20 June 2017

Kejahatan Jalanan Melempar Telur ke Kaca Depan Mobil?



Klaim: Modus kejahatan kaca depan mobil dilempar telur.

INFO DARI POLRI

Jika anda mengemudi dimalam hari dan tiba² kaca mobil depan dilempar dengan TELUR....!!! "JANGAN operasikan wipper/semprotkan air/ cairan apapun...!!!"

Telur yang terlempar jika dicampur dengan air akan berubah putih seperti susu & akan menghalangi penglihatan Anda sampai dengan 92.5% ! | Sehingga anda terpaksa berhenti di pinggir jalan dan risikonya sudah dipastikan akan jadi korban perampokan !!!

Ini modus terbaru yang digunakan oleh perampok dijalan pada waktu malam hari. Telur ini bukan sembarang telur, komplotan perampok sengaja mencampur telur dengan campuran zat tertentu & apabila tercampur dengan cairan atau air akan berubah seperti air susu yang kental. Harapan perampok...!!!

Disaat telur dilemparkan, otomatis pengendara akan mengoperasikan wipper dan menyemprotkan air ke kaca depan mobil, Telur kemudian dengan cepat menutupi hampir seluruh bagian kaca depan akibat sapuan wiper.

Pengemudi terpaksa berhenti dan turun dari mobil untuk melihat apa yang terjadi.

Saat itulah pelaku beraksi dan menodongkan senjata tajam ke pengemudi dan melancarkan aksinya untuk merampok.

Pada kesempatan itu, pelaku perampokan yang sudah mengintai, akan menyergap anda ketika sibuk membersihkan kaca mobil.

Bila modus pelemparan telur ini terjadi pada anda maka tindakan yang anda harus lakukan antara lain :

1. Bila kendaraan sedang melaju kencang perlu kiranya mengurangi kecepatan namun kendaraan tetap berjalan ( jangan terlalu pelan apalagi berhenti ).

2. Jangan menghidupkan atau mengaktifkan wipper agar pecahan telur tidak merata, usahakan tetap dapat melihat kedepan dengan memanfaatkan celah-celah pecahan telur yang menempel di kaca depan.

3. Menghentikan kendaraan untuk membersihkan kotoran/pecahan telur hanya bila sudah menemukan tempat yang diyakini cukup aman, yaitu daerah yang cukup ramai atau di dekat kantor Polisi.

Marilah kita menjadi pribadi yg peduli kepada sesama, tolong sebarkan...!!! agar saudara² kita yg lain lebih berhati-hati dan selamat dari kejahatan !!!

Tolong sebarkan/share atau copas dan posting kembali, semoga hal ini menjadi amal shaleh bagi kita semua, Aamiin...! Agar di teruskan ke Tmn2 supaya dia tdk Menjadi Korban Kejahatan Trsebut, Ok Tks.

Viva.co.id: Kaca Mobil Terkena Lemparan Telur, Jangan Nyalakan Wiper

Tidak Terbukti

ANALISIS

Pesan memperingatkan pengemudi mobil pada modus kejahatan pinggir jalan dengan cara melemparkan telur ke kaca bagian depan mobil bukan modus kejahatan baru. Pesan ini telah lama beredar secara luas bukan hanya di Indonesia. Pesan tersebut diposting di Facebook oleh pemilik akun Ary Prasetyo dan telah dibagikan lebih dari 29 ribu kali.

Modus kejahatan tersebut pada dasarnya bukan hal yang tidak mungkin terjadi, tetapi kita harus berpikir secara fakta apakah benar modus kejahatan tersebut benar terjadi? Setidaknya beberapa pengguna Facebook luar negeri melaporan menjadi korban modus kejahatan tersebut, namun laporan tersebut tidak terbukti.

Antara News dalam laporannya pada tahun 2008, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sisno Adiwinoto meminta masyarakat untuk mewaspadai munculnya kejahatan dengan melempar telor ke kaca mobil bagian depan. Sisno mengatakan, hingga kini memang belum ada laporan resmi masyarakat dan menjadi permasalah hukum sebab belum ada yang memberikan laporan resmi.

