08 February 2018

Anak-anak Korban Penyelundupan Untuk Diambil Organnya: Hoax



Klaim:  Polisi telah menahan 1 truk pengangkut ayam yang ternyata di dalamnya ada beberapa anak-anak yang hendak diselundupkan ke Thailand untuk dibunuh dan diambil organnya.



HOAX

ANALISIS

Pesan berantai yang mengatakan bahwa terjadi penyelundupan anak yang akan dikirimkan ke Thailand untuk diambil organnya hanya omong kosong. Dalam pesan yang beredar menampilkan gambar seorang anak dalam kardus, tidak ada korelasinya dengan isi pesan.


Gambar itu juga digunakan hoaxers luar negeri dengan pesan yang mirip dengan mengatakan anak-anak tersebut hendak diselundupkan dari Malaysia ke Thailand.



Faktanya gambar yag digunakan adalah seorang anak wanita dalam kardus berinisial PNF, korban pembunuhan dan pemerkosaan di Jakarta. Jasad PNF ditemukan dalam kardus pada 2 Oktober 2015 di Kalideres, Jakarta barat.



Hoaxers tidak hentinya meracuni otak netizen dengan menabur benih kebohongan hingga menyesatkan paradigma. Jika ada yang berpikir bahwa hoaxer sangat tega memanfaatkan foto PNF, masih banyak dan teramat sangat banyak foto-foto lainnya dari seluruh penjuru dunia yang digunakan hoaxers, seperti korban perang dan lainnya yang mungkin saja pernah Anda yakini sebagai kebenaran.

Kami mengingatkan jangan pernah menyebarkan foto korban meninggal di jejaring sosial, setiap foto yang Anda sebarkan kemungkinan bisa digunakan hoaxers untuk pembodohan informasi, dan keluarga korban pastinya sangat terpukul.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

Catatan: Gambar bocah dalam kardus yang ditampilkan di screenshot sengaja kami blur untuk menghormati keluarga korban