04 August 2017

NASA Membuka Lowongan Pekerjaan Melindungi Bumi Dari Alien?



Klaim: NASA buka lowongan kerja untuk menjaga Bumi dari alien

Sumber klaim: Kompas.com

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini sedang mencari Staf Pelindung Planet dari ancaman dan kontaminasi alien.

Lowongan yang terbuka bagi warga Amerika Serikat dengan deadline 14 Agustus 2017 itu dibuka demi tujuan mempersiapkan diri dengan kemungkinan ancaman dari luar angkasa.

Tugasnya kurang lebih adalah menghindarkan astronot dan robot dari ancaman kontaminasi material organik dan biologi selama perjalanan luar angkasa.

Penasaran dengan gajinya? Dalam pengumumannya, NASA menawarkan rentang gaji Rp 1,7 - 2,5 miliar per tahun, alias mencapai Rp 100-an juta per bulan.

Setiap staf yang berhasil lolos bisa menjalani masa percobaan selama setahun. Karyawan lalu akan dikontrak selama 3 tahun dan kemungkinan bisa diperpanjang 2 tahun kemudian.

Selama bekerja, staf akan menyusun sejumlah misi terkait kehidupan di luar angkasa, salah satunya mencari tanda-tanda kehidupan di Europa, bulan Jupiter.

"Staf Perlindungan Planet bertanggung jawab pada misi perlindungan NASA, menyusun kebijakan perlindungan, dan mengawasi jalannya misi antariksa NASA," demikian dinyatakan di situs NASA, Juli.

Setara dengan gajinya yang besar, orang yang menjadi staf nanti akan bekerja keras, bukan cuma untuk NASA tapi badan-badan yang bekerjasama dengannya.

Lowongan dibuka bagi mereka yang lulus S-1 dari jurusan fisika, matematika, dan teknik dengan minimal 24 SKS di mekanika, dinamika, elektronika, dan beberapa bidang yang masuk fisika murni


Disinformasi

ANALISIS

Kabar bahwa NASA membuka lowongan kerja melindungi Bumi dari alien banyak dilaporkan media utama lokal Indonesia. Kabar tersebut berawal pada bulan Juli 2017 ketika NASA membuka lowongan pekerjaan untuk Petugas Perlindungan Planet.

Dalam hal ini NASA mencari orang untuk bekerja dalam bidang pencegahan pencemaran dari Bumi ke planet lainnya. Laporan bahwa NASA membutuhkan orang untuk menjaga Bumi dari alien berdasarkan asumsi dalam menafsirkan laporan NASA.

Laporan lowongan pekerjaan untuk menjaga Bumi dari alien berasal dari laporan pengumuman USA Today yang diterbitkan pada 2 Agustus 2017. Dalam laporannya menyebutkan bahwa NASA mencari "petugas perlindungan planet". Laporan USA Today akhirnya dirilis ulang oleh banyak outlet berita dunia dengan berita utama "NASA Membutuhkan Seseorang Untuk Melindungi Bumi Dari Alien."

Secara teknis pernyataan tersebut tidak salah, namun kesalahan menafsirkan sifat pekerjaan yang akan dilakukan. "Petugas perlindungan planet" dimaksudkan mencegah planet lain terkontaminasi benda angkasa dari Bumi, bukan melindungi Bumi dari alien.

Berikut rilisan NASA terkait lowongan pekerjaan tersebut:


This position is assigned to Office of Safety and Mission Assurance for Planetary Protection. Planetary protection is concerned with the avoidance of organic-constituent and biological contamination in human and robotic space exploration.

NASA maintains policies for planetary protection applicable to all space flight missions that may intentionally or unintentionally carry Earth organisms and organic constituents to the planets or other solar system bodies, and any mission employing spacecraft, which are intended to return to Earth and its biosphere with samples from extraterrestrial targets of exploration. This policy is based on federal requirements and international treaties and agreements.

Perlindungan planet sangat penting untuk beberapa alasan: Melestarikan kemampuan kita dalam mempelajari planet lain secara utuh tanpa adanya kontaminasi benda asing, benda angkasa yang berasal dari Bumi. Konsep perlindungan planet bukan hal baru, pada tahun 1963 NASA pernah membentuk tim yang mereka sebut sebagai 'karantina planet."

Secara hukum posisi petugas perlindungan planet memiliki batas waktu - tiga tahun dengan opsi dapat diperpanjang dua tahun - diwajibkan membuat pengumuman lowongan kerja secara reguler. Petugas perlindungan planet saat ini, Catharine Conley, memberikan penjelasan kepada Scientific American tentang tugasnya. Secara eksplisit tujuannya melindungi aktivitas manusia, dalam hal ini berhubungan dengan sains, namun di masa depan tidak menutup kemungkinan akan terus dikembangkan.

Jadi, kabar bahwa NASA membuka lowongan pekerjaan melindungi Bumi dari alien tidak benar. Dalam hal ini NASA membutuhkan orang untuk bekerja sebagai "perlindungan planet" - mencegah planet lain terkontaminasi benda angkasa dari Bumi.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon