26 November 2017

Rekor Tinja Manusia Terpanjang Mencapai Hampir 8 Meter: Hoax



Klaim: Rekor terpanjang feses manusia mencapai 8 meter

Sumber klaim: Republika.co.id

Feses atau kotoran manusia terpanjang yang pernah tercatat tidak hanya membingungkan dan memukau Anda, tapi juga membuat Anda tak percaya karena merasa jijik. Feses terpanjang yang pernah dikeluarkan manusia ukurannya mencapai 26 kaki atau sekitar 7,92 meter.

Hal tersebut ditemukan pada 1995 dan milik dari seorang wanita. Ini bukan cerita bohong karena semuanya dicatat dan didokumentasikan. Anda yang melihatnya mungkin akan berpikir ngeri, namun semuanya bisa dijelaskan secara medis.

Penulis tak bermaksud menyarankan pembaca untuk mencoba atau meniru hal serupa untuk mengalahkan rekor sebelumnya. Metode yang digunakan dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk medapatkan catatan ini menimbulkan risiko kesehatan serius.

Dilansir dari Unrealfacts, Senin (19/9), wanita yang membuat rekor ini bernama Ann Arbor. Dia bekerja sebagai ahli gizi dari University of Michigan. Dia mengikuti diet tinggi serat selama beberapa pekan yang menyiksa.

Saat hari besar itu tiba, Arbor mencoba mencetak rekor ini di Cranbrook-Kingswood High School Bowling Alley, Bloomfield Hills. Diet ketat yang dilakukan Arbor bahkan nyaris menjepit ususnya karena tidak buang air besar selama beberapa pekan. Astaga!

HOAX

ANALISIS

Pernahkah terbayangkan oleh Anda rekor kotoran manusia terpanjang hampir 8 meter? Rekor tersebut diklaim terjadi pada 1995 oleh seorang wanita bernama Michelle Hines dari Ann Arbor Michigan, AS. Wanita tersebut bukan bernama Ann Arbor seperti yang ditulis Republika (Ann Arbor adalah nama kota di Michigan, AS).


Hines dikatakan adalah ahli gizi dari University of Michigan, saat itu ia mengakui terobsesi untuk masuk dalam catatan Guiness Book of World Record. Ia mempelajari ilmu gizi dan diet untuk menghasilkan metode kotoran manusia terbesar dan terpanjang. Dia melakukan diet tinggi serat dan menggunakan plug anus untuk mencegah buang air besar sebelum waktunya.

Setelah seminggu berlalu ia mulai tersiksa merasakan sakit pencernaan hingga mengalami masalah pada ususnya. Hines lalu mendokumentasikan kotoran terpanjangnya di arena bowling SMU di Bloomfield Hills, Michigan. Ia merekamnya sendirian, mengambil posisi jongkok sambil buang air besar dan bergerak agar kotorannya tidak terputus dan dapat diukur panjangnya.


Hines lalu mengukur kotorannya, hasil panjang keseluruhannnya 7,92 meter. Hasil dokumentasinya lalu ia bagikan ke publik dan mengklaim sebagai feses terpanjang yang pernah tercatat.

Dokumentasi Michelle Hines pada 1995

Pada kenyataannya, cerita di atas adalah tipuan. Michelle Hines bukan ahli gizi, ia seorang seniman dari Cranbrook Academy of Art di Bloomfield Hills, ia sangat terobsesi untuk memecahkan banyak rekor dunia, membawanya untuk melakukan parodi pemecahan rekor dunia. Kembali ke tahun 1995, Hines bekerjasama dengan ahli gizi dari University of Michigan-Ann Arbor untuk menghasilkan kotoran terpanjang. Namun yang dilakukannya tidaklah nyata melainkan hanya sebuah proyek karya seni.

Selain itu, diet ketat tinggi serat yang bekerjasama dengan ahli gizi dari University of Michigan untuk menghasilkan feses terpanjang hanya sebatas ide, para ahli tidak menganjurkannya karena sangat berbahaya.

Karyanya dipamerkan dalam kontes dan pameran di HallWalls. Hines mengatakan bahwa karyanya adalah tentang pencarian keabadian dan masa absurd yang akan selalu diingat. Dia berani melakukan pekerjaan parodi yang banyak dilakukan oleh seniman pelopor, walaupun banyak orang menganggapnya sebagai masokisme atau kegilaan.

Jadi, rekor feses terpanjang mencapai hampir 8 meter adalah tipuan. Yang perlu dicatat adalah, usus besar (usus kolon) manusia yang menyimpan kotoran, kurang lebih panjangnya 1,5 m. Sedangkan maksimal panjang usus rektum di mana tinja mulai keluar lewat anus sekitar 18 sampai 20 cm, jauh lebih pendek dari cerita fiksi tersebut.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon