22 October 2017

Benarkah Tidur Tanpa Pakaian Baik Bagi Kesehatan?



Ketika Anda menjelajah di internet untuk mencari manfaat dari tidur tanpa busana, maka Anda akan menemukan banyak artikel di mana tidur tanpa busana memiliki manfaat yang cukup banyak. Hal itu pastinya akan membuat Anda tertarik untuk melakukannya, sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa apa yang Anda baca di internet tidak semuanya benar.

Banyak outlet berita melaporkan  tidur tanpa busana memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, semua itu harus didukung oleh hasil penelitian ilmiah. Pada umumnya mereka mengatakan manfaatnya dapat menghilangkan stress, memperbaiki hubungan, membantu tidur lebih nyenyak, dan sangat bagus untuk lingkungan.


Walau bagaimanpun ilmu pengetahuan harus menjadi acuan dari semua klaim tersebut, kecuali Anda tidak pernah peduli dengan ilmu pengetahuan. Mari kita mencari tahu apa yang sebenarnya dikatakan oleh para ilmuwan.

Para ilmuwan belum benar-benar mempelajari secara khusus tentang tidur tanpa busana, jadi kita harus melihat studi yang menganalisis tentang hal ini. Kadar kortisol adalah salah satu cara ilmuwan untuk mengetahui kadar stres seseorang. Selain itu, mereka juga biasanya akan mengukur kadar hormon oksitosin, zat yang dilepaskan otak kita saat kita merasa bahagia, jatuh cinta, hubungan sosial, orgasme, atau lainnya yang bersifat positif.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memeluk pasangan dapat menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar oksitosin, namun pasangan dalam penelitian tersebut tidak harus telanjang. Para ilmuwan belum mempelajari apakah memeluk dengan tanpa busana dapat meningkatkan oksitosin lebih dari memeluk pasangan dengan berbusana lengkap.

Klaim yang paling banyak adalah tidur telanjang sangat bagus untuk menurunkan suhu tubuh Anda. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa manusia perlu sedikit lebih dingin saat tidur untuk mendapatkan porsi istirahat terbaik. Studi telah menyimpulkan bahwa kisaran suhu ruangan ideal adalah sekitar 15 ° C hingga 17 ° C .

Pertanyaannya, pakaian apa yang Anda gunakan saat tidur hingga benar-benar bisa menaikan suhu tubuh secara signifikan hingga harus bertelanjang? Nyatanya pakaian tidur seperti piyama dan daster dirancang dengan bahan yang cukup tipis. Terutama saat musim panas, pastinya Anda akan memilih pakaian yang tipis saat tidur, mungkinkah Anda menggunakan jaket tebal?

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di situs NCBI, telah menguji serat bahan yang digunakan untuk pakaian tidur (kapas vs wol) dan selimut (wol poliester vs wol), yang memiliki sifat termal yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kain tekstil pada kondisi tidur di bawah kondisi suhu lingkungan yang berbeda.

Hasilnya menunjukkan bahwa bahan pakaian dan selimut yang Anda gunakan saat tidur tidak terlalu berpengaruh untuk menurunkan suhu tubuh. Hasil ini menekankan pentingnya mengoptimalkan pakaian tidur dengan perubahan musim, mengingat bahwa iklim mikro tidur secara langsung dipengaruhi oleh tidak hanya pakaian tidur tetapi juga panas variabel yang dihasilkan oleh subjek tidur.


Dalam studi lainnya, enam wanita berpartisipasi dalam penelitian tidur poligraf selama tujuh malam berturut-turut, suhu tubuh dan aktivitas pergelangan tangan terus-menerus diambil sampelnya dan disimpan dalam interval satu menit. Pada malam ke 4 dan 5, subjek tidur dengan telanjang, tanpa selimut (tekanan dingin ringan) di ruangan hangat (26,7-28,3 derajat C), menunjukkan penurunan yang signifikan antara kondisi baseline dan cold stress. Namun, tidak ada perubahan signifikan dalam tingkat aktivitas di seluruh kondisi eksperimental. Kemampuan untuk mempertahankan kondisi tidur mengalami gangguan yang signifikan selama tekanan dingin.

Intinya, tidur telanjang pastinya memiliki perbedaan dibanding tidur menggunakan pakaian, apalagi jika dipraktekan setiap malam secara terus menerus. Efeknya sangat variatif, banyak unsur yang mempengaruhinya. Untuk membuktikan tidur tanpa pakaian lebih bermanfaat bagi kesehatan dibanding tidur dengan pakaian, masih perlu studi khusus secara menyeluruh. Studi yang sudah dilakukan masih terbatas, hanya mencakup penurunan dan peningkatan suhu yang tekait dengan sistem termoregulasi.

Cara yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh bukan dengan bertelanjang, bahkan jika kamar Anda menggunakan pendingin ruangan, biasanya Anda menggunakan selimut. Tubuh tanpa pakaian dengan maksud menurunkun suhu tubuh tapi menggunakan selimut tebal, sungguh sangat aneh.

Cara yang lebih efektif untuk membuat suhu tubuh Anda lebih dingin saat tidur harus menggunakan termostat, bukan melepas pakaian. Itulah sebabnya klaim bahwa tidur telanjang itu baik untuk menjaga suhu tubuh agar lebih dingin untuk mendapatkan kualitas tidur adalah sedikit konyol, karena melepas pakaian tidur tidak akan membuat Anda lebih dingin secara signifikan, bahkan jika Anda tinggal di daerah dengan suhu dingin atau menggunakan AC itu tidak akan membuat perbedaan, kecuali Anda menggunakan jaket tebal saat tidur lalu melepaskannya, itu akan membuat Anda menggigil kedinginan.

Intinya, ilmu pengetahuan tidak pernah berbohong, jika tidur telanjang bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda, maka para ahli akan memberitahukannya. Tapi kami belum yakin tentang manfaat tidur telanjang. Mungkin tidak mengherankan bila orang-orang tidak tertarik untuk mendanai studi tentang topik tersebut.

Jika Anda suka tidur telanjang, maka itu adalah pilihan Anda! Tetapi jika itu membuat Anda merasa tidak nyaman, maka itu bukan pilihan terbaik. Berikut 5 manfaat tidur tanpa pakaian yang pastinya dapat diterima oleh akal Anda.

  1. Tidur telanjang dapat membuat Anda lebih hemat tanpa perlu membeli piyama atau daster. Anda juga akan lebih sedikit mencuci pakaian, tetapi Anda akan lebih sering mencuci sprei.
  2. Membuat waktu Anda lebih cepat saat bangun tidur menuju kamar mandi, tidak perlu repot melepaskan pakaian, tetapi jangan pernah mencoba langsung keluar rumah setelah bangun tidur.
  3. Bisa membuat Anda bahagia, pastinya hal itu hanya berlaku untuk mereka yang sudah mempunyai pasangan. Jika Anda belum mempunyai pasangan, lebih baik segera berpakaian agar Anda terhindar dari pikiran negatif.
  4. Pada musim panas, dapat membuat tubuh Anda bernafas lega tanpa ditutupi pakaian. Namun, Anda akan mencuci sprei setiap hari karena basah terkena keringat, kecuali Anda tidak peduli dengan bau keringat Anda.
  5. Tidur telanjang akan membuat Anda merasakan kebebasan. Setelah bangun tidur, Anda bebas melakukan apa saja di dalam rumah tanpa merasa malu, tapi jangan pernah melakukannya di rumah orang lain.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon