14 May 2017

Video Anak Mengalami Gangguang Saraf Otak Karena Radiasi Gadget: Hoax



Klaim: Video seorang anak terkena gangguan saraf otak akibat radiasi gadget.


Hati-hati Yaaah Bunda !! Jangan biarkan anak" kita terlalu sering aktif dalam Gadget , Sangat berbahaya !!! Anak ini gangguan syaraf otak karena radiasi gadget... Tidak ada batasan anak untuk bermain gadget...

Gadget banyak berpengaruh, keterlambatan bicara, anak jadi kurang komunikatif dan banyak lagi, , yah kalo yang itu tergantung kita stimulasi anak nya bagaimana..

Tapi yang paling bahaya itu radiasi nya .... Dan mata nya terpapar cahaya gadget itu sendiri..

Jadilah orang tua yang bijak dalam penggunaan gadget

HOAX

ANALISIS

Kabar tentang seorang anak terkena gangguan saraf otak karena radiasi gadget tidak mendasar, bahkan video yang ditampilkan telah disalahgunakan untuk menyebarkan hoax hingga menciptakan kepