06 November 2017

Kontrovesri Sejarah Penciptaan Brownies


Gambar: Pixabay

Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda sebuah pertanyaan tentang asal-usul makanan lezat brownies yang saat ini sangat populer? Catatan sejarah awal brownies sangat rumit bahkan bisa dibilang sulit untuk ditentukan versi mana yang benar.

Ada banyak cerita yang saling bertentangan mengenai awal pembuatan brownies di masa lalu. Brownies umumnya dikenal berasal dari Amerika Serikat, namanya berasal dari warna (coklat) dan dari karakter fiksi yang berasal dari mitos yang umum ditemukan dalam cerita pada periode awal penciptaannya.

Salah satu legenda penciptaan brownies mengatakan pertama kali ditemukan di Palmer House Hotel oleh Bertha Palmer di Chicago. Pada tahun 1893, Palmer meminta koki pastry untuk membuat hidangan pencuci mulut yang cocok untuk wanita yang menghadiri sebuah pameran berskala dunia di Chicago.

Dia meminta rancangan kue dengan ukuran lebih kecil yang bisa dimasukan ke dalam kotak makan siang. Hasilnya, Palmer House berhasil menciptakan brownies dengan kenari dan apricot glaze. Akhirnya Palmer House Hotel memiliki menu makanan penutup untuk pelanggan mereka yang terbuat dari resep yang sama, namun tidak pernah tertulis dalam buku resep pada saat itu.

Resep pertama untuk "brownies" berasal dari tahun 1896 yang ditemukan di buku Resep Makanan Boston Cooking School yang ditulis oleh Fannie Farmer, untuk referensi kue molase yang dipanggang secara terpisah menggunakan cetakan timah - jauh berbeda dari yang kita anggap sebagai brownies. Namun resep itu diketahui awal dari penggunaan nama "brownies" untuk menggambarkan makanan penutup.


Resep brownies coklat paling awal yang pernah diterbitkan diakui muncul di Home Cookrey (1904). Resep tersebut juga muncul di Boston Daily Globe pada tahun 1905. Resep brownies coklat tersebut menimbulkan spekulasi bahwa mereka sebenarnya menciptakan resep kue bolu, namun secara tidak sengaja lupa menaruh baking soda dalam adonan, sehingga menghasilkan kue yang tidak mengembang yang ternyata rasanya enak dinamakan - dikenal sebagai Bangor Brownies yang berasal dari kota Bangor, Maine, negara bagian AS.

Spekulasi itu akhirnya menyebar dari mulut ke mulut hingga diyakini bahwa brownies adalah kue gagal dari penciptaan kue bolu. Pada tahun 1920-an, brownies coklat mulai kurang diminati karena saat itu sangat mudah mendapatkan coklat.

Pada tahun 1907, bentuk brownies berkembang lebih sempurna seperti yang kita kenal saat ini, muncul di Buku Resep Lowney's karya Maria Willet Howard (diterbitkan oleh Walter M. Lowney Company, Boston) merupakan adaptasi dari resep Cooking School Boston untuk "Bangor Brownie". Dalam resep itu menambahkan ekstra telur dan tambahan sebatang coklat.

Semua bukti penciptaan awal brownies mengarah ke Bangor Brownies yang menciptakan resep brownies asli, diciptakan oleh seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kota Bangor. Tetapi Oxford Companion untuk Makanan dan Minuman Amerika (2007), membantah dan tidak setuju resep brownies pertama berasal dari Bangor - ibu rumah tangga yang tidak diketahui.

Es krim brownies (Gambar: Pixabay)

Alasan Oxford Companion untuk Makanan dan Minuman Amerika tidak setuju resep brownies berasal dari ibu rumah tangga asal bangor berdasarkan resep Farmer. Ibu rumah tangga itu hanya memperbaiki resep Farmer yang kemudian diterbitkan oleh Maria Howard. Hal itu sudah diteliti dalam Oxford Ensiklopedia Makanan dan Minuman Amerika.

Dari semua catatan sejarah penciptaan awal brownies belum ditemukan kesepakatan siapa sebenarnya yang menciptakan resep brownies pertama kali. Kisah Palmer pertama kali memunculkan brownies, tetapi tidak ada catatan resminya. Sedangkan resep Farmer dianggap bukan bentuk brownies, bahkan ia juga pernah mengedit Buku Resep Makanan Sekolah Harvard edisi 1906.

Jika melihat bentuk dan rasanya, brownies coklat mirip dengan kue chip coklat yang ditemukan oleh seorang koki wanita dan penulis bernama Ruth Wakefield pada tahun 1938. Bahkan saat ini banyak ditemukan resep perpaduan antara chip coklat dan brownies.



Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon