesan agar selalu berhati-hati untuk tidak meninggalkan balita saat bermain, pesan itu sangat baik tetapi video yang ditampilkan bukan seorang balita.

Video itu diambil di RSD dr. Soebandi Jember, pasien yang menjalani operasi bernama Hendro Wijatmiko. Berdasarkan laporan dari Detikcom, tim dokter berhasil mengeluarkan beberapa benda tajam dan benda asing di tubuh pria berusia 30 tahun itu melalui operasi yang berlangsung hampir tiga jam.

Hendro sebelum dioperasi (Detikcom)

Video itu direkam pada Juli 2017, ada 52 benda yang berhasil dikeluarkan dari perut pasien warga Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo itu. "Setelah dibuka kebanyakan bendanya ngumpul di lambung, usus halus dan usus besar," terang dr Samsul Huda, SpB, salah satu dokter yang ikut mengoperasi Hendro, Kamis (13/7/2017).

Dari hasil pembedahan ini, yang terbanyak diambil dari perut Hendro adalah korek api gas dengan ukuran sebesar 10 cm. Korek api gas ini ada di dua tempat, yakni di lambung 16 buah dan di usus sebanyak dua buah. Selain itu, di lambung juga ada benda bungkus plastik sebanyak 11 buah. Selain itu, ada juga selembar uang pecahan 20 ribu rupiah.


Lalu juga ada gagang sendok tanpa sendoknya sepanjang 15 cm sebanyak tiga buah, baterai kecil ukuran AAA ada dua buah, serta tutup botol pocari. Keberadaan benda yang cukup banyak inilah yang sempat menyebabkan gangguan kepada kesehatan Hendro. "Jadinya penuh di lambung. Makanya makanan tidak bisa ke bawah karena penuh," jelas Samsul.

Sedangkan di usus, selain korek api juga ada paku payung dengan ukuran besar sebanyak 5 buah, plastik bungkus dan gagang kayu es krim sebanyak masing-masing dua buah. Dokter juga menemukan satu buah spet injeksi tanpa jarum dengan ukuran 5 cc serta pisau cutter.

Tim dokter juga menemukan uang logam Rp 200 sebanyak lima buah yang sudah diplester menjadi satu, uang logam Rp 500 dan per korek api satu buah. Garpu kecil logam dengan gagang plastik pun ditemukan di perut Hendro.

Hasil rontgen perut Hendro (Detikcom)

Hendro diketahui sering mengalami depresi, apa yang dilakukan Hendro menelan banyak benda asing diduga saat depresinya kambuh. Berdasarkan pengakuan keluarga, Hendro memang sempat dirawat selama 2 tahun di rumah sakit jiwa karena mengidap depresi hingga marah-marah dan mengamuk.



Kesimpulan

Benar: Video itu asli menunjukkan proses operasi pengangkatan benda-benda asing di dalam tubuh pasien berusia 30 tahun, Hendro Wijatmiko.

Salah: Pasien balita berusia 4 tahun.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!