Detik.com pada tahun 2010 melaporkan bahwa Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar memperingatkan tentang modus perampokan yang dilakukan dengan melemparkan telur ke kaca mobil. "Kami sendiri belum pernah menerima laporan modus perampokan seperti itu. Tapi jika ada masyarakat yang pernah mengalami kejadian serupa, harap melapor," katanya


Pesan ini telah lama beredar melalui blog, email dan situs media sosial, tidak ada bukti untuk mengkonfirmasi kebenarannya. Sejauh ini, belum ada berita resmi atau laporan kepolisian yang dapat dipercaya tentang perampokan dengan menggunakan telur seperti dalam klaim.

Berikut pesan yang sama terjadi di Lebanon:

Very IMP info...........Please share with others

If you are driving at night and were attacked with eggs on your car's windshield, do not operate your wiper or spray any water. Eggs mixed with water become milky and block your vision up to 92.5%. You are forced to stop at road side and become victim of robbery. This is new technique used by robbers....IN LEBANON NOW

Take care and have a Safe Driving

Johor Baru:

You can't clean away smashed eggs on the windscreen with the wiper and sprayed water

If you are driving at night and are attacked with eggs, do not operate the wiper and spray any water.

Because eggs mixed with water become milky and block your vision up to 92.5 %

Then you are forced to stop at the road side and become a victim of robbers

This is a new technique used by robbers in Johor Bahru.

Pesan lainnya:

IF YOU ARE DRIVING AT NIGHT AND EGGS ARE THROWN AT YOUR WINDSCREEN, DO NOT STOP TO CHECK THE CAR , DO NOT OPERATE THE WIPER AND DO NOT SPRAY ANY WATER, BECAUSE EGGS MIXED WITH WATER BECOME MILKY AND BLOCK YOUR VISION UP TO 92.5%, AND YOU ARE THEN FORCED TO STOP BESIDE THE ROAD AND BECOME A VICTIM OF THESE CRIMINALS. THIS IS A NEW TECHNIQUE USED BY GANGS, SO PLEASE INFORM YOUR FRIENDS AND RELATIVES.

Pesan yang sama terjadi di beberapa negara, apakah kejahatan dengan modus melemparkan telur ke kaca bagian depan mobil dilakukan oleh penjahat international? Tidak rasional. Apakah Anda mempercayai kejahatan pinggir jalan dilakukan oleh jaringan internasional?

Inti dari klaim di atas menyatakan bahwa pecahan telur yang menempel pada kaca depan mobil tidak bisa dibersihkan dan akan menutupi kaca jika disemprotkan air saat mengoperasikan wipper. Pada dasarnya klaim tersebut berlebihan dan dalam banyak kasus bilah wiper dan air lebih mudah membersihkan telur di kaca depan mobil.

Berdasarkan investigasi dari thoughtco,com, pesan tersebut setidaknya telah beredar di AS sejak November 2009 yang berasal dari beberapa pesan terpisah yang digabungkan menjadi satu. Pesan awal memperingatkan kejahatan dengan melempar telur mentah ke kaca depan mobil, lalu penjahat meninggalkan kursi mobil bayi dengan bayi palsu di dalamnya di pinggir jalan.

Kesimpulan: Pesan peringatan kejahatan jalanan dengan melemparkan telur mentah ke kaca depan mobil tidak terbukti, pesan tersebut telah lama beredar di beberapa negara dengan klaim yang sama, namun tidak ada laporan resmi bahwa kejahatan tersebut pernah terjadi. Lembaga penegak hukum AS menyatakan bahwa pesan peringatan tersebut tidak mendasar dan telah menolak peringatan ini serta mengingatkan untuk mengabaikan pesan tersebut.

Peringatan tentang modus kejahatan melemparkan telur pada kaca mobil telah banyak beredar, bahkan pihak Polri pernah memperingatkannya. Namun, dari semua peringatan tersebut tidak pernah ada laporan resmi bahwa kejahatan tersebut pernah terjadi. Anda harus tetap waspada akan tindak kejahatan, tetapi kewaspadaan Anda jangan berlebihan apalagi pada kejahatan yang tidak pernah terjadi (tidak ada laporan resmi). Kejahatan tersebut bukan hal yang mustahil terjadi, namun setiap informasi yang beredar harus berdasarkan fakta, bukan berdasarkan rumor.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon