07 October 2017

Kentut Bisa Membakar Kalori Hingga Melangsingkan Badan?




Klaim: Hasil penelitian membuktikan kentut dapat melangsingkan badan.

Sumber klaim: Tribunnews.com

Penelitian terbaru menyatakan bahwa dalam satu kali buang angin, bisa membakar 67 kalori. Para peneliti telah menemukan bahwa ujung pembakaran lemak terbaru ini mungkin merupakan terobosan terbesar untuk meningkatkan penurunan berat badan melalui diet Atkins.

Sebuah studi baru yang dikeluarkan Stanford University mengklaim bahwa "Satu kentut membakar sekitar 67 kalori. Kentut 52 kali dalam satu hari dapat membakar 1 pon lemak."

Selain itu, jumlah kalori yang dibakar oleh buang angin juga akan tergantung pada berapa lama buang angin itu berlangsung dan berapa banyak energi yang Anda gunakan untuk melakukannya.

Beberapa orang memiliki proses buang angin yang panjang, sehingga bisa membakar hampir 90 kalori dalam sekali buang angin. Para peneliti merekomendasikan: "Biarkan dia (angin) keluar,"

Selain itu, para ilmuwan memprediksi bahwa setiap kali Anda mengeluarkan gas itu, Anda berarti mendapat tambahan 85 detik untuk hidup Anda.

HOAX

ANALISIS

Buang angin atau yang lebih dikenal kentut diklaim dapat melangsingkan badan karena dalam satu kali kentut itu artinya Anda telah membakar 67 kalori. Jadi, apakah kentut benar-benar cara efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus repot berolahraga?

Klaim tersebut berlawanan dengan hasil pencarian Google, tidak ada informasi akurat dari hasil penelitian manapun yang mengatakan kentut dapat membakar kalori, bahkan bukan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, berdasarkan laporan Snopes.

Beberapa versi klaim menyebutkan nama "Robert Hingle", lead researcher dari Stanford University, sebagai peneliti klaim ini. Dari hasil penelusuran lebih lanjut, tidak ditemukan jurnal atas nama Robert Hingle yang berkaitan dengan topik ini. Nama Robert Hingle juga tidak ditemukan pada daftar alumni maupun researcher di Stanford University. 

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa kentut dapat melangsingkan badan bukan berdasarkan hasil penelitian, namun berasal dari pertanyaan di forum tanya jawab di situs ChaCha pada tahun 2009, dijawab dengan troll. Seseorang menanyakan berapa kalori yang terbakar saat kentut, dan seseorang yang lain menjawab 67 kalori.

How many calories does farting burn?

The amount of calories burned by farting would depend on how long the fart lasts and how much energy you use to do it. Some people believe you can burn up to 67 calories by releasing gas.

Pertanyaan serupa juga pernah ditanyakan di situs ChaCha, namun mendapatkan beberapa jawaban yang berbeda, ada yang menjawan kurang dari 1 kalori, ada juga yang menjawab tidak terlalu banyak kalori, jawaban lainnya tidak ada kalori yang dibakar.

Does farting burn any calories
Yes, you burn calories when you fart but not very many. You also burn calories...

Do you fart calories?
Sadly, the act of farting does not expend any calories.

Do you lose calories from farting?
Farting only burns less than one calorie. The action does not even burn the...

Semua jawaban tidak terverifikasi di situs ChaCha kian menyebar dan dikutip oleh banyak blog dan outlet berita online dengan klaim tambahan "berdasarkan hasil penelitian". Karena banyaknya artikel mengenai ini, mesin pencari seperti google menampilkan angka 67 kalori jika Anda mencari berapa kalori yang terbakar ketika seseorang buang angin / kentut.

Jadi sebenarnya berapa kalori yang dibakar saat kentut atau tidak ada sama sekali? Pertanyaan ini tidak ada jawaban pasti karena hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah terkait masalah ini. Karena itu, perlu dipahami asal gas yang keluar sebagai kentut, dan proses pembakaran kalori di tubuh.

Ketika Anda membuang gas, otot akan rileks dan tekanan gas di perut akan melakukan semua pekerjaan untuk mengeluarkan gas. Jika Anda benar-benar ingin membakar kalori saat kentut, Anda harus memaksakan diri berusaha membuang gas, tapi kenyataannya kentut tidak bisa dipaksa untuk keluar jika tidak terjadi akumulasi gas di dalam perut, buang angin umumnya terjadi tanpa disadari oleh si pemilik tubuh.

Dari mana asal gas tersebut? Saat Anda makan, perut akan mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan. Bakteri "baik" yang bermanfaat yang hidup di perut akan memecah semua yang tersisa. Proses ini menciptakan gas yang akhirnya keluar sebagai kentut.


Lalu, kapan kalori terbakar? Kalori di tubuh terbakar lebih banyak jika terjadi kontraksi otot. Pada otot polos seperti otot usus, otot jantung, otot-otot tersebut membakar kalori ketika bekerja. Sedangkan otot lurik membakar lebih banyak kalori ketika mengalami kontraksi, misalnya pada saat mengangkat beban, berlari, atau melakukan pekerjaan fisik lainnya. 

Saat membuang gas yang dikenal sebagai kentut, otot pada tubuh Anda mengalami relaksasi, bukan kontraksi. Penggunaan kalori pada setiap aktivitas sehari-hari, kurang lebih dapat dijabarkan sebagai pada tabel di bawah ini.


Kalori yang terbakar setiap 30 menit
Berat tubuh
55 kg
70 kg
85 kg
Tidur
19
23
28
Menonton televisi
23
28
33
Membaca, posisi duduk
34
42
50
Berdiri di antrian
38
47
56
Bekerja di depan komputer
41
51
61
Memasak
75
93
111
Berjalan, 6 km / jam
120
149
178
Mencuci mobil
135
167
200
Bersepeda statis
210
260
311
Bersepeda di jalanan
240
298
355
Berlari, 8 km / jam
270
335
400
Olahraga aerobik
300
372
444

Dari tabel tersebut, dapat dilihat bahwa untuk membakar 61 kalori, seorang dengan berat 85 kg harus melakukan aktivitas bekerja di depan komputer selama 30 menit. Angka 67 kalori sangat besar mengingat kentut dilakukan dengan relaksasi otot dan hanya terjadi beberapa detik.

Jadi, klaim bahwa kentut dapat melangsingkan badan tidak ada bukti ilmiah sebagai pendukungnya, bahkan hasil penelitian yang dimaksud adalah tipuan. Banyak hoax kesehatan selalu menggunakan kalimat "berdasarkan hasil penelitian", hal itu dimaksudkan untuk meyakinkan pembacanya. Penelitian yang benar-benar dilakukan secara resmi saja masih bisa digugat oleh peneliti lainnya, apalagi penelitian yang tidak jelas yang ditulis oleh outlet berita yang mengandalkan berita sensasional.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon