04 June 2017

Mungkinkah Anda Terkena Cacar Air Dua Kali?



Telah lama beredar mitos yang dipercaya masyarakat yang mengatakan bahwa Anda tidak bisa terkena cacar air dua kali, cacar air hanya akan menyerang manusia sekali seumur hidupnya. Mitos ini hingga sekarang masih beredar dari mulut ke mulut, namun tidak berdasarkan fakta ilmiah.

Sebelum mencari tahu tentang kebenaran mitos ini, Anda harus mengetahui fakta cacar air. Cacar air (varicella) adalah infeksi yang pada umumnya menyerang anak-anak, yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Hal ini biasanya akan menyerang anak-anak, sebuah infeksi ringan yang tidak berbahaya. Namun orang dewasa juga tidak menutup kemungkinan terserang virus ini, biasanya akan lebih parah.

Cacar air akan menjadi berbahaya bagi orang dengan masalah kekebalan tubuh, seperti leukumia atau orang yang menkonsumsi obat dengan efek samping menurunkan sistem kekebalan tubuh (seperti steroid). Gejala cacar air dimulai dengan demam, setelah satu atau dua hari akan timbul ruam bintik kemerahan yang terasa gatal.

Ruam dimulai dengan bintik merah yang segera berubah menjadi lepuh berisi cairan, beberapa orang mungkin akan mengalami lecet pada kulit. Lepuh yang timbul akan mengering dan membentuk keropeng dalam 4 atau 5 hari.

Cacar air adalah jenis penyakit yang mudah menyebar dan menular, panularan biasa terjadi sebelum ruam muncul. Penularan akan menyebar dari orang yang terinfeksi kepada orang sehat dengan melalui kontak langsung. Anda dapat tertular cacar air jika menyentuh ruam atau cairan yang keluar dari ruam bintik.


Cacar air juga dapat menular melalui air liur, Anda akan tertular jika menyentuh air liur orang yang terinfeksi cacar air. Virus masuk ke tubuh melalui hidung atau mulut dan akan membuat Anda terinfeksi virus ini.

Selain itu, penularan cacar air bisa melalui udara jika Anda berada dekat dengan orang yang terinfeksi. Jika seseorang yang terinfeksi cacar air bersin atau batuk, maka virus akan menyebar ke udara dan orang-orang di dekatnya akan rentan terinfeksi. Anda akan berisiko besar terkena cacar air jika sebelumnya tidak pernah terifeksi cacar air dan belum pernah divaksinasisi varisela.

Wanita hamil jika terinfeksi cacar air bisa menyebarkannya kepada bayi di dalam kandungan. Bahkan ibu yang baru melahirkan dengan kondisi cacar air juga akan menularkan kepada bayi yang baru dilahirkannya.

Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran virus ini dengan tidak membiarkan orang sehat dekat dengan pasien untuk waktu yang lama, bahkan sedapat mungkin jangan biarkan ada orang sehat yang mendekatinya. Untuk memaksimalkan menghentikan penyebarannya, seseorang yang terinfeksi cacar air harus diberikan ruangan khusus yang memisahkan dengan orang sehat, itu mungkin bukan solusi praktis, tetapi pada kenyataannya cacar air tidak akan menyebar melalui kontak tidak langsung.

Kembali ke masalah apakah Anda dapat terkena cacar air dua kali atau cukup sekali seumur hidup. Dalam kebanyakan kasus, seseorang hanya akan terkena cacar air sekali seumur hidup. Hal ini disebut dengan imunitas seumur hidup. Namun, Anda tidak menutup kemungkinan dapat terinfeksi cacar air untuk kedua kalinya, tapi itu kasus yang jarang terjadi.


Herpes zoster sama seperti cacar air dan disebabkan oleh virus yang sama, namun biasanya hanya akan muncul pada bagian tubuh tertentu saja. Herpes zoster akan menyerang orang yang pernah terinfeksi cacar air, biasanya akan muncul beberapa tahun kemudian setelah orang yang terinfeksi cacar air mulai sembuh.

Herpes zoster sangat menular. Anda tidak bisa tertular herpes zoster dari orang yang sedang terinfeksi cacar air. Herpes zoster atau biasa disebut cacar ular atau cacar api adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air ( virus varicella zoster) yang akan menyerang setelah seseorang menderita cacar air.

Penularan herpes zoster sama dengan penyakit cacar air melalui kontak langsung, namun perbedaannya pada ruam bintik herpes zoster hanya pada bagian tubuh tertentu, membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut.

Ruam bintik pada Herpes Zoster

Pada dasarnya herpes zoster merupakan bawaan dari penyakit cacar air atau varisela zoster tidak akan menular pada orang lain menjadi herpes zoster juga, kecuali orang tersebut belum pernah terkena cacar air, maka ia bisa terjangkit cacar air.

Vaksinasi varisela sebaiknya diberikan pada orang yang belum pernah terkena cacar air (terutama pada bayi), tetapi bagi mereka yang telah berusia di atas 50 tahun sebaiknya diberikan vaksinasi varisela apakah sudah pernah terkena cacar air atau tidak sebagai booster (penguat), sehingga jika timbul lepuh herpes zoster tidak parah.

Jadi, tidak menutup kemungkinan Anda akan terkena cacar air untuk kedua kalinya, walaupun itu kemungkinannya sangat kecil. Setelah Anda sembuh dari cacar air, Anda akan kembali diserang virus yang sama berupa cacar air kembali ataupun sebagai herpes zoster.

Secara sederhana, jika Anda terinfeksi cacar air dan mulai sembuh, virus akan tetap berada pada tubuh dalam waktu yang lama. Jika virus kembali aktif, maka akan menyebabkan virus menginfeksi kembali berupa cacar air atau herpes zoster.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon