03 February 2018

Leo Ikonik MGM Diikat Pada Meja Saat Proses Pengambilan Gambar: Palsu



Klaim: Gambar di balik pembuatan logo MGM si Singa diikat di meja.


PALSU

ANALISIS

Sebuah gambar populer terus muncul secara online dengan klaim proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer (MGM) dimana ikon Singa diikat pada meja. Logo Singa mengaum MGM sangat khas, bahkan tidak sedikit orang yang percaya foto itu bagian dari logo MGM.

Logo MGM

Gambar singa kurus yang tengah diikat adalah nyata, tetapi itu bukan proses pembuatan logo MGM. Gambar itu sudah diedit menggunakan Photoshop, gambar asli menunjukan proses singa yang tengah menjalani CT Scan.


Gambar itu adalah singa yang diberi nama Samson. Cerita berawal pada tahun 2005, anak singa berusia 2 tahun (Samson) yang hidup di Kebun Binatang Hai-Kef di dekat Tel Aviv, Israel sakit parah, dan menjalani operasi dengan sebelumnya dilakukan CT Scan. Gambar di bawah adalah gambar asli dimana Samson sedang menjalani pemeriksaan CT Scan sebelum menjalani operasi.

Gambar asli, Samson sedang menjalani pemeriksaan CT Scan

Samson yang sedang sakit diperiksa CT Scan

Di sisi lain, proses pengambilan gambar Leo untuk logo MGM asli nampak terlihat lebih berbahaya. Leo yang menjadi ikon MGM dipotret pada tahun 1924. Setidaknya ada lima singa yang dilibatkan dalam pengambilan gambar. Berikut foto proses pengambilan gambar Leo untuk logo MGM.



Logo ikon singa diciptakan untuk Goldwyn Pictures Corporation pada tahun 1916 oleh eksekutif iklan Howard Dietz. Sejak saat itu, logo kian berevolusi dengan menggunakan animasi dan suara agar tampilan lebih efektif. Logo MGM awal menggambarkan singa bernama Slats di era film bisu yang dibuat selama 6 tahun berturut-turut sebagai logo resmi.


Kesimpulan: Gambar singa yang diikat di meja yang diklaim proses pengambilan gambar logo MGM adalah palsu, hasil editing yang mengambil gambar singa bernama Samson dari Kebun Binatang Israel yang tengah menjalani CT Scan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!