17 August 2017

Tips dan Informasi Untuk Melindungi Akun Facebook Agar Tidak Dicuri



Saat ini Facebook menjadi kebutuhan utama sebagian besar manusia. Melindungi akun Facebook sangat penting sebagai sarana komunikasi dengan keluarga dan teman. Informasi akun Anda menjadi target penting di mana penjahat online kapan saja siap membidik, dalam hal ini melindungi akun harus tepat dan jangan pernah diabaikan.

Menerapkan langkah keamanan ekstra ketat sangat diperlukan, seperti memasang verifikasi dua langkah agar setiap aktivitas baru dapat diketahui. Penjahat online selalu mengincar sandi akun Anda dengan berbagai cara, kecerobohan Anda adalah kunci di mana password akun Facebook dapat dengan mudah berpindah tangan.

Penjahat online menggunakan berbagai cara untuk menjerat korbannya dalam mendapatkan password, bahkan pengguna tanpa sadar telah memberikan passwordnya dengan teknik pishing dan scam. Berikut berbagai cara populer penjahat online mencuri password akun Facebook:

MALWARE

Malware berpotensi dapat melakukan apa saja kepada perangkat Anda jika berhasil menginstal sendiri. Hal ini dapat melangkah hingga iklan spam, mengarahkan browser Anda ke website yang telah disediakan, memberikan kunci kepada penyusup untuk datang dan pergi sesuka mereka dan mengenkripsi data Anda.
.
Malware juga dapat menjadi spyware yang memiliki keyloggers, yang dapat mencatat atau merekam setiap aktivitas pada keyboard yang Anda tekan dan menciptakan laporan dari semua informasi tersebut. Jadi, setiap kali Anda memasukkan email dan password Facebook akan selalu direkam. Hal ini akan menjadi laporan berisi password Anda yang langsung dikirim secara cyber.

PHISHING

Salah satu cara yang paling populer untuk menipu pengguna agar menyerahkan password mereka adalah melalui penipuan phishing. penipuan ini biasanya dikirim melalui email atau chatting, di mana scammer akan mengirimkan pesan dan meminta Anda mengklik link yang mereka berikan (biasanya menyamar sebagai pihak Facebook yang memberikan peringatan atau himbauan).

Link akan mengarahkan Anda ke halaman login Facebook (secara tampilan mirip dengan Facebook resmi), tapi itu sebenarnya website scammer yang menyerupai Facebook. Jika pengguna tidak waspada untuk menyadari bahwa alamat web tidak benar-benar milik Facebook, maka akan melakukan login Facebook yang otomatis memberikan password yang dikirim langsung ke penjahat. Dengan demikian penjahat otomatis telah memiliki password korban.

WI-FI

Bila Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi di hotspot lokal, Anda harus menelusuri jaringan yang tersedia dan memilih salah satu yang ingin Anda hubungkan. Cukup sederhana, namun bagaimana jika seseorang menciptakan jaringan palsu menggunakan router mereka sendiri mirip dengan nama Wi-Fi, hal ini dengan tujuan untuk menipu.

Jenis kejahatan ini adalah nyata. Dan ketika penjahat berhasil mengelabui pengguna agar terhubung ke jaringan palsu yang mereka ciptakan, mereka mengkonfigurasi router mereka sendiri untuk membawa Anda ke halaman web palsu. Jadi, ketika Anda memasukkan alamat Facebook.com ke browser, Anda akan dialihkan ke halaman web berbahaya yang akan mencuri data dan password Anda.

KOMBINASI PASSWORD YANG SAMA

Menggunakan password yang sama untuk semua akun online adalah kesalahan besar, hal ini akan mempermudah penjahat untuk mengambil password akun Facebook Anda. Yang perlu diketahui adalah hacker telah mendapatkan akses tidak sah ke sejumlah perusahaan besar, terutama Yahoo dan Sony.

Hal ini pastinya akan mengarah pada data pelanggan yang telah dicuri dari perusahaan-perusahaan ini, termasuk password pelanggan. Kombinasi password dan email sering bocor secara online yang diambil penjahat cyber. Jika Anda menggunakan password Facebook yang sama dengan semua akun online yang Anda miliki, penjahat akan mencoba menguji email dan password untuk login Facebook. Jika email dan password sama, maka akun Facebook Anda otomatis akan diambil alih oleh scammer.


Berikut cara yang harus Anda lakukan untuk mengantisipasinya:

Menggunakan software anti-virus terpercaya

Software anti-virus sangat penting untuk menghadang dan melawan virus malware. Dalam hal ini Anda harus selalu memperbarui anti-virus yang terpasang agar proteksi lebih maksimal.

Gunakan jendela Facebook yang aman

Seringnya Anda menjelajah internet akan berpotensi masuk ke dalam jendela Facebook tidak aman. Ketika Anda masuk ke dalam website yang tidak aman maka phising akan selalu mengintai Anda untuk memasuki halaman Facebook ilegal. Dalam hal ini Anda jangan sembarangan login ke setiap halaman Facebook, mengecek keamanan adalah kunci utama untuk melindungi akun Facebook Anda.

Gunakan URL yang tepat

Ketika Anda login Facebook maka harus dilihat protokolnya apakah menggunakan HTTP atau HTTPS, melihat address bar yang digunakan (http:// atau https://). Masuk ke pengaturan dan pastikan selalu masuk Facebook dengan protokol HTTPS, jangan pernah login dengan protokol HTTP yang tidak aman, biasanya meminta informasi dan data yang ditransmisikan antara pengguna dengan server.

Hindari memburu Wi-Fi gratisan

Ketika Anda mengunjungi tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis, Anda harus berhati-hati dalam memilih koneksi jaringan. Selalu tanyakan nama koneksi jaringan kepada penyedia Wi-Fi di tempat yang Anda kunjungi agar terhindar dari Wi-Fi palsu. Bahkan Wi-Fi sah di tempat umum tidak menjamin akan aman, untuk menghindari pencurian password secara maksimal maka Anda jangan pernah menggunakan Wi-Fi gratisan di tempat umum yang belum terjamin keamanannya.

Gunakan password berbeda

Setiap akun online yang Anda miliki harus menggunakan password berbeda. Jangan pernah menggunakan password yang sama dengan akun Facebook Anda untuk menghindari penjahat mencoba kombinasi password lain yang telah diretas.

Gunakan password yang rumit

Jika password Anda kurang dari sepuluh karakter, campuran huruf besar dan kecil, angka dan simbol. Jangan pernah menggunakan nama, tanggal lahir atau informasi tentang seseorang atau sesuatu di sekitar Anda. Jangan pernah mencatat password Anda di kertas atau tempat lain yang dapat memungkinkan orang lain dapat menemukannya.

Mengecek lokasi login Anda

Selalu memantau lokasi dan perangkat login Facebook Anda dapat mendeteksi jika ada aktivitas ilegal. Anda harus mengingat di mana saja Anda pernah login Facebook dan menggunakan perangkat apa, jika ada aktivitas yang tidak dikenal maka segera menghapusnya dan ganti password Anda.

Jangan sembarangan klik link

Sebagai aturan yang wajib Anda lakukan, jangan pernah mengklik link yang masuk pada pesan email, chatting dan lainnya yang tidak Anda kenal. Dalam hal ini memberikan link ilegal adalah cara jitu scammers melakukan penipuan hingga mengambil informasi dan password Anda.

Ingat, setiap aktivitas online Anda menjadi penentu dalam melindungi password Anda. Selalu teliti dan jangan biarkan penjahat online mengeksploitasi Anda, semua tergantung kepada diri Anda sendiri.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon