02 December 2017

Apakah Remaja Wanita Iran Melakukan Operasi Plastik 50 Kali Terinspirasi Dari Angelina Jolie?



Klaim: Remaja wanita Iran nekat operasi plastik sebanyak 50 kali agar mirip Angelina Jolie


DIRAGUKAN

ANALISIS

Beberapa hari ini outlet berita utama ramai membicarakan seorang wanita muda berusia 19 tahun asal Iran yang gagal melakukan operasi plastik sebanyak 50 kali, alih-alih wajahnya menjadi mirip seperti Angelina Jolie malah terlihat aneh.

Detikcom dalam laporan beritanya yang mengutip dari The Sun mengatakan foto-foto Sahar Tabar menjadi kontroversi setelah beredar secara online di mana dia dikatakan menjalani 50 prosedur operasi plastik hanya dalam waktu beberapa bulan saja demi mirip aktris idolanya, Angelina Jolie. Berat badannya kini hanya 35 kg. Dengan tinggi 146 cm, berdasarkan indeks massa tubuh, Sahar Tabar bisa dikategorikan underweight.

Cerita tersebut dengan cepat menyebar dan menjadi santapan lezat outlet berita online di mana berita sensasional seperti ini sangat mudah menarik pembacanya. Kumparan.com yang melansir berita dari Al-arabiya mengatakan bahwa Sahar adalah penggemar berat Jolie dan rela melakukan apa saja agar terlihat seperti mantan istri Bradd Pitt tersebut.

Liputan6.com melaporkan berdasarkan sumber dari Daily Mail mengatakan perempuan 22 tahun ini rela melakukan apa pun demi mirip dengan Angelina Jolie, termasuk melakukan operasi plastik. Saat ini, bobotnya hanya 40 kilogram, membuat tulang pipi dan tangannya terlihat sangat jelas.

Outlet berita mengabarkannya dengan tidak konsisten karena mereka mengambil sumber berbeda dari media lainnya. Tidak ada satupun artikel yang benar-benar berasal dari hasil wawancara dengan Sahar Tabar. Perbedaan laporan seperti usia Tabar, ada yang mengatakan 19 tahun dan yang lainya mengatakan 22 tahun. Selain itu berat badan Tabar ada yang mengatakan 35 kg dan yang lainnya 40 kg.

Jika merunut semua sumber berita, maka akan kembali ke sumber utama berasal dari outlet berita Belgia, Sud Info. Lalu media Arab Saudi, Amerika Serikat dan Inggris menjemputnya hingga diedarkan oleh media utama Indonesia.

Sebagian besar laporan berita tentang Tabar hanya mengandalkan dari akun Instagram official Tabar, yang berhasil mendapatkan lebih dari 447.000 pengikut. Sedangkan akun Instagram Tabar yang lain membantah tuduhan bahwa ia tidak pernah melakukan operasi plastik sebanyak 50 kali.


Situs debunked Snopes berdasarkan hasil pantauan dari pernyataan Tabar di akun Instagram pada 28 November, Tabar mengatakan dia melakukan 50 kali operasi berasal dari laporan situs berita yang sangat bias membicarakan fotonya. Tabar juga mengatakan mereka mungkin hidup di abad 18 yang belum pernah melihat dan mendengar teknologi atau makeup sehingga mereka terkejut.

Hello relatively dear followers, the picture that you’re scrutinizing, even though I didn’t like it, I kept it in … I must say I only had [indeterminate number of] surgery, not 50 surgeries, and foreign sites and channels were very biased in the way they talked about my photos. I thought these people are probably living in the 18th century and they haven’t seen or heard of technology or makeup and they are really surprised.

Penyebutan teknologi dan makeup oleh Tabar menyiratkan bahwa foto-fotonya telah diubah secara digital dan/atau penampilannya yang aneh dalam foto-fotonya hingga beredar secara online menggunakan aplikasi kosmetik atau prostetik.

Beberapa kritik di media sosial mengatakan bahwa Tabar menggunakan prostetik dalam foto-fotonya. Banyak foto-fotonya berbeda satu sama lain, seperti hidung dan pipi yang saling terbalik. Bentuk rahangnya juga terlihat berbeda satu sama lain.

A post shared by سحرتبر..!👾✌🏻 (@sahartabar_official) on

A post shared by سحرتبر..!👾✌🏻 (@sahartabar_official) on

A post shared by سحرتبر..!👾✌🏻 (@sahartabar_official) on

A post shared by سحرتبر..!👾✌🏻 (@sahartabar_official) on

Dari semua laporan berita tentang Sahar Tabar yang dikatakan melakukan 50 kali operasi plastik agar mirip dengan idolanya, Angelina Jolie, tidak berasal dari pernyataannya di akun sosial medianya ataupun wawancara langsung dengan dia. Bahkan Tabar dikabarkan mengidolakan Angelina Jolie diragukan, tidak ada pernyataan langsung dari Tabar.

Seperti sebuah video yang diposkan oleh surat kabar Inggris The Sun, merekam Tabar yang berbicara menggunakan bahasa Farsi, namun terjemahan video tersebut tidak menyebutkan nama Angelina Jolie.

Berikut beberapa foto Sahar Tabar yang dikatakan sebelum melakukan operasi.

Sahar Tabar

Sahar Tabar

Sahar Tabar

Kesimpulan: Berita viral seperti ini berdasarkan dari banyak sumber yang semuanya dari media online, hanya berdasarkan pengamatan yang diambil dari akun Instagram @sahartabar_official. Klaim bahwa Tabar terinspirasi idolanya hingga nekat melakukan operasi plastik hingga 50 kali tidak jelas sumbernya. Oleh sebab itu kebenaran dari berita viral Sahar Tabar diragukan, tidak sesuai dengan kaidah juralistik di mana laporan seperti itu harus berasal dari hasil wawancara atau pernyataan langsung dari objek berita.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon