20 September 2017

Ikan Beku Hidup Kembali Setelah Dimasukkan ke Air Zam Zam?



KLAIM: Ikan mati "hidup" kembali setelah dimasukkan ke dalam air Zam Zam.

Contoh klaim 1: https://www.facebook.com/faiz.fauzi.752/videos/897881717009830/


Contoh klaim 2: https://www.facebook.com/HasmaDsukma/videos/1189771574401935/


Contoh klaim 3: https://www.youtube.com/watch?v=qFMhQtWXgTU


ANALISIS

Beberapa ikan memiliki Antifreeze Glycoproteins (AFGP) yang membuat mereka bisa berenang pada suhu -1 derajat celcius, dan bertahan pada suhu beku -3 derajat celcius. AFGP ditemukan pada ikan codspruce budworms (sampai -30 derajat celcius), serangga, dan sebagian kecil tanaman. Protein ini bekerja dengan dua cara. Pertama, menghambat pertumbuhan kristal es. Artinya pertumbuhan kristal es menjadi lebih lambat. Kedua, mengatur ukuran kristal es agar tetap relatif kecil. Proses pembekuan air sendiri terjadi karena kristal es kecil membentuk kristal es yang lebih besar.


Artinya, dengan adanya AFGP, ikan terlihat beku di luar, tapi di dalam tidak membeku. Artinya, pada kondisi yang terlihat beku tersebut, ikan memang tidak mengalami kematian, sehingga tidak bisa dikatakan sebagai "hidup kembali". Dari beberapa referensi, kondisi seperti pada video dapat terjadi jika proses pembekuan dilakukan dengan sangat cepat, umumnya menggunakan instant freezer atau IQF (Individual Quick Freezing). Hal ini dilakukan untuk memastikan proses pembentukan kristal es berlangsung dengan sangat cepat. Penelitian mengenai Antifreeze Protein (AFP) dan Antifreeze Glycoproteins (AFGP) masih terus berlanjut. Beberapa riset masih menunjukkan anomali dan hasil yang kontradiktif.

SNAPSHOT


Video menunjukkan seorang berjaket biru mengambil ikan beku dari sebuah chiller, kemudian dia menunjukkan ikan tersebut ke beberapa rekannya. Terdengar di video aslinya, mereka berbicara dalam bahasa Mandarin. Kemudian, orang yang memegang ikan beku memasukkan ikan tersebut ke dalam sebuah baskom berisi air. Dalam baskom sudah ada seekor ikan berwarna hitam yang berenang. Video berlanjut dengan menunjukkan mencairnya es pada ikan yang membeku. Setelah 1 menit (durasi 1:10 pada video), ikan yang membeku tersebut mulai sadar dan berenang perlahan. Pada versi video dengan klaim bahwa air tersebut adalah air Zam Zam, terdapat suara narator dengan bahasa berbeda.


PENELUSURAN

Melalui pencarian dengan filter waktu, ditemukan Video yang "terlama" di internet dan diduga re-upload dari aslinya, dengan view terbanyak, yang diupload oleh Halaman Facebook " Fishing and Boat ramp Fails" pada 23 Januari 2016.

Video aslinya sendiri diupload oleh Jinbin Huang dari Singapura. Video ini difilmkan di Jiangsu, pada tanggal 22 Jan 2016. Tidak ada penjelasan dalam video bahwa air yang digunakan adalah air Zam Zam. Tidak dijelaskan juga ikan bertahan berapa lama setelah "hidup kembali" dan jenis ikan yang terlibat dalam eksperimen ini.

KEJADIAN SERUPA

Ada beberapa video serupa di internet yang serupa. Ikan yang sudah beku dimasukkan ke air biasa dan "hidup kembali". Ikan mas dibekukan dalam nitrogen cair dan "hidup kembali" setelah masuk ke air biasa.


Teknologi pengawetan ikan dengan cara membekukan ikan dalam waktu yang sangat singkat adalah hal lumrah. Video di bawah ini memperlihatkan bahwa ikan dapat "hidup kembali" setelah masuk ke air biasa.


Ikan kembali bangkit setelah sebelumnya dibekukan


KESIMPULAN

Campuran Hoax & fakta

Fakta : Beberapa ikan memiliki Antifreeze Glycoproteins, dapat "bangun" kembali setelah dibekukan selama periode waktu tertentu, karena sejatinya ikan tersebut memang tidak mati.

Hoax : Tidak ada penjelasan bahwa air yang digunakan adalah air Zam Zam. Pada video asli hanya dikatakan dalam bahasa aslinya bahwa air yang digunakan adalah air biasa. Pengulangan eksperimen serupa juga menggunakan air biasa. Jadi, bukan air Zam Zam yang menyebabkan ikan bangun kembali.

Ikan yang dimaksud sebenarnya dalam kondisi masih hidup dengan cara dibekukan, membeku di bagian luar namun bagian organ dalam tidak beku dengan bantuan protein antibeku. Pada kondisi membeku tersebut, ikan tidak mengalami kematian sehingga tidak bisa dikatakan sebagai "hidup kembali".

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!





REFERENSI:
National Science Foundation: Antifreeze proteins in Antarctic fish prevent both freezing and melting
PDB-101: Molecular explorations through biology and medicine
Science Daily: Why don't fish freeze to death in icy water?
Hokkaido University: Why don’t fish freeze to death in icy water?
NCBI: A nonprotein thermal hysteresis-producing xylomannan antifreeze in the freeze-tolerant Alaskan beetle Upis ceramboides
Nature: Oscillations and accelerations of ice crystal growth rates in microgravity in presence of antifreeze glycoprotein impurity in supercooled water


Emoticon Emoticon