28 October 2017

Ular Serakah Mati Makan Wajan: Hoax



Beberapa hari ini jagat internet dihebohkan dengan gambar seekor ular besar mati karena memakan wajan. Pemilik akun Facebook Lieko Charlie memposting foto tersebut dengan klaim bahwa telah terjadi kejadian langka di mana seekor ular besar mati karena salah makan. Alih-alih memakan kura-kura, ternyata dia memakan wajan.


Foto tersebut pernah viral pada tahun 2014, dengan klaim yang sama bahwa ular tersebut mati karena memakan wajan. Pada Mei 2014, okezone.com dalam laporan artikel berita dengan judul "Seekor Ular Mampu Telan Wajan", mengatakan bahwa gambar tersebut tidak jelas asalnya dan belum diketahui keasliannya.

Mereka mengatakan beberapa orang mengklaim bahwa ular itu telah menelan seekor kura-kura, sementara yang lainnya mengatakan bahwa gambar ular itu adalah sebuah patung yang dibuat oleh seniman jalanan.


Lalu, foto tersebut apa yang benar?

Ular yang nampak dalam foto bukan mati karena makan wajan. Faktanya adalah ular tersebut mati karena makan kura-kura, namun itu tidak nyata. Gambar tersebut pertama kali diedarkan oleh sebuah stasiun televisi Thailand yang diupload di Facebook pada tahun 2014.


Mereka menceritakan bahwa gambar tersebut adalah ular piton yang mati karena makan kura-kura. Namun, setelah fakta diketahui bahwa itu adalah sebuah karya seni patung, mereka akhirnya menghapus postingan dan meminta maaf.

Ular makan kura-kura tersebut dipahat oleh seorang seniman Thailand Chatchawan Udom Somkid yang diserahkan ke National Fine Arts Competition 2013. Karya seni tersebut menggambarkan gairah dan keserakahan manusia, sebuah ironi politik yang terjadi di Thailand saat itu.

Seni patung ular memakan kura-kura di Thailand dimaksudkan untuk menyindir para politisi seperti ular tersebut, akan binasa karena keserakahan. Pihak stasiun televisi telah mengeluarkan permintaan maaf dan menghapus kiriman karena salah menyampaikan informasi. Berikut pesan permintaan maaf yang kami terjemahkan:

"Mohon maaf. Ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh tim karena berbagi foto berasal dari Facebook, tanpa diverifikasi terlebih dahulu. Kesalahan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya dari gambar tersebut hingga menyimpang dari fakta. "

Kami mohon maaf atas semua kesalahan. Dan tidak ada niat untuk melanggar hak orang lain yang memiliki karya tersebut. Kami minta maaf kepada pemilik karya ... "

Jadi, klaim bahwa gambar tersebut merupakan ular mati karena makan wajan adalah tidak benar. Faktanya ular tersebut mati karena makan kura-kura, tetapi hanya patung yang didedikasikan untuk sebuah karya seni.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon