18 August 2017

Video Operasi Bedah Usus Mengeluarkan Mie: Hoax



Klaim: Bedah perut gara-gara mie

Peringatan: Semua video yang ditampilkan dapat membuat Anda tidak nyaman.


ANALISIS

Sebuah video yang menunjukkan operasi bedah usus beredar di internet yang diklaim akibat terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Video tersebut telah lama beredar untuk memberikan peringatan bagi Anda yang gemar mie instan.

Video tersebut asli. Namun, klaim yang menyatakan bahwa mie instan, spaghetti atau jenis mie lainnya dikeluarkan dari dalam usus adalah tidak benar. Objek panjang seperti mie yang terlihat dalam video nyatanya adalah cacing/parasit dalam usus.

Jika dicermati lebih teliti, para dokter melakukan prosedur operasi medis di mana usus yang digunting untuk mengeluarkan cacing yang berkembang biak di dalam usus manusia. Berikut video dengan durasi lebih panjang.


Tentang Parasit Usus

Parasit usus adalah parasit yang dapat menginfeksi saluran gastro-intestinal (saluran pencernaan) manusia dan hewan. Mereka dapat hidup di seluruh tubuh, tetapi kebanyakan berada di dinding usus. Menurut University of Maryland Medical Center dalam situs umm.edu, parasit usus terbagi menjadi dua jenis, cacing dan protozoa (tidak semua cacing dan protozoa menjadi parasit usus).

Jenis cacing seperti cacing pita, cacing kremi, cacing gelang dan cacing dengan banyak sel adalah salah satu cacing yang paling umum menghuni usus manusia. Dalam bentuk dewasa, cacing tidak dapat berkembang biak di dalam tubuh manusia. Dalam kasus cacing, parasit usus dapat merusak atau membuat sakit inangnya melalui infeksi yang disebut helminthiasis


Di sisi lain, protozoa hanya memiliki satu sel, dapat berkembang biak di dalam tubuh manusia, dan dapat memungkinkan mengembangkan infeksi serius. Parasit usus biasanya menular ke manusia melalui kontak dengan kotoran yang terinfeksi, seperti melalui tanah yang terkontaminasi, makanan atau air. Yang paling umum parasit usus protozoa adalah: Giardia intestinalis, Entamoeba histolytica, Cyclospora cayetanenensis, dan Cryptosporidium.

Parasit usus menimbulkan berbagai gejala pada mereka yang terkena dampak, sebagian besar menjadi komplikasi gastrointestinal dan gejala umum. Komplikasi gastrointestinal mencakup diare, mual, disentri, dan nyeri perut.

Gejala-gejala ini berdampak pada kualitas gizi, termasuk penurunan penyerapan mikronutrien, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan kehilangan darah pada usus yang biasanya dapat mengakibatkan anemia. Hal ini juga dapat menyebabkan cacat fisik dan mental, tertundanya pertumbuhan pada anak-anak, dan iritasi kulit di sekitar anus dan vulva.

HOAX

Jadi, klaim bahwa video yang dimaksud merupakan operasi pengangkatan mie pada usus manusia adalah tidak benar.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon