23 January 2018

Video dan Foto Hoax Seputar Gempabumi Banten



Baru-baru ini sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya merasakan guncangan gempabumi yang cukup besar. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempabumi yang terjadi hari ini (23/1), pukul 13:34:53 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

Dilansir dari situs resmi BMKG Indonesia, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=6,1 terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada kedalaman 61 km.

BMKG

Dampak gempabumi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, II SIG-BMKG (IV-V MMI). Gempabumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia. Hingga pukul 13:46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Gempabumi yang terjadi hari ini membuat panik banyak masyarakat, banyak beredar video dan foto yang menunjukkan kondisi saat terjadi gempa dan efeknya. Namun, tidak semua gambar atau video berhubungan dengan gempabumi yang berpusat di Lebak, Banten.

1. Foto jalan rusak parah


Foto di atas (bagian bawah) diklaim kondisi jalan raya mengalami kerusakan besar akibat gempa yang mengguncang Banten, Jakarta dan sekitarnya. Faktanya foto itu adalah jalan nasional Gunungkidul, tepatnya di persimpangan Pedotan Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, ambles akibat hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Yogyakarta.


Salah seorang warga sekitar, Agus Siswanto, menyampaikan, retakan tanah di sekitar lokasi itu terjadi sejak Minggu (21/1/2018) siang, tetapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, sekitar pukul 19.00 WIB, hujan deras mengakibatkan jalannya ambles.



2. Video truk terguncang

Bahkan sebuah laporan berita menunjukkan situasi gempa di Pelabuhan Merak. Dalam video memperlihatkan sebuah truk yang terguncang keras yang diklaim akibat gempabumi di Banten.


Video itu beredar luas di Youtube dengan klaim yang sama, detik-detik gempa di pelabuhan Merak 23 Januari 2018.


Faktanya, video itu tidak ada korelasinya dengan gempabumi yang terjadi pada hari ini. Video itu diupload di Youtube sejak 13 Juni 2017, dengan judul "Detik detik Truk Dihantam Badai di Atas Kapal Penyeberangan Gilimanuk".



3. Foto masjid rubuh

Selain itu, sebuah foto Masjid rubuh yang diklaim akibat gempa Banten divonis hoax oleh beberapa media, foto itu diklaim terjadi saat gempabumi di Sukabumi.






Foto itu divonis hoax tanpa menampilkan bukti apapun, bahkan hanya berdasarkan pernyataan seorang netizen. Berdasarkan laporan dari laman Tempo.co yang mengambil sumber dari BMKG, foto itu benar merupakan kondisi bangunan yang rubuh akibat gempa di Lebak Banten.


Hingga artikel ini dirilis, kami belum dapat memastikan tentang foto masjid rubuh tersebut, tidak ada keterangan dari pihak lainnya selain dari dari Tempo. Kami akan update jika mendapatkan informasi terbaru apakah foto itu benar terjadi saat gempabumi Banten atau bukan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!