31 December 2017

Jeritan Dari Neraka di Lubang Raksasa Siberia: Hoax



Cerita tentang suara jeritan dari neraka di lubang raksasa Siberia telah lama beredar dan dipercaya oleh masyarakat. Cerita itu memberikan bukti rekaman video dengan suara-suara jeritan yang memilukan, seperti jeritan penghuni neraka yang sedang disiksa.



HOAX

ANALISIS

Rumor yang sangat populer secara global disebarkan di berbagai halaman spiritual dan agama, suara jeritan dari neraka terdengar di lubang raksasa di Siberia. Rumor itu setidaknya sudah beredar sejak tahun 1990an, menyatakan bahwa ahli geologi Uni Soviet pada tahun 1960 melakukan pengeboran yang sangat dalam untuk kepentingan penelitian kandungan minyak bumi.

Lubang itu mencapai kedalaman sekitar 20 km, ketika mesin pengeboran mencapai 14,4 km, mulai terjadi keanehan yang tidak masuk akal, sementara suhunya tercatat mencapai 1.100 derajat celcius. Temperatur suhu setinggi itu pastinya tidak akan mungkin dapat ditemukan di belahan bumi manapun, mirip dengan suhu di neraka.


Apa yang benar?

Lubang bor tersebut tidak terletak di Siberia, namun berada di Semenanjung Kola (Kola Superdeep Borehole), yang berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia. Proyek pengeboran itu dilakukan oleh Uni Soviet dengan target mengebor sedalam mungkin hingga ke kerak bumi, dimulai pada 24 Mei 1970.

Penyebaran mitos itu pada awalnya dirilis oleh Trinity Broadcasting Network (TBN) pada tahun 1998, sebuah jaringan televisi Kristen yang berasal dari Southern California. TBN dalam ceritanya mengklaim sebagai bukti keberadaan neraka. Seorang guru Norwegia, Åge Rendalen, mendengar legenda dari TBN tersebut berupaya mengembangkan cerita itu ke TBN.


Rendalen menulis surat kepada TBN bahwa pada awalnya dia tidak percaya dan menertawan apa yang ia dengar. Namun akhirnya dia mempercayai setelah banyak laporan di media Norwegia tentang kejadian itu. Ia akhirnya memberikan kesaksian dan membenarkan bahwa semua itu benar adanya, klaim Rendalen disambut manis oleh TBN dan mulai mengembangkannya seakan klaim itu adalah nyata.

Dongeng dari TBN berasal dari terjemahan sebuah artikel di koran Finlandia bernama 'Ammennusatia' pada tahun 1990, sebuah jurnal yang diterbitkan oleh sekelompok orang Kristen Pentakosta dari Leväsjoki, Finlandia.

Sebuah tim geologi yang mengebor lubang sekitar 14,4 kilometer di dalam kerak bumi mengatakan bahwa mereka mendengar jeritan manusia. Jeritan itu berasal dari jiwa-jiwa yang terkutuk dari lubang terdalam bumi. Para ilmuwan merasa ketakutan karena telah melepaskan kekuatan jahat dari neraka ke permukaan bumi.
"Informasi yang kami kumpulkan sangat mengejutkan, sehingga kami sangat takut dengan apa yang mungkin kami temukan di sana," kata Dr Azzacov, pemimpin tim penelitian.
Cerita tentang suara jeritan dari neraka yang terdengan di lubang Siberia berasal dari dongeng seseorang yang mengaitkannya dengan agama, rumor menyebar luas di komunitas Kristen hingga terlambat untuk dicegah. Sedangkan Rendalen akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi tentang apa yang dilakukannya dan keseluruhan kejadian, ia mengatakan: "Cerita itu tidak lebih dari 'legenda urban' Kristen tanpa dasar dalam kenyataan."

Sejak awal publikasinya, cerita Well To Hell semakin berkembang dengan versi berbeda. Pada tahun 1992, tabloid Weekly Word News (WWN), kerap menerbitkan cerita satir, alien, paranormal dan supranatural, menerbitkan versi lain dari cerita tersebut. Mereka menceritakan kisah yang terjadi di Alaska dimana 13 penambang tewas setelah setan-setan keluar dari neraka.

Cerita dari Weekly World News yang dipublish ulang secara online pada tahun 2008

Setelah dua belas tahun publikasi pertamanya, pada tahun 2002, seorang penyiar radio paranormal Coast to Coast AM, Art Bell, mengirimkan rekaman audio melalui email. Bell kemudian menyiarkan rekaman tersebut, sejak saat itu kian menyebar luas hingga beredar dalam bentuk video.


Rekaman video yang banyak beredar di Youtube menunjukan rekaman suara jeritan dari neraka, faktanya diambil dari suara di film horor Italia, Baron Blood (1972). Berikut video debunked rekaman Well To Hell.


Kesimpulan: Cerita Well To Hell dimana suara jeritan dari neraka yang terdengar di lubang raksasa di Siberia adalah cerita fiksi yang menjadi legenda urban. Video yang beredar juga tidak nyata alias hasil editan yang diambil dari film horor Baron Blood (1972).

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!