13 June 2017

Video Kuda Hitam Terbang di Langit Arab Saudi?



Klaim: Penampakan kuda terbang di Arab saudi




HOAX

ANALISIS

Rumor tentang penampakan kuda di langit Arab Saudi sudah lama beredar beberapa tahun ke belakang, setidaknya sejak tahun 2014. Klaim tersebut bermula pada rekaman video yang tidak diketahui, namun video tersebut menjadi viral setelah banyak beredar di Facebook. Sekarang ini rumor tersebut kembali diviralkan oleh pemilik akun Facebook Lena Cantika dan telah dibagikan lebih dari 54 ribu kali


Pada November 2014, seorang pengguna Facebook Filipina bernama Angel Louise Dela Cruz mengaploud video tersebut di dinding Facebook miliknya. Ia tidak mengklaim video tersebut miliknya, namun tidak berapa lama video tersebut mulai diupload di Youtube dengan judul "Flying Horse Seen in Makkah."

Deskripsi untuk video tersebut umumnya menyebutkan bahwa kuda yang terlihat di langit Arab Saudi adalah Buraq (kuda yang digunakan Nabi Muhammad saat Isra Mi"raj). Teori lain menyebutkan kuda dengan eskatologi Kristen, kuda hitam yang dinubuatkan dalam Alkitab, berdasarkan berita Filipina.

Some Christian believers even quoted from a passage in the Book of Revelation at Chapter 6:5-8 which reads: "And when he had opened the third seal, I heard the third beast say, Come and see. And I beheld, and lo a black horse; and he that sat on him had a pair of balances in his hand." According to some Bible scholars, in the Bible's Book of Revelation, the black horse represented famine. The black horse which was seen descending from the sky amidst clouds and thunderstorms was linked by some netizens to the black horse of the "Revelation."

Lalu penampakan kuda di langit Arab Saudi sebenarnya apa? Itu bukan Buraq ataupun kuda dalam Alkitab, itu adalah balon berbentuk kuda yang biasa dimainkan oleh anak-anak.





Kuda dalam rekaman video nampak jelas tidak bergerak hanya melayang-layang di udara tidak seperti kuda nyata yang pastinya badan, kepala, ekor dan kakinya akan benar-benar bergerak saat berpindah tempat. Balon kuda terbang di langit Arab Saudi terlihat hitam karena posisi langit yang gelap dengan pencahayaan minim, dalam hal apapun itu tidak mungkin kuda nyata.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon