04 November 2017

Dua Wanita Penjelajah Waktu Menggunakan Handphone Muncul Pada Tahun 1938 dan 1928?



Klaim: 1. Wanita penjelajah waktu menggunakan handphone di tahun 1938
             2. Wanita tua terekam dalam film dokumenter menggunakan ponsel di tahun 1928

Sumber klaim: Viva.co.id, Liputan6.com, detik.com, pikiran-rakyat.com, republika.co.id.

Sebuah video tahun 1938 membuat heboh mengakses YouTube. Video tersebut memperlihatkan seorang wanita sedang berbicara menggunakan perangkat nirkabel. Kejadian itu memicu teori konspirasi kalau wanita itu telah melakukan perjalanan waktu. Karena, pada tahun 1938 belum ada teknologi telepon nirkabel.

Namun, misteri tentang siapa wanita yang menggunakan ponsel pada tahun 1938 terpecahkan. Seorang pria mengklaim kalau wanita yang ada di film itu adalah neneknya.

Video YouTube yang menampilkan perempuan sedang menggunakan ponsel pada tahun 1938 itu diberi judul "Time traveler in 1938" dan sudah dilihat oleh ratusan ribu orang.

Di video, wanita berambut ikal itu terlihat sedang berjalan dengan teman-temannya. Wanita itu terlihat menempelkan benda mirip ponsel modern kanannya di kuping dan sedang serius mengobrol.

Tapi, beberapa hari terakhir seorang pengguna YouTube bernama 'Planetcheck' mengklaim telah memecahkan misteri tentang seseorang yang melakukan perjalanan waktu.

Planetcheck mengatakan, wanita yang ada di video itu adalah neneknya yang bernama Gertrude Jones. "Saya bertanya kepada nenek saya tentang adegan di film itu dan ia ingat dengan kejadian itu," kata Planetcheck.

Ia menjelaskan, saat itu neneknya berusia 17 tahun. Dia mengatakan pengambilan gambar itu dilakukan di sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Dupont.

"Nenek saya mengatakan kalau saat itu Dupont sedang bereksperimen dengan telepon nirkabel. Gertrude dan lima perempuan lainnya diberikan telepon nirkabel untuk diuji selama satu minggu," jelasnya.

Planetcheck juga menyampaikan, saat neneknya tertangkap kamera, ia memang sedang menelepon. Neneknya mengaku sedang berbicara dengan salah satu peneliti yang juga menggunakan ponsel.

Teori konspirasi menganggap kalau di tahun 1938 belum ada teknologi yang dapat berkerja tanpa bantuan kabel. Namun, dari pengakuan ini menunjukkan bahwa teknologi telepon nirkabel sudah ada sejak tahun 1938.

Adegan wanita yang sedang berbicara melalui ponsel, bila dilihat di zaman sekarang, merupakan sebuah pemandangan yang biasa. Lazim ditemui di banyak adegan film, atau kehidupan sehari-hari. Namun apa jadinya bila itu terekam dalam sebuah film dokumenter yang dibuat pada 1928?

Wanita misterius itu terekam dalam film hitam putih yang dibuat Charlie Chaplin pada 1928. Keberadaan wanita misterius itu diketahui oleh sutradara film asal Irlandia, George Clarke, yang kemudian mengunggahnya ke Youtube baru-baru ini. Clarke mengetahuinya dari album DVD film Charlie Chaplin yang dibelinya.

HOAX

ANALISIS

Sebuah foto seorang wanita yang sedang berjalan terlihat menggenggam sesuatu yang ditempelkan pada telinganya, klaim yang beredar mengatakan bahwa wanita tersebut sedang menggunakan handphone. Apakah tahun 1938 sudah ada teknologi handphone?

Selain tahun 1938, seorang wanita tua terekam dalam sebuah video dokumenter (Charlie Chaplin) sedang berjalan seorang diri sambil mulutnya berbicara ke sebuah benda yang dipegang tangan kirinya dan diletakkan didekat telinga kirinya (1928).

Tahun 1938

Tahun 1928


Perangkat apa yang dipegang dua wanita tersebut?

Yang dipegang kedua wanita pada tahun 1938 dan 1928 bukan handphone, mereka sedang menggunakan alat bantu pendengaran. Perangkat yang digunakan kedua wanita tersebut diproduksi oleh perusahaan Siemens, tapi bukan ponsel. Jika itu ponsel, bagaimana cara kerjanya tanpa antena dan tiang pemancar?


Kami mengajak Anda untuk menengok ke dalam situs Siemens.com dimana alat bantu pendengaran ini mulai diproduksi pada tahun 1924.




Para pecinta teori konspirasi selalu menggaungkan klaim keberadaan time traveler atau penjelajah waktu, setiap klaim yang mereka ajukan hanya mengandalkan asumsi tanpa bukti valid. Seperti klaim penjelajah waktu muncul saat Mike Tyson bertanding melawan Peter McNeeley pada 19 Agustus 1995, atau seorang pria penjelajah waktu dengan penampilan nyentrik muncul pada tahun 1940. Semua klaim tersebut telah terbantahkan. Link



Kesimpulan: Klaim bahwa dua orang wanita penjelajah waktu di tahun 1938 dan 1928 telah terbantahkan. Setiap klaim yang terkait dengan adanya penjelajah waktu tidak lepas dari peran teori konspirasi yang tak hentinya menghembuskan teori mereka berdasarkan asumsi. Teori konspirasi biasanya terkait dengan melawan konsensus yang tidak dapat dibuktikan, biasanya dengan menggunakan metode historis, mereka menggugat fakta yang dianggap mainstream.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon