13 October 2017

4 Hoax Internet Penemuan Ular Raksasa



Gambar penampakan ular terpanjang dan terberat banyak dilaporkan di internet dengan klaim yang sensasional. Beberapa gambar ular raksasa terlihat nampak menakjubkan hingga menjadi viral, namun apa yang Anda lihat tidak sepenuhnya nyata.

Berikut empat gambar palsu ular raksasa yang beredar di internet:

1. Ular Nabua di Kalimantan


Klaim: Gambar ini dilaporkan oleh Tribunnews.com penampakan ular Nabua di daerah Kalimantan. Bahkan Tempo.co melaporkan bahwa foto itu diambil di Sungai Baleh, Sarawak, Malaysia.

Fakta: Foto tersebut bukan hanya diklaim di daerah Kalimantan dan Malaysia, klaim lainnya mengatakan di sungai Amazon. Faktanya foto tersebut bukan perairan di Kalimantan, Malaysia, atau sungai Amazon, melainkan di Sungai Kongo yang terletak di Afrika Barat-Tengah, Kongo. Bahkan salah satu foto diketahui hasil manipulasi olah digital Photoshop yang diambil dari kontes Photoshop yang diadakan oleh Worth1000.com.

Gambar kontes Photoshop Worth1000.com

Gambar asli

2. Ular raksasa di Laut Merah, Mesir


Klaim: Ular raksasa ditemukan di Laut Merah yang telah menewaskan 320 wisatawan dan 125 penyelam Mesir. Ular ini berhasil dibunuh oleh tim yang terdiri dari penyelam dan ilmuwan Mesir.

Fakta: Gambar tersebut terlihat sangat luar biasa di mana seekor ular raksasa dengan tubuhnya melebihi kendaraan. Nyatanya ular tersebut terlihat besar karena diangkut oleh mobil mainan, dengan mengambil angle jarak dekat.



3. Ular Anaconda ditangkap di Afrika


Klaim: Ular Anaconda ditangkap di hutan Amazon, Afrika

Fakta: Gambar tersebut merupakan manipulasi olah digital Photoshop. Dan hutan Amazon bukan berada di wilayah Afrika.


Gambar ular asli

4. Ular Anaconda di Brazil



Klaim: Seekor ular Anaconda raksasa dengan panjang 10 meter dan berat 400 kilogram ditemukan di lokasi pembangunan di bendungan Belo Monte di Brasil Utara.


Fakta: Penemuan ular Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di lokasi pembangunan bendungan Belo Monte merupakan sebuah lelucon dari e-farsas.com, mereka berhasil menipu dunia.


Selain beberapa penampakan ular raksasa palsu di atas, masih banyak hewan lainnya yang diketahui hoax, seperti kura-kura raksasa dan ular King Kobra berkepala tiga hingga tujuh di India.


Gambar asli

Jagat internet pernah dihebohkan dengan kabar penemuan kura-kura raksasa yang ditemukan di Amazon berusia 529 tahun, panjang hampir 18 meter dengan bobot 36 ton.


Faktanya gambar tersebut diambil dari film Jepang "Gamera The Brave" pada tahun 2006.



Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon