08 November 2017

Video Spesimen Kanker Hidup Bisa Bergerak Apakah Asli?



Klaim: Video potongan hasil operasi kanker yang masih hidup, ketika didekatkan bawang putih menjauh tetapi didekatkan dengan cincin emas mendekat.

Sumber klaim: Facebook


Tidak Terbukti

ANALISIS

Spesimen kanker masih hidup dan mampu bergerak jika didekatkan dengan sebuah benda, mungkin Anda berpikir itu adalah sebuah keajaiban. Lalu apakah kanker yang sudah terpisah dari tubuh bisa hidup? Tidak. Sejatinya kanker membutuhkan makanan dan suplai darah untuk tetap bertahan hidup dan berkembang. Itu berarti kanker setelah terpisah dari tubuh tidak akan mampu hidup tanpa makanan dan suplai darah.

Kanker adalah sel-sel pada bagian tubuh yang berkembang di luar terkendali, dalam setiap organ dalam tubuh. Secara singkatnya kanker merupakan bagian tubuh yang tumbuh secara liar. Sel-sel di dalam tubuh kita memiliki fungsinya sendiri dalam melakukan aktivitasnya, sel-sel yang normal akan membelah dalam cara yang teratur.

Sel akan mati ketika mereka rusak atau kehilangan daya, lalu sel baru akan muncul untuk menggantikan perannya. Dalam hal ini sel-sel yang terus menerus melakukan pergantian akan memunculkan sel di luar kendali hingga menyebabkan munculnya sel kanker, mereka mendesak sel-sel normal.


Benda dalam klip video tidak menunjukan ciri-ciri spesimen kanker, seperti cairan hitam kental. Pada dasarnya jaringan hidup dari manusia atau lainnya memiliki beberapa tanda, seperti jaringan baru diangkat mengandung cairan tubuh (meninggalkan jejak track basah), dan kanker merupakan jaringan kaya akan pembuluh darah. Namun benda hitam dalam klip video terlihat kering - tidak meninggalkan jejak basah ketika bergerak.



Gambar di atas dapat Anda lihat sama sekali tidak nampak sebagai spesimen kanker. Berikut ini gambar spesimen tumor payudara segar yang baru diangkat.

Sumber gambar: RCPA

Jika itu bukan spesimen kanker, itu benda apa?

Benda hitam menggumpal yang terlihat dalam video kemungkinan besar adalah "ferrofluid" atau "magnet fluid". Ferrofluid adalah cairan koloid terbuat dari feromagnetik nano, atau ferrimagnetik, partikel tersuspensi dalam cairan pembawa (biasanya merupakan pelarut air atau organik). Ferrofluid merupakan cairan yang menjadi magnet kuat di hadapan medan magnet.

Magnet cair ini ditemukan pada tahun 1963 oleh Steve Papell untuk NASA yang digunakan sebagai bahan bakar cair untuk roket. Saat ini ferrofluid dapat dengan mudah dibuat oleh siapapun, tetapi tidak boleh sembarangan membuatnya karena bahannya melibatkan beberapa bahan kimia.



Benda hitam yang menjauh ketika didekatkan dengan bawang putih kemungkinan bawang putih diisi benda mengandung medan magnet. Seperti yang sudah diketahui, jika dua kutub magnet yang sama jika didekatkan maka akan saling menolak. Sedangkan cincin yang terbuat dari logam akan menarik magnet (klaim menyebutkan cincin emas, namun tidak ada bukti).

Kenapa magnet yang tertarik, bukan cincin? Jika magnet padat pastinya cincin yang tertarik, namun berbeda dengan magnet cair yang akan tertarik oleh cincin logam. Ferrofluid yang terbuat dari feromagnetik nano memiliki daya magnet cukup lemah - masuk dalam klasifikasi "superparamagnet" (material yang mirip dengan paramagnet tetapi mengandung juga sifat material ferromagnet atau mengadung domain magnet dalam ukuran kecil).

Ferrofluid memiliki daya magnet lemah mengandung partikel kecil (diameter 10 nm), namun memiliki reaksi kuat terhadap medan magnet dan berperilaku aneh ketika menghadapi medan magnet.

Magnet cair (ferrofluid)

Kesimpulan: Benda hitam dalam klaim video tidak memiliki ciri-ciri spesimen kanker yang sudah diangkat, spesimen kanker yang sudah lepas dari tubuh tidak bisa hidup tanpa makanan dan suplai darah. Benda hitam tersebut lebih mirip ferrofluid atau magnet cair, dengan kemiripan yang sangat identik.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon