22 January 2018

Facebook Memprioritaskan News Feed Hanya Dari Sumber Terpercaya



Baru-baru ini Facebook mengumumkan tentang perubahan besar pada News Feed yang dirancang untuk membantu keakraban setiap orang dengan mendorong koneksi yang lebih bermakna ketika menggunakan Facebook. Pengumuman yang dikeluarkan pada hari Jumat (19/1), menekankan bahwa interaksi antar pengguna yang relevan akan lebih diprioritaskan.

Itu artinya Anda akan lebih sedikit melihat konten publik, termasuk berita, video, dan posting dari brands. Facebook telah berusaha menekan berita palsu dan clickbait di platform mereka, dan mencegah spam berada di urutan teratas News Feed sejak tahun lalu.

Tahun 2018 ini, Facebook akan memprioritaskan konten berita yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat, berita informatif dari pengguna, dan berita yang relevan dari komunitas lokal. Sebenarnya Anda bisa menentukan sendiri postingan yang Anda inginkan selalu berada di posisi teratas News Feed Anda. Caranya dengan menggunakan fitur See First yang sudah disediakan oleh Facebook.


Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih seseorang atau Halaman untuk dilihat pertama, kiriman mereka akan selalu tampil di bagian teratas News Feed Anda. Caranya dengan mengklik tanda  di sudut kanan atas, lalu pilih Preferensi Kabar Berita. Setelah itu Anda dapat memilih siapa saja yang ingin Anda prioritaskan.



Pembaharuan algoritma News Feed Facebook akan dimulai pada minggu ini, tes pertama akan dimulai dengan memprioritaskan berita yang mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi dari  masyarakat.

Dalam hal ini Facebook menggunakan cara mengamati sampel yang beragam dan representatif dari pengguna Facebook dalam mengukur seberapa sering mereka berinteraksi dan mempercayai setiap sumber berita. Data ini akan membantu menentukan ranking di News Feed.

Namun, untuk sementara sistem ini hanya diberlakukan di Amerika Serikat, dan ke depannya akan di luncurkan secara global. Algoritma ini akan membuat News Feed Anda menjadi lebih jernih dengan konten informatif.

Setiap konten yang mengganggu, seperti spam, clickbait, dan berita palsu, tidak akan tampil di News Feed Anda. Untuk clickbait dan berita palsu, sepertinya tidak akan bisa seratus persen karena dalam menentukannya cukup rumit.

Selain itu, Facebook juga akan memprioritaskan lebih banyak berita lokal di bagian khusus. Itu artinya Anda akan lebih banyak melihat berita dan informasi lokal yang relevan dengan tempat tinggal kota Anda.

Ekosistem News Feed yang jernih akan membuat nyaman setiap penggunanya. Anda juga pastinya menginginkan News Feed Anda menjadi jernih, tetapi Anda juga jangan mengotori News Feed teman-teman Anda dengan postingan antagonis. Semua kembali ke diri kita masing-masing, jangan share dan posting berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya. Jadilah pengguna Facebook yang bijak!

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!