04 February 2018

Gambar Kemacetan Terparah di China?



Klaim: Foto kemacetan parah di China sepanjang 100 km selama 11 hari



Apa yang akan Anda lakukan bila 11 hari terjebak macet? Kondisi seperti itulah yang terjadi di jalur Beijing-Tibet pada Agustus 2010 lalu.

Beberapa pengendara yang terjebak sampai harus bermain kartu untuk menghilangkan stres. Di tengah kondisi yang begitu menguras emosi, justru muncul pedagang kaki lima yang menjajakan makanan maupun minuman di pinggir jalan, dengan harga empat kali lipat dari normalnya.

Campuran Hoax dan Fakta

ANALISIS

Informasi dan berita yang menyebar secara online selama bertahun-tahun menunjukkan sebuah gambar yang dimaksudkan untuk menggambarkan kondisi kemacetan terparah di dunia yang terjadi di China pada tahun 2010 silam.


Gambar itu tidak nyata alias hasil rekayasa olah digital Photoshop. Sumber asli gambar yang digunakan sebenarnya menunjukan kondisi jalan bebas hambatan 405 di Los Angeles, AS, bukan di China. Foto asli diabadikan oleh Philip Greenspun pada 1998 di Los Angeles. Gambar asli tidak memperlihatkan kemacetan parah hingga berhari-hari.

Foto asli jalan raya di Los Angeles

Gambar palsu hasil rekayasa olah digital

Apakah pada Agustus 2010 terjadi kemacetan terparah di China?

Memang benar China pernah mengalami kemacetan terburuk dan terpanjang dalam sejarah pada Agustus 2010, terjadi di Jalan Raya Nasional (G110) jalur Beijing-Tibet dengan panjang kemacetan 62 mil (hampir 100 km) selama lebih dari 10 hari.

Peta jalur kemacetan terparah di China. China Daily

Yang menarik dari kemacetan terparah di China ini disebabkan oleh membludaknya kendaraan yang kebanyakan didominasi oleh truk besar yang membawa batubara ke Beijing (setiap kendaraan bergerak dengan rata-rata kecepatan 3 km perhari). Kemacetan itu diperparah saat pemeriksaan dokumen, tidak sedikit truk yang tidak melengkapi dokumen hingga kian memperparah kemacetan, kembali diperparah dengan adanya pekerjaan perbaikan jalan.


Kemacetan terparah di dunia bukan hanya terjadi di China, beberapa negara pernah mengalami kemacetan terparah, umumnya disebabkan oleh alam (cuaca buruk musim dingin), itulah mengapa penyebab kemacetan di China tergolong menarik karena tidak disebabkan oleh bencana alam.

Pada 16 Februari 1980, Perancis mengalami kondisi kemacetan terburuk sepanjang 175 km dari Lyon ke Paris. Penyebab kemacetan adalah kondisi cuaca yang sangat buruk pada musim dingin bertepatan dengan membludaknya wisatawan yang hendak menuju ke Paris.

Pada Februari 2011, ratusan kendaraan terjebak salju setebal 20 inci di Chicago. Semua pengemudi terpaksa meninggalkan kendaraan mereka untuk menyelamatkan diri dari udara dingin. Ratusan mobil yang terdampar di jalanan Chicago akhirnya menjadi kuburan mobil yang terkubur salju



Pada 14 November 2013, Brazil mengalami kemacetan terpanjang di dunia dengan antrian kendaraan yang membentang di jalanan Sao Paulo sepanjang lebih dari 309 km. Kejadian itu adalah yang kedua kalinya sekaligus mematahkan rekor sebelumnya pada Juli 2013, kemacetan panjang di Sao Paulo sepanjang 300 km.


Indonesia juga pernah mengalami kemacetan terparah selama 3 hari (3-5 Juli 2016) saat liburan Idul Fitri. Kemacetan bersumber di pintu keluar gerbang tol Brebes atau yang lebih dikenal Brexit. Akibat kemacetan itu 13 orang dikabarkan meninggal dunia akibat cuaca panas, tetapi Kementerian Kesehatan RI membantahnya dengan mengatakan bahwa semua korban meninggal bukan akibat macet dalam 1 hari dan 1 tempat yang sama seperti diberitakan sejumlah media.


Kesimpulan: China pernah mengalami kemacetan terburuk pada Agustus 2010 sepanjang 100 km selama lebih dari 10 hari, tetapi gambar yang ditampilkan tidak ada korelasinya dengan kemacetan di China. Gambar itu adalah palsu hasil rekayasa olah digital, foto asli menunjukan kepadatan kendaraan di jalan raya di Los Angeles pada tahun 1998.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!