27 January 2018

Pria Penjelajah Waktu Berasal Dari Tahun 6000: Hoax



Klaim: Penjelajah waktu mengaku kembali dari tahun 6000 membawa bukti foto blur.





Sebuah video yang tersebar di internet, merekam kesaksian seorang 'penjelajah waktu' yang mengaku kembali dari tahun 6000. Dalam rekaman tersebut, wajah si penjelajah waktu dikaburkan karena ia ingin membagikan pengetahuannya tentang masa depan secara anonim.

Pada tahun 6000-an, manusia hidup damai di bawah pemerintahan intelegensi buatan (AI). Untuk membuktikan perkataannya, ia menunjukkan foto tentang kota yang tak disebutkan namanya. Foto tersebut sangat kabur, tentu saja. Pria itu beralasan gambar yang kabur akibat distorsi selama perjalanan waktu.

HOAX

ANALISIS

Video seorang pria yang mengaku berasal dari masa lalu melakukan perjalanan waktu ke tahun 6000 dan kembali ke masa kini menjadi viral dilaporkan banyak outlet berita nasional maupun internasional. Cerita tentang penjelajah waktu sebelumnya sudah banyak dengan hanya memberikan sebuah foto dan cerita omong kosong.


Video time traveler dari tahun 6000 pertama kali diunggah di Youtube oleh channel Apex TV pada 2 Januari 2018, dengan judul "Time Traveler Took This Picture In The Year 6000". Video itu telah ditonton lebih dari 4 juta kali.


ApexTV dalam deskripsi channelnya mengatakan bahwa mereka mendedikasikan untuk menyediakan konten video paranormal mencakup topik seperti alien, teleportasi, perjalanan waktu, ufo, dan jenis lainnya.

ApexTV is one of the biggest voices of paranormal on YouTube! Having been featured on Japanese TV shows and with over 56 million views & 100,000 subscribers, ApexTV is dedicated to providing quality paranormal content. ApexTV is know for their various paranormal videos covering topics such as aliens, teleportation, time travel, ufos, and much much more!

ApexTV diketahui banyak menyebarkan kebohongan dengan menampilkan video palsu hasil editing CGI dan video penjelajah waktu lainnya yang terbukti hoax. Seperti video penampakan Naga di China, video itu hasil rekayasa olah digital CGI.


Sebuah video penampakan alien di atas Gedung Putih, Washington D.C, diunggah di Youtube oleh Paranormal Elite. Nyatanya video itu palsu hasil rekayasa editing digital. Channel Paranormal Elite dan ApexTV didirikan oleh orang yang sama.




Video lainnya menampilkan seorang pria bernama Mark mengaku penjelajah waktu memberikan bukti foto dari tahun 10.000. Video yang diunggah di Youtube oleh ApexTV dengan judul "Time Traveler Took This Picture in The Year 10,000".


Foto itu nyatanya hasil rekayasa editing olah digital Photoshop, menggabungkan beberapa gambar berbeda, salah satunya diambil dari gambar Paris Smart City.

Archydaily.com


Mengaku berasal dari masa depan hanya memberikan sebuah foto tidak jelas dan merekamnya dalam sebuah video, apakah menurut Anda itu hal yang sangat luar biasa? Jika hanya seperti itu mengaku sebagai penjelajah waktu, mungkin ke depannya akan banyak orang berbondong-bondong melakukan hal yang sama dan mengaku berasal dari masa depan dan diutus oleh Transformers untuk menyelamatkan Bumi dari ancaman Alien.

Begitu banyak klaim tentang penjelajah waktu beredar di internet, semuanya hanya omong kosong para pecinta teori konspirasi, ufo dan alien. Seperti ungkapan dari Carl Sagan, "extraordinary claims require extraordinary evidence" (Klaim luar biasa butuh bukti yang luar biasa). Simon Laplace, seorang ahli matematika, statistik, fisika, dan astronomi, pernah mengatakan: "The weight of evidence for an extraordinary claim must be proportioned to its strangeness" (bobot bukti untuk klaim luar biasa harus proporsional dengan keanehannya).

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!