21 October 2017

Creatonotos Gangis: Spesies Ngengat Aneh Hebohkan Netizen



Beberapa hari ini warga net dihebohkan dengan penampakan ngengat aneh dengan bentuk tubuh yang tidak lazim. Tidak sedikit yang berspekulasi bahwa itu adalah binatang jenis baru, persilangan antara dua spesies berbeda. Pemilik akun Facebook Gandik mengupload gambar dan video binatang tersebut hingga dibagikan lebih dari 90 ribu kali dan dikomentari lebih dari 17 ribu kali.


Binatang tersebut memang terlihat aneh jika Anda belum pernah melihat sebelumnya, namun ngengat jenis ini banyak di temukan di Indonesia. Spesies ini bernama Creatonotos Gangis (Linnaeus, 1763), merupakan spesies ngengat Arctiinae yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan Australia.

Ngengat dewasa memiliki sayap belakang berwarna putih, sedangkan sayap depan berwarna coklat, masing-masing dengan garis gelap, dan lebar sayap sekitar 4 cm. Bagian perut berwarna merah atau terkadang berwarna kuning. Telurnya berwarna kuning berbentuk bulat, dan diletakkan di deretan daun makanannya. Ulatnya berwarna coklat, berbulu dengan garis kuning di bagian belakang.


Creatonotos Gangis hidup di Asia Tenggara dan sebagian Australia. Penyebarannya juga berada di Asia, seperti di China, India, Jepang, Thailand dan Papua Nugini, penyebaran di wilayah Australia terbatas di bagian utara Australia Barat.




Creatonotos Gangis atau biasa disebut pensil berbulu merupakan salah satu dari 11.000 spesies ngengat Arctiinae yang berada di seluruh dunia, salah satu jenis ulat bulu yang banyak ditemukan di Indonesia.

Larva Creatonotos Gangis

Ngengat ini banyak ditemukan di wilayah Papua. Yayasan Serangga Papua yang bekerja sama dengan mahasiswa-mahasiswa biologi di Papua dan ahli-ahli entomologi, telah melakukan ekplorasi dan mendokumentasikan spesies Creatonotos Gangis di wilayah Papua.

Peta penyebaran Creatonotos Gangis di Papua dan sekitarnya

Creatonotos Gangis. Foto; Juan Manuel

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon