23 June 2017

Mengapa Ada Akun Facebook Yang Tidak Bisa Diblokir?



Mungkin Anda pernah mencoba memblokir akun seseorang namun tidak pernah bisa? Salah satu akun Facebook yang tidak bisa diblokir adalah milik Mark Zuckerberg. Selain itu, banyak akun lainnya yang tidak bisa Anda blokir, biasanya akun dengan banyak pengikut.

Beberapa spekulasi beredar terkait akun yang tidak bisa diblokir, seperti akun dengan banyak pengikut akan mendapat prioritas oleh Facebook hingga tidak bisa Anda blokir. Akun Facebook yang tidak bisa diblokir berawal pada tahun 2010, sebuah situs BlockZuck.com pernah memberikan cara sederhana tentang cara memblokir akun Mark Zuckerberg.

Bagi Anda yang pernah merasa kesal atau kecewa dengan Facebook mungkin akan berpikir untuk memblokir pencipta Facebook. Namun, intruksi dari BlockZuck untuk memblokir akun Mark Zuckerberg adalah kesalahan fatal.

Sejak saat itu, Facebook mengubah cara pengguna memblokir pengguna lainnya. Mungkin Anda berpikir bahwa akun Mark Zuckerberg tidak bisa diblokir karena ia pemilik Facebook hingga mempunyai kode khusus untuk menghalangi seseorang memblokir akunnya, bukan itu masalahnya.


Juru bicara Facebook memberikan jawaban dari banyaknya pertanyaan mengenai hal ini. Mereka menyatakan bahwa akun yang tidak bisa diblokir bukan hanya milik Zuckerberg. Proses kesalahan pemblokiran akun disebabkan jumlah blokir yang cukup besar pada sebuah akun.

Jadi, jika sebuah akun diblokir oleh banyak pengguna dalam waktu yang hampir bersamaan, maka akun tersebut tidak bisa diblokir lagi. Hal ini mencegah kampanye hitam mengajak untuk memblokir sebuah akun secara bersama-sama, Facebook akan melindungi akun tersebut dari ajakan kampanye hitam.

"This error isn't specific to any one account. It's generated when a person has been blocked a certain large number of times. In very rare instances, a viral campaign will develop instructing lots of people to all wrongly block the same person. The purpose of this system is to protect the experience for people targeted by these campaigns. We're constantly working to improve our systems and are taking a closer look at this one."

Pada dasarnya akun yang tidak bisa diblokir disebabkan akunnya pernah diblokir secara besar-besaran oleh banyak pengguna. Hal ini menyebabkan Facebook bereaksi untuk menghentikan pemblokiran akun tersebut hingga mengakibatkan tidak lagi bisa diblokir.

Kampanye viral untuk memblokir sebuah akun merupakan tindakan yang dianggap sebuah intimidasi oleh Facebook. Jadi, jika ada ajakan secara masif untuk memblokir sebuah akun, maka akun target yang telah diblokir oleh banyak pengguna akan langsung dilindungi oleh Facebook hingga akun tersebut tidak lagi bisa diblokir oleh pengguna lainnya.


Beberapa contoh akun yang tidak bisa diblokir adalah milik Husnul Khatimah dan Afi Nihaya Faradisa.



Akun Husnul Khatimah dengan jutaan pengikut dan merupakan akun palsu 'pengemis like' yang mengeksploitasi rasa iba pengguna Facebook, banyak memposting informasi hoax dan mengeksploitasi agama, pastinya pernah diblokir secara besar-besaran oleh banyak pengguna. Begitu pula dengan akun Afi Nihaya Faradisa dengan pengikut lebih dari 500 ribu, kontroversi terkait akun ini secara masif membuat banyak pengguna Facebook mencoba memblokirnya.

Jadi, jika Anda tidak bisa memblokir sebuah akun, maka akun tersebut pernah diblokir secara besar-besaran hingga mengakibatkan Facebook melindunginya. Alih-alih Anda berharap akun target banyak yang memblokir, sebaliknya akun tersebut akan menjadi 'kebal blokir'.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon