23 January 2018

Pesan Berantai Akan Terjadi Gempa Susulan Malam Ini: Hoax


Gambar: Industry.co.id

Klaim: Diharapkan keluar rumah nanti malam pukul 22.30-23.59 dikarenakan potensi gempa susulan sebesar 7,5 SR.



HOAX



ANALISIS

Pesan berantai terkait gempa Banten hari ini (23/1) mengatasnamakan BMKG, mengeluarkan peringatan bahwa malam ini akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7,5 SR. Pesan ini hanya omong kosong yang berasal dari pesan lama yang diedarkan kembali.

Gambar peringatan dari Stasiun Meteorologi Klas 1 Serang, jika dilihat isinya tidak memberikan peringatan akan gempa susulan. Sangat jelas tertulis Warning Gelombang Tinggi, yang ditujukan kepada Administrator Pelabuhan Merak, Banten. Pesan itu adalah himbauan potensi gelombang tinggi agar pihak pelabuhan berhati-hati, tidak menyebutkan tentang gempa susulan.


Pesan berantai yang sama pernah beredar saat terjadi gempa Sukabumi pada Desember 2017 lalu. Saat itu BMKG Bandung mengeluarkan pernyataan resmi bahwa kabar itu adalah hoax.

Sehubungan dengan adanya berita yang beredar melalui media sosial (WA/BBM dll) yang isinya "akan terjadi gempa susulan dengan Mag 7,5 SR nanti malam pukul 22:30-23:59 WIB dan mengatasnamakan BMKG", berita tersebut adalah tidak benar adanya (HOAX). BMKG TIDAK PERNAH mengeluarkan Warning akan terjadi gempa, karena sampai saat ini gempabumi belum bisa diprediksi kapan akan terjadi. Dihimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!