08 September 2017

10 Hoax Yang Disebarkan Media Online Utama Indonesia



Jurnalistik media online adalah sebuah jenis kegiatan jurnalistik yang melibatkan koneksi internet yang disajikan dalam sebuah halaman situs web. Dalam hal ini berita online sangat rawan menjadi menyesatkan karena proses verifikasinya tidak mudah, selain itu mengambil sumber tanpa validitas atau berdasarkan sensasionalitas yang pastinya lebih menarik untuk menggaet pembaca sebanyak-banyaknya.

Perkembangan ranah media online begitu pesat hingga setiap orang dengan mudahnya dapat menyajikan berita tanpa harus pergi keluar rumah, hanya mengandalkan informasi di internet. Hal ini pastinya sangat rawan karena tanpa kemampuan memverifikasi setiap sumber berita maka akan menjadi blunder, pembaca akhirnya menjadi korban pembodohan informasi.

Berikut 10 berita hoax dan disinformasi yang disebarkan oleh media online terkemuka Indonesia:

1. NASA Membuka Lowongan Kerja Perlindungan Bumi Dari Alien


Berita ini banyak diterbitkan oleh media online lokal Indonesia pada awal Agustus 2017. Dalam klaimnya menyebutkan bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini sedang mencari Staf Pelindung Planet dari ancaman dan kontaminasi alien. Berita ini dirilis oleh media besar Indonesia, seperti Kompas.com, Okezone.com, BBC Indonesia, Liputan6.com, Tribunnews.com, dan Tempo.co.

Kabar bahwa NASA membuka lowongan kerja melindungi Bumi dari alien berawal pada bulan Juli 2017 ketika NASA membuka lowongan pekerjaan untuk Petugas Perlindungan Planet. Secara teknis laporan lowongan pekerjaan tersebut ditafsirkan secara salah, yang dimaksud "Petugas Perlindungan Planet" adalah mencegah planet lain terkontaminasi benda angkasa dari Bumi.

Jadi, NASA tidak pernah membuka lowongan pekerjaan untuk melindungi Bumi dari alien, media online salah menafsirkan kalimat "Petugas Perlindungan Planet". Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: NASA Membuka Lowongan Pekerjaan Melindungi Bumi Dari Alien?

2. Perang Dunia III Akan Terjadi Tahun Ini Berdasarkan Ramalan Baba Vanga


Berita tidak akurat ini beredar pada April 2017 di mana beberapa media online arus utama melaporkan bahwa Baba Vanga, peramal terkemuka warga Bulgaria, jauh-jauh hari meramalkan perang besar pecah di Semenanjung Korea. Bahkan perang ini diramalnya sebagai awal dari Perang Dunia III.

Kabar tentang ramalan Perang Dunia III oleh peramal Baba Vanga dirilis oleh media online Tempo.co. Faktanya ramalan Vanga tentang perang dunia III pada tahun 2017 yang diawali perang di Semenanjung Korea, berasal dari prediksi gabungan Vanga dan Nostradamus.

Klaim lainnya yang mengatakan bahwa kemenangan Trump adalah pemicu awal perang dunia III yang dimulai di Semenanjung Korea tidak berasal dari Vanga, itu asumsi dari Horacio Villegas yang menghubungkan ramalan tersebut dengan kisah "Keajaiban Fatima" (Our Lady of Fatima).

Jadi, Klaim ramalan perang dunia III akan terjadi pada tahun 2017 dimulai dari perang Semenanjung Korea dipicu atas kemenangan Trump, berasal dari prediksi tiga orang yang tidak saling terkait, Baba Vanga, Nostradamus, dan Horacio Villegas.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Perang Dunia III Akan Terjadi Tahun Ini Berdasarkan Ramalan Baba Vanga?

3. Susu Kecoa Akan Menjadi Makanan Manusia di Masa Depan


Informasi tentang susu kecoa ramai beredar pada Juli 2016 di mana penelitian terbaru menunjukkan bahwa susu kecoa adalah minuman suplemen yang bergizi tinggi. Dalam klaimnya mengatakan bahwa susu kecoa diyakini akan menjadi makanan di masa depan untuk manusia. Makanan di planet Bumi suatu hari nanti akan habis, sebuah perusahaan multinasional akan memproduksi makanan yang berasal dari serangga yang menjijikan dalam skala besar.

Informasi ini dirilis oleh media online Sindonews. com, Nationalgeographic.co.id, dan detik.com. Faktanya susu kecoa yang dimaksud merupakan istilah untuk menggambarkan kristal cair yang mengandung lemak, gula dan protein, yang dihasilkan oleh spesies kecoa vivipar untuk sumber makanan anak-anaknya. Kecoa tidak dapat diperah susunya karena mereka tidak mempunyai puting, yang sangat memungkinkan untuk mendapatkan struktur yang sama dengan melalui proses peragian mensintesis kristal protein.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Susu Kecoa Akan Menjadi Makanan Manusia di Masa Depan?

4. Heboh Tukang Kebon Bernama Ahmad Sukarno Ternyata Pemilik Mobil-mobil Mewah di London


Kabar tentang seorang warga Indonesia yang bekerja sebagai tukang kebun di London mendapatkan warisan beberapa mobil mewah berlapis emas beredar pada Oktober 2016. Berita ini dirilis oleh media online Tribunnews.com, Sindonews.com, Okezone.com, Hello-pet.com, dan Merdeka.com.

Dalam klaimnya mengatakan bahwa Ahmad Sukarno seorang mantan tukang kebun yang bekerja di Kota London mendapatkan warisan dari seorang millionaire Hussain Sajwani, beberapa supercar berlapis emas diperkirakan bernilai lebih dari $ 1.000.000.


Berita tersebut mengambil sumber dari situs tidak terpercaya yang kreadibilitasnya sangat diragukan (24business). Faktanya, pemilik mobil-mobil mewah tersebut adalah seorang milyader asal Arab Saudi bernama Turki bin Abdullah.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Heboh Tukang Kebon Bernama Ahmad Sukarno Ternyata Pemilik Mobil-mobil Mewah di London: Hoax!

5. Ular Terpanjang dan Terbesar Ditemukan di Brazil


Berita ini banyak dilaporkan oleh media online Indonesia, seperti Tribunnews.com, Dream.co.id, Liputan6.com, dan Okezone.com. Penemuan ular Seekor ular Anaconda raksasa dengan panjang 10 meter dan berat 400kg di Brazil menjadi viral dengan menyertakan beberapa foto dan video.

Dalam klaimnya mengatakan bahwa ular raksasa tersebut ditemukan di proyek pembangunan bendungan Belo Monte, Brazil. Reptil raksasa dengan berat 400 kilogram itu ditemukan oleh pekerja konstruksi setelah meledakkan sebuah gua di Altamira, Pará. Sebuah video yang direkam oleh salah satu pekerja konstruksi menunjukkan ular raksasa yang konon memiliki tubuh berdiameter hampir satu meter.

Faktanya, pihak perusahaan kontruksi yang membangun bendungan menyatakan bahwa lokasi dalam rekaman bukan terjadi di proyek bendungan Belo Monte. Anaconda dalam rekaman video tampak terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya karena jarak kamera yang sangat dekat. Video Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di bendungan Belo Monte adalah tipuan dari e-farsas.com.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Ular Terpanjang dan Terbesar Ditemukan di Brazil: Hoax

6. Seorang Wanita Memasukan Singkong ke Organ Intimnya


Berita sensasional ini dirilis oleh media online Tribunnews.com. Dalam klaimnya mengatakan bahwa seorang wanita melakukan tindakan nekat memasukan singkong dibalut kondom ke dalam kemaluannya, akibatnya ia dilarikan ke rumah sakit.

Dua foto ditampilkan untuk menguatkan cerita, foto seorang wanita sedang terbaring di ruangan rumah sakit dan singkong terbalut kondom. Faktanya, kedua gambar tidak saling terkait dan tidak ada korelasinya dengan isi cerita.

Cerita tentang seorang wanita memasukan singkong ke dalam kemaluannya merupakan cerita fiktif tanpa bukti dan sumber, hanya berdasarkan isu yang beredar tanpa validitas terpercaya alias hoax. Dua gambar berbeda digunakan dengan sembarangan untuk menyebarkan cerita fiktif, faktanya kedua gambar tidak ada korelasinya dengan klaim.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Seorang Wanita Memasukan Singkong ke Organ Intimnya: Hoax

7. AS dan Rusia Bersatu Menghadapi Invasi Alien Yang Akan Menginvasi Bumi Pada September 2017


Cerita ini dirilis oleh media online Merdeka.com berdasarkan rumor yang dihembuskan oleh para pecinta teori konspirasi dan para pecinta UFO. Dalam klaimnya mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan rahasia dengan Wakil Presiden AS Joe Biden, membahas sistem pertahanan yang mampu melindungi seluruh planet bumi dari serangan alien.

Para pecinta teori konspirasi mengatakan bahwa langkah Rusia dan AS terinspirasi dari pengumuman NASA bahwa satelit mereka telah mendeteksi rombongan kolosal armada UFO alien, seperti dalam film Star Wars. Cerita diperkuat dengan dokumen Kremlin yang dibocorkan ke publik mengungkap pertemuan rahasia Vladimir Putin dan Joe Biden.

Faktanya, pertemuan Putin dan Joe Biden tidak pernah terjadi, dokumen Kremlin bukan tentang pertemuan rahasia Vladimir Putin dan Joe Biden. Dokumen Kremlin merupakan memo rahasia yang ditulis oleh John F Kennedy 10 hari sebelum kematiannya (JFK dibunuh pada 22 November 1963). Memo tersebut merupakan salah satu dari dua surat yang ditulis JFK kepada Direktur CIA mengenai review klasifikasi semua arsip informasi hasil penyelidikan UFO. Memo kedua ditujukan kepada NASA untuk bekerjasama dengan Uni Soviet dibidang luar angkasa.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: AS dan Rusia Bersatu Menghadapi Invasi Alien Yang Akan Menginvasi Bumi Pada September 2017: Hoax

8. Ganja Mampu Mengobati Kanker


Informasi bahwa ganja dapat mengobati kanker telah lama didengungkan berdasarkan uji ilmiah. Berita tersebut banyak dilaporkan oleh beberapa media online Indonesia, seperti Kompas.com, Merdeka.com, Liputan6.com, Tribunnews.com, Detik.com.

Kabar bahwa ganja mampu mengobati kanker telah lama diklaim berdasarkan uji ilmiah, namun semua bukti itu sangat lemah karena tidak ada satupun penelitian yang dilakukan para ilmuwan menguji pada manusia bahwa ganja benar-benar mampu membunuh sel kanker. Yang perlu digaris bawahi adalah uji ilmiah yang dilakukan selama ini dilakukan hanya sebatas kepada hewan tikus.

National Cancer Institute (NCI) telah memberikan konfirmasi bahwa cannabis (ganja) dapat membunuh sel-sel kanker. Namun yang perlu dipahami, pernyataan itu tidak mutlak bahwa ganja dapat mengobati penyakit kanker pada manusia. Yang perlu dicatat dari pernyataan NCI adalah, ganja dapat membunuh sel kanker berdasarkan hasil studi praklinis (penelitian mengunakan hewan percobaan).

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Ganja Mampu Mengobati Kanker: Hoax

9. Aktris Cantik Diperkosa Nyata Dalam Film Last Tango in Paris


Aktris cantik Maria Schneider dilaporkan telah diperkosa lawan mainnya Marlon Brando dalam adegan secara nyata dalam film "Last Tango In Paris" yang diproduksi pada tahun 1972. Kabar ini banyak dirilis oleh beberapa media online, seperti Viva.co.id, Liputan6.com, Sidomi.com.

Cerita yang beredar mengatakan bahwa dalam film Last Tango in Paris telah terjadi pemerkosaan di luar skrip/naskah (nyata). Marlon Blando dan sutradara Bernardo Bertolucci mengaku sepakat untuk memperkosa sang aktris utama Maria Schneider dalam sebuah adegan di luar naskah.

Faktanya, Maria Schnedider tidak pernah diperkosa dalam film Last Tango in Paris, dia hanya terpaksa melakukan sebuah adegan yang sebelumnya tidak pernah ada dalam skrip naskah. Maria Schneider dalam wawancaranya pernah mengatakan "saya merasa diperkosa", ucapannya hanyalah ungkapan yang merasa terhina atas adegan itu yang tidak ada dalam naskah asli.

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Aktris Cantik Diperkosa Nyata Dalam Film Last Tango in Paris: Hoax

10. Wanita Dengan Payudara Besar Memiliki IQ Lebih Cerdas


Cerita ini membuat wanita dengan payudara besar dan berisi merasa bahagia, secara payudara besar dapat mempengaruhi kecerdasan. Apalagi beberapa media online merilis beritanya, seperti Okezone.com, Merdeka.com, Brillio.net, Tribunnews.com.

Dalam klaimnya menyertakan sebuah studi yang dilakukan seorang sosiolog Dr Yvonne Rossdale dari Chicago University di Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa wanita dengan payudara besar memiliki intelligence (IQ) 10 poin lebih tinggi daripada wanita dengan payudara kecil.

Faktanya, tidak ditemukan informasi nama Dr Yvonne Rossdale di Univesrsity of Chicago. Cerita tersebut adalah berita palsu yang berasal dari situs satir Weekly World News (WWN) yang berjudul "REAL GENIUS Surprise: Women with big boobs are smarter, study shows."

Analisis selengkapnya dapat dibaca di sini: Wanita Dengan Payudara Besar Memiliki IQ Lebih Cerdas: Hoax

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon