13 December 2017

Video Pria China Menghilang Menggunakan Selembar Kain?



Baru-baru ini beredar sebuah video dimana seorang kakek dari China dapat menghilang hanya dengan menggunakan selembar kain. Para penonton banyak yang merasa takjub hingga rasionalitas mereka seakan tidak berfungsi.

Video viral tersebut pertama kali beredar di media sosial China, Weibo, telah ditonton jutaan kali oleh pengguna. Lalu apakah video itu asli dan bagaimana penjelasannya? Tidak, video tersebut hanyalah hiburan dan pastinya berhasil merusak rasionalitas manusia yang begitu saja mempercainya.


Video tersebut hasil proses olah digital yang dirilis oleh pengguna Youtube asal China yang dipublikasikan pada 3 Desember 2017. Chen Shiqu, Wakil Direktur Departemen Investigasi Kriminal China, ikut mengupload video tersebut dan mengatakan bahwa jubah itu bisa digunakan untuk keperluan militer. Ia menjelaskan bahwa saat ini wanita dan anak-anak di China banyak yang hilang, korban penculikan dan perdagangan manusia.



Zhu Zhensong, produser di perusahaan produksi Quantum Video mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada yang namanya jubah tak terlihat. Zhensong mengungkapkan bahwa video tersebut telah diedit dan difilmkan, kain menggunakan kain plastik berwarna biru atau hijau.

"Softwares seperti Adobe After Effects, Nuke atau Blackmagic Fusion dapat mengedit latar belakang dan memadukan objek ke dalamnya. Efek seperti ini banyak digunakan di film laga," kata Zhensong


Video seperti itu bukan satu-satunya, banyak video serupa menggunakan alat digital online, seperti Adobe After Effects hampir semua orang bisa membuat video serupa.


Teknologi jubah tembus pandang pernah dikembangkan di Jepang pada tahun 2003. Teknologi ini dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Susumu Tachi, dari Universitas Keio, untuk membantu pilot, supir, dokter dan lain-lain.

Teknologi proyeksi retro-reflektif menggunakan komputer, kamera video dan proyektor untuk menyinari gambar latar belakang ke bagian depan subjek yang menggunakan pakaian khusus, menciptakan ilusi tembus pandang (tak terlihat).


Berikut video penjelasan bagaimana teknologi ini berjalan.


Terinspirasi dari Harry Potter, ilmuwan telah berupaya mengembangkan beberapa cara sederhana yang melibatkan teknologi untuk menyembunyikan objek dari pandangan.


Kesimpulan: Video pria China menghilang menggunakan selembar kain hanyalah untuk hiburan dan video itu tidak nyata - hasil rekayasa olah digital. Teknologi tembus pandang memang pernah dan akan terus dikembangkan, namun teknologi itu bukan difokuskan pada objeknya, tapi gabungan perangkat teknologi untuk menciptakan ilusi tembus pandang.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!