14 November 2017

Wanita Kanibal Menyimpan Potongan Tubuh Korbannya di Dalam Kulkas: Hoax



Klaim: Seorang wanita kanibal asal Filipina berusia 29 tahun ditangkap polisi Indonesia atas kasus pembunuhan 30 wanita dengan cara dimutilasi dan dimakan dagingnya.





HOAX

WARNING: Artikel ini menampilkan gambar-gambar yang bisa membuat Anda tidak nyaman

ANALISIS

Gambar wanita yang diklaim berasal dari Filipina ditangkap polisi Indonesia karena membunuh dan memakan daging korbannya banyak menyebar di internet. Klaim tersebut terdengar menyeramkan hingga dianggap kebenaran karena banyak diedarkan di blog dan jejaring sosial dunia, tapi semua itu hanya omong kosong.


Apa yang benar?

Wanita dalam gambar faktanya merupakan orang yang menemukan potongan tubuh dari kasus pembunuhan dan mutilasi di Nanjing, China. Korban pembunuhan diketahui bernama Diao Ai Qing berusia 19 tahun saat dibunuh pada tahun 1996. Diao Ai Qing diperkosa dan dibunuh serta tubuhnya dimutilasi menjadi 2000 potong, kasusnya menjadi salah satu kasus pembunuhan terbesar di China, hingga sekarang masih misterius dan pelakunya belum terungkap.

Foto Diao Ai Qing saat masih SMA

Penyidik kepolisian setempat mengatakan bahwa mayatnya dimutilasi lebih dari 2000 potong, kepalanya juga direbus. Setelah kejadian tersebut dilakukan penyelidikan besar melibatkan banyak pihak, polisi mengidentifikasi pelaku pembunuhan adalah penduduk setempat berprofesi sebagai dokter atau tukang daging, namun semuanya tidak pernah terbukti.

Selama 20 tahun kasus pembunuhan Diao Ai Qing mengendap misterius tanpa kejelasan pasti. Pada tahun 2016 kasusnya kembali dibuka oleh polisi Nanjing, semua arsip 20 tahun lalu dibuka untuk penyelidikan ulang.

Wanita yang menemukan potongan tubuh Diao Ai Qing

Diao Ai Qing (kiri). Potongan tubuhnya dimasukan ke dalam karung (kanan)

Potongan tubuh Diao Ai Qing ditemukan ditempat lain

Potongan tubuh Diao Ai Qing dimasak hingga menjadi 2000 potong

Pada tanggal 19 Januari 1996, seorang wanita menemukan tas besar berisi lebih dari 500 potong daging dan tiga jari yang telah dimasak, kemudian semua potongan dibersihkan dan dimasukan ke dalam kulkas. Dengan segera ia langsung melaporkannnya kepada pihak kepolisian dan potongan tubuh yang ia temukan teridentifikasi milik Diao Ai Qing yang sebelumnya dilaporkan hilang.

Setelah 20 tahun berlalu, sebuah informasi baru diketahui bahwa Diao Ai Qing menyukai investigasi kasus mayat tidak dikenal, ia merupakan mahasiswi di Universitas Pendidikan Nanjing. Hingga kini kasusnya masih dalam proses penyelidikan kepolisian setempat, sebelumnya selama 20 tahun kasusnya mengendap hingga menjadi misteri.

Kesimpulan: Gambar yang diklaim wanita asal Filipina ditangkap polisi Indonesia atas tuduhan pembunuhan dan kanibalisme adalah hoax. Wanita tersebut faktanya terkait dengan salah satu kasus pembunuhan terbesar di China yang masih belum terungkap, ia yang menemukan potongan tubuh korban pembunuhan dan pemerkosaan seorang mahasiswi di Nanjing berusia 19 tahun bernama Diao Ai Qiang.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon