18 December 2017

Petinggi Hamas Mencium Tangan Tentara Israel: Hoax



Jejaring sosial Facebook baru-baru ramai beredarnya foto yang mengklaim bahwa petinggi Hamas mencium tangan tentara Israel, Ismail Haniyeh. Tidak sedikit netizen yang langsung menghakimi tanpa proses tabayyun menuduh bahwa foto itu menjadi bukti kemesraan Hamas dengan Israel.






Apa yang benar?

Foto wakil kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh diambil pada tahun 2015, saat itu ia tengah memantau perbatasan timur Jalur Gaza. Dalam kunjungannya, Haniyeh bertemu dengan pasukan Hamas yang ditempatkan di wilayah itu.

Laman Vetogate.com pada September 2015 membongkar kebohongan foto tersebut yang banyak beredar di jejaring sosial. Ismail Haniyeh tidak mencium tangan tentara Israel, ia mencium tangan pasukan Al-Qassam.

Situs debunked Verify-sy.com membantah berita tersebut dan menyatakan bahwa foto-foto yang beredar mengklaim bahwa Ismail Haniyeh mencium tangan tentara Israel adalah hoax.


Berdasarkan keterangan dari Pusat Informasi Palestina, Haniyem bertemu dengan para pemimpin pasukan, pimpinan politik dan militer, serta kelompok tentara Hamas. Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, banyak ditempatkan di perbatasan Jalur Gaza untuk menjaga perbatasan.


Selain menjaga perbatasan, pasukan Hamas juga mengawasi pembangunan sejumlah lokasi militer, termasuk di Yarmouk dan Palestina, yang berjarak beberapa ratus meter dari garis perbatasan dengan Israel, hal itu dilakukan sebagai perlawanan terhadap Israel.

Kiri - Ismail Haniyeh mengunjungi pasukan Hamas (Palestina Info) Kanan - Logo Alqasaam (Wikipedia)

Gambar: Palestina Info

Gambar: Palestina Info

Gambar: Palestina Info

Gambar: Palestina Info

Kesimpulan: Foto-foto yang diklaim petinggi Hamas, Ismail Haniyeh mencium tangan tentara Israel adalah hoax. Faktanya Haniyeh mencium tangan seorang pasukan Hamas saat dirinya mengunjungi perbatasan Jalur Gaza pada 2015. Haniyeh mencium tangan anak buahnya sebagai penghormatan atas perjuangan mereka mempertaruhkan nyawa di garis terdepan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!