02 July 2017

Fakta Foto Viral Disangka Obama Kecil Bersama Bung Karno



Sebuah foto viral baru-baru ini beredar yang menunjukkan dua orang anak sedang bersama Presiden RI pertama Soekarno. Foto tersebut menjadi viral karena sosok anak pria diklaim sebagai Barack Obama sewaktu masih kecil.



Jika dilihat anak lelaki dalam foto memang mirip dengan Obama kecil, tetapi faktanya anak tersebut bukanlah Obama. Anak yang mirip dengan Obama sebenarnya adalah Adi Nasution bersama adiknya, Ida Nasution.


Sekoci mencoba menghubungi Ida Nasution bertanya perihal foto tersebut. "Itu foto saya bersama kakak kembar, Adi P Nasution, Foto yang sedang viral itu diambil pada saat 'lebaran' tahun 1962 bertempat di ruangan depan di Istana Negara," jelas Ida Nasution.

"Yang datang semua pegawai Istana dan rakyat umum. Itu hanya acara bersalaman, tidak ada angpau, tidak ada bingkisan, apalagi acara makan-makan," tambahnya. "Kami tinggal di kompleks Istana Negara sejak tahun 1950 hingga tahun 1965, setelah peristiwa G30S kami pindah ke Jalan Jawa Menteng."

Ida Nasution juga menjelaskan bahwa foto tersebut diambil saat dirinya bersama kakak kembar (Adi Nasution) berusia 9 tahun menjelang 10 tahun. "Saya lahir tahun 1953," kata Ida Nasution.

Ida Nasution dan Adi Nasution keduanya adalah anak dari pasangan (almarhum) H. Mualiff Nasution dan Moersoekandijah. Sangat disayangkan foto tersebut menyebar hingga menjadi viral dengan keterangan yang salah.

Foto tersebut diambil pada tahun 1962, sedangkan Barack Obama saat itu masih berusia 1 tahun (lahir 4 Agustus 1961). Obama sendiri baru menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 1967, Pada tahun 1971 Obama kembali ke Honolulu untuk tinggal bersama orang tua ibunya, Madelyn dan Stanley Dunham.

Obama saat ini kembali ke Indonesia bersama istri dan anak-anaknya untuk berlibur. Obama akan menghabiskan 10 hari di Indonesia, ia mengunjungi beberapa kota dan kota di mana masa kecilnya dihabiskan - Jakarta.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon