14 October 2017

Apakah Hari Jumat Tanggal 13 Membuat Anda Sial?



Tanggal 13 yang jatuh pada hari Jumat pada tahun 2017 terjadi hanya dua kali, Januari dan Oktober, di tahun 2018 akan terjadi di bulan April dan Juli. Tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa tanggal 13 yang jatuh pada hari Jumat adalah hari yang dapat menyebabkan kesialan dan kesengsaraan, khususnya dalam kepercayaan masyarakat Barat. Darimana mitos ini berasal?

Sebagian besar kepercayaan takhayul di era modern saat ini jauh berkurang dan lebih condong untuk dijadikan sebuah hiburan, namun masih ada orang yang khawatir dengan hari-hari tertentu. Triskaidekaphobia dan paraskevidekatriaphobia telah tercatat sebagai fobia yang irasional akan angka 13 dan hari Jumat. Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13, sedangkan paraskevidekatriaphobia merupakan ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13.

Alasan mengapa Jumat dianggap sebagai hari sial tidak lepas dari sejarah kelam, dengan beberapa teori yang paling umum menghubungkannya dengan peristiwa penting dalam tradisi agama ataupun budaya. Seperti pada Jumat, 13 Januari 1989, virus menginveksi komputer IBM di seluruh Inggris. Ini adalah salah satu contoh awal virus komputer yang terkenal dan menjadi berita utama. Fidel Castro, perdana menteri yang kemudian menjadi Presiden Kuba lahir pada Jumat, 13 Agustus 1926, Amerika mencapnya sebagai diktator.

Referensi tentang hari jumat sebagai hari yang terkait dengan nasib buruk umumnya mulai muncul dalam sastra Barat sekitar pertengahan abad ke-17 dan berlanjut sampai hari ini. Mitos ini semakin berkembang hingga mentabukan aktivitas yang harus dihindari, seperti menjahit, memanen, berdagang, bahkan menikah.


Mitos hari Jumat dan angka 13 dalam kepercayaan orang Barat muncul beberapa abad sebelumnya, di abad ke-21 kembali muncul melalui novel Dan Brown karya James L. Garlow, "The Da Vinci Code". Menjelang akhir abad ke-19, takhayul angka 13 menjadi lebih umum, orang-orang akan menghindari apapun yang dengan angka 13, seperti kamar hotel, meja kerja, mobil, bahkan lantai 13 sebuah gedung sangat dihindari.

Pada awal abad 20, laporan terkait 13 dan Jumat mendapatkan pengakuan lebih besar melalui media. Pada tahun 1908, New York Times dan Los Angeles Times membicarakan tentang kesialan dari seorang senator AS yang terjadi pada tanggal 13 yang jatuh pada hari Jumat.


Menurut Pusat Pengelolaan Stres dan Fobia di Asheville, North Carolina, diperkirakan ada 17 sampai 21 juta orang di Amerika Serikat terpengaruh oleh ketakutan akan Friday 13th. Beberapa orang mendadak lumpuh karena takut dan menghindari rutinitas mereka, seperti bekerja, perjalanan pesawat, dan lainnya. Namun, menurut data maskapai penerbangan, belum ada kecelakaan dalam penerbangan selama hari-hari itu.

Bagi yang mempercayai takhayul hari Jumat dan 13 biasanya berdalih pada kejadian yang pernah terjadi pada hari yang sama, begitu banyak bencana dan kecelakaan yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Alibi itu sangat tidak rasional, mereka terfokus secara eksklusif hanya pada hari itu, lalu apakah hari lain tidak pernah terjadi bencana dan kecelakaan?

Seperti halnya kita mendengar suara aneh saat berjalan sendirian di hutan, apa yang ada dipikiran maka itulah yang diyakini. Berbicara kemungkinan, suara aneh yang terdengar bisa dari hewan liar, angin, atau lainnya, semua kemungkinan hanya satu yang menjadi kepastian. Pikiran menyimpan keyakinan sesuai apa yang Anda inginkan. Jika Anda berpikir tentang kursi, maka apa yang ada di balik tembok adalah kursi, tanpa mencoba melihat ke balik tembok.

Jadi, fobia angka 13 dan hari Jumat berakar dari mitos dan peristiwa yang terkait, semuanya hanya efek plasebo dari kekuatan pikiran yang telah dirasuki doktrin irasional yang tidak pernah terbukti. Takhayul sejatinya akan menular pada orang yang kehilangan rasionalitas, suatu objek atau perilaku diyakini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi suatu hasil. Takhayul adalah racun yang menginfeksi paradigma manusia.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon