18 June 2017

15 Alat Online Membantu Memverifikasi Gambar



Dalam dunia online, banyak beredar gambar dengan berbagai macam versi dan klaim. Namun tidak sedikit gambar palsu ataupun asli namun dengan deskripsi yang tidak ada korelasinya dengan gambar. Gambar bisa menjadi alat propaganda dengan cara diedit, bahkan sebelum tercipta photoshop.

Seperti contoh gambar di bawah ini yang menunjukan pihak Uni Soviet menghapus gambar seorang pemimpin politik yang telah dieksekusi. Pemotongan gambar terlihat cukup sempurna hasil karya amatir, bahkan dengan teknologi editing sekarang yang sangat canggih tidak semua orang dapat melakukannya.


Berikut kami berikan beberapa cara untuk membantu Anda memverifikasi keaslian ataupun mencari data gambar yang beredar di internet:

Findexif.com : Perangkat gratis di mana Anda bisa meng-upload foto atau memberikan referensi dan Findexif akan mengidentifikasi EXIF-data (kapan dan dengan perangkat apa foto diambil, karakteristik gambar, kadang-kadang tempat, di mana foto itu dibuat, juga bisa untuk mengidentifikasi).

Exif Viewer Jeffrey : Tool online dengan fungsi yang sama - mengungkapkan metadata dari gambar.

Foto Forensik : Sebuah situs web yang dapat menjalankan analisis tingkat kesalahan (ELA), yaitu untuk menemukan bagian-bagian dari gambar yang sudah ditambahkan ke dalamnya setelah proses editing. Setelah proses program berjalan, maka akan menghasilkan gambar dengan memisahkan bagian-bagian yang telah diedit. Selain itu, program ini juga akan memberikan EXIF-data foto. Namun, untuk menggunakannnya harus benar-benar Anda pelajari, karena menilai bagian-bagian gambar memerlukan ketelitian.


Google Pencarian Gambar : Alat pencarian gambar terbalik yang disediakan oleh Google. Anda bisa meng-upload foto ataupun memasukkan link gambar di sana untuk mencari sumber asalnya dan untuk memeriksa gambar lainnya yang mirip. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android, dapat mendownload aplikasinya di Playstore.


TinEye.com: Alat pencarian gambar terbalik yang sama. Jika Anda tidak menemukan gambar lain di Google Pencarian gambar, Anda bisa mencoba mencarinya di TinEye.


ImageRaider: Alat ini sama untuk mencari gambar terbalik. Jika Anda tidak menemukan gambar lain di Google pencarian gambar dan TinEye, Anda dapat mencoba mencarinya di ImageRaider.


JPEGsnoop: Sebuah program yang harus diinstal (hanya untuk Windows). Program ini dapat menunjukkan metadata tidak hanya gambar, tetapi juga format seperti AVI, DNG, PDF, THM. Program ini dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, memungkinkan untuk mendeteksi kesalahan dalam file yang rusak, untuk mengetahui apakah sebuah gambar sudah diedit dan sebagainya.


Memeriksa algoritma gambar

1. Untuk menentukan seorang fotografer pemilik foto atau asal foto. Cara yang paling efisien dan sering dilakukan untuk melakukan verifikasi gambar adalah dengan menghubungi orang yang meng-upload foto atau orang yang mengirimnya ke editor dan bertanya apakah orang ini yang mengambil foto (pemilik foto). Yang wajib dilakukan adalah dengan mencoba untuk menemukan foto ini dengan pencarian gambar terbalik. Google juga dapat menunjukkan gambar yang sama, dan kadang-kadang membantu untuk menentukan apakah foto itusudah diedit atau asli. Seperti biasa referensi ke gambar dengan resolusi tinggi akan menjadi sumber aslinya.

2. Anda juga harus memeriksa orang yang menyebarkan informasi gambar. Ada beberapa alat yang berbeda yang dapat membantu untuk mengumpulkan informasi tentang gambar. Meskipun mereka sebagian besar dirancang untuk warga AS, tetapi ada juga beberapa yang akan berguna bagi warga dari negara-negara lain. Misalnya, Pipl.com mencari "jejak Internet" dari pengguna, membantu untuk mengidentifikasi, dan untuk mencari foto. Anda harus memasukkan nama seseorang dalam bahasa Latin dan program akan melakukan pencarian melalui semua jaringan sosial media Amerika (Facebook, LinkedIn, MySpace). Fitur dari program ini adalah dengan cara berjalan mencari melalui deepWeb, yang telah diabaikan oleh mesin pencari biasa dan tidak tersedia untuk pengguna.

Alat lain yang berguna adalah WebMii, mencari referensi dengan nama orang, menghasilkan rating "visibilitas web", Anda bisa menggunakan mencari tahu akun palsu. Berkat alat ini setiap orang dapat menemukan referensi / nama di situs Web.


Anda dapat menggunakan people.yandex.ru untuk pencarian melalui Runet

3. Langkah selanjutnya adalah menentukan tempat, tanggal dan waktu perkiraan foto diambil. Cara termudah adalah dengan meminta fotografer (jika dapat dihubungi) atau meminta dia untuk membuat lebih banyak foto lain dari lokasi yang sama. Maka Anda harus memeriksa data yang diberikan dengan program tersebut di atas. Wartawan atau seorang fotografi digital, akan memahami berbagai karakteristik yang disediakan oleh program itu. Informasi yang paling penting bagi orang lain adalah waktu, tempat, dan jenis kamera. Jika metadata tidak tersedia, Anda harus hati-hati memeriksa gambar: nomor plat, kondisi cuaca, landscape, mode pakaian, iklan, bangunan, toko. Semua rincian ini dapat membantu untuk menentukan tempat, kadang-kadang mereka bahkan bisa bersaksi palsu.

Ada juga satu hal yang nampak akan menjadi seperti jelas. Anda harus memeriksa apakah gambar benar-benar menunjukkan apa yang ada dalam keterangan. Gambar bisa benar, namun terkadang deskripsi tidak akan sesuai dengan kenyataan. Misalnya, gambar di bawah ini yang banyak diklaim para pengungsi Suriah berjuang menaiki kapal.


Faktanya gambar itu menunjukan puluhan ribu pengungsi Albania berebut menaiki kapal kargo 'Vlora' menuju Italia pada tahun 1991.

Google Maps dan Wikimapia (versi crowdsourcing dari GoogleMaps) akan membantu Anda untuk menyelidiki lokasi. Panoramio juga merupakan situs yang berguna. Anda dapat meng-upload foto dengan koordinat geografis (situs ini terintegrasi dengan Google maps).

Geofeedia adalah alat untuk mengawasi jaringan sosial media. Hasil agregat bukan dari kata kunci dan hashtag, tetapi dengan lokasi yang ditentukan. Alat ini memproses pesan dari Twitter, Flickr, Youtube, Instagram dan Picasa, dikirim menggunakan GPS, dan kemudian mereka menyajikan sebagai kolase. Alat ini tidak gratis, hanya versi demo yang gratis.


Satu metode lain untuk memverifikasi foto adalah dengan melihat kondisi cuaca di tempat yang disebutkan pada hari yang ditentukan. Mesin pencari Wolfram Alpha akan sangat berguna. Perlu dicatat bahwa ini condong berbasis pengetahuan dengan bias ilmiah, robot intelektual yang bisa menjawab berbagai pertanyaan. Namun, Anda harus fasih dalam tema mengenai informasi ensiklopedis yang tepat, tidak dalam peristiwa saat ini. Hal ini tidak memberikan link ke situs lain namun menghasilkan jawaban yang diberikan. Wolfram Alpha harus dioperasikan dalam bahasa Inggris.


Wolfram Alpha bisa berguna tidak hanya untuk memeriksa cuaca tetapi juga untuk pekerjaan jurnalis harian taupun pekerjaan lainnya, serta hanya untuk bersenang-senang ketika Anda hendak bepergian ke suatu tempat.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon