07 July 2017

Seekor Elang Membawa Terbang Kambing Muda



Sebuah foto unik yang jarang terjadi memperlihatkan seekor burung elang dengan gagahnya membawa terbang seekor chamois muda (kambing Eropa). Pemandangan yang mungkin dianggap tidak masuk akal, bagaimana mungkin elang mampu mengangkat tubuh kambing hingga terbang tinggi.

Foto tersebut dalam beberapa hari ini menjadi viral di Perancis, banyak pihak yang meragukan keasliannya. Namun, faktanya foto diambil oleh seorang fotografer hewan amatir bernama Marc Rovelli.


Hari itu, pada awal Juni, Marc bersama kerabatnya sedang mencari burung pemakan bangkai. Tiba-tiba salah satu dari mereka melihat sesosok burung terbang membawa seekor kambing muda, Marc kemudian mengambil kameranya untuk mengabadikan momen langka tersebut, ia berhasil mengambil 80 gambar dengan zoom 150-500.





Fenomena elang membawa terbang chamois bukan hal yang mustahil, habitat chamois di wilayah dataran tinggi antara 800 m hingga 3000 m, di Perancis mereka hidup di pegunungan Alpen (wilayah Cantal), Pyrenees, Vosges dan lainnya.

Berdasarkan informasi dari Ceillac.com, chamois menjadi buruan predator serigala, elang, rubah dan manusia (pemburu). Ada sekitar 50.000 ekor chamois hidup di pegunungan Perancis.

Banyak cerita beredar mengatakan bahwa elang telah membawa terbang bayi, namun semua cerita tidak pernah ada yang didokumentasikan. Mike Jacobson, ahli elang mengatakan bahwa elang mampu membawa beban berat dalam jarak pendek, mereka dapat menerkam dan membawa terbang beban 3-5 kilogram.


Saat elang menukik memburu mangsanya dan kembali terbang, membutuhkan kekuatan dan teknik keterampilan, yang paling memungkinkan dilakukan oleh elang dewasa. Cukup sulit bagi elang mampu membawa terbang mangsanya dari darat dengan bobot yang cukup berat, seperti anjing atau anak-anak.

Berikut video seekor elang mencoba membawa terbang seorang balita namun tidak berhasil karena beban terlalu berat.


Akselerasi menukik dan mengangkat hingga terbang tinggi membutuhkan tenaga besar dan teknik tinggi, jika ditambah bobot mangsa yang berat itu akan menyulitkan elang untuk terbang. Lain cerita dengan chamois yang hidup di dataran tinggi, elang tidak perlu turun menukik dan mengangkat tinggi, cukup dengan menyambarnya dengan sedikit mengangkat dan membawa pergi. Marc mengatakan bahwa ia tidak mengetahui apakah chamois akan dibawa untuk makanan anak elang atau dijatuhkan untuk membunuhnya terlebih dahulu.

Pada dasarnya elang membawa terbang binatang seperti anjing, kambing atau rubah bukan hal yang tidak mungkin, namun tidak semua elang mampu melakukannya dan hanya elang yang memiliki kemampuan teknik tinggi yang diasah oleh pengalaman yang dapat melakukannya.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon