18 January 2018

Bayi Terkecil di Asia Lahir di India Dengan Bobot Hanya 300 Gram?



Klaim: Bayi terkecil di Asia dengan berat hanya 300 gram

Sumber klaim: Tribunnews.com, Metrotvnews.com, Kompas.com.

Salah satu bayi terkecil di dunia yang pernah bertahan beratnya sama dengan sebatang coklat.

Manushi, yang lahir 12 minggu lebih awal, beratnya hanya 300 gram atau sama dengan coklat besar. Dalam sejumlah gambar, nampak kakinya seukuran seukuran ibu jari ayahnya.

Anak termuda dari pasangan di Rajasthan, India, memiliki panjang 21,8 cm dan dianggap bayi terkecil yang pernah lahir di Asia.

FAKTA

ANALISIS

Sebuah berita beredar secara online mengatakan bahwa seorang bayi di India lahir dengan bobot sama dengan sebatang coklat hanya 300 gram hingga mendapat predikat bayi terkecil di Asia. Bayi yang diberi nama Manushi lahir secara prematur, ia dianggap bayi yang lahir terkecil di India dan Asia Selatan.

Pada tanggal 12 Juni 2017, Manushi, bayi perempuan lahir prematur 12 minggu lebih awal di sebuah Rumah Sakit di Udaipur, India. Ibunya Manushi, Seeta, harus menjalani operasi C-section (operasi Caesar) setelah tekanan darahnya menjadi tidak terkendali dan tidak ada suplai darah yang mengalir ke janin.


Bayi yang lahir prematur diukur hanya 8,6 inci dan beratnya 300 gram saat lahir, tetapi outlet berita India mengatakan beratnya 400 gram (thehindu.com). Manushi lahir dengan jantung, paru-paru, ginjal, otak dan kulit tipis yang bermasalah, dan tidak bernafas saat dia lahir.

Bayi terkecil di Asia dari India

Tim dokter di rumah sakit menjadikan kasus Manushi sebagai tantangan dan berkewajiban menyelamatkan hidupnya. Mereka memindahkannya ke Unit Perawatan Intensive Neonatal (NICU), dan memasukkannya ke ventilator untuk mengembangkan paru-paru yang belum matang.

Dengan perjuangan menghadapi segala rintangan, setelah menghabiskan 210 hari di rumah sakit, para dokter akhirnya melepaskan Manushi pada tanggal 11 Januari 2018 kepada keluarganya. Manushi memiliki bobot hampir 2.400 gram pada saat pelepasannya.

Manushi saat lahir (kiri), Manushi setelah menjalani perawatan selama 210 hari di rumah sakit (kanan)

Manushi bersama ibunya, Seeta

Manushi bukan satu-satunya bayi di India yang lahir dengan bobot yang sangat kecil, seorang bayi bernama Rajni yang juga berasal dari India lahir dengan bobot 450 gram pada tahun 2012. Nirvaan, bayi lainnya lahir di minggu ke 22 kehamilan dengan berat hanya 610 gram, lahir di Mumbai.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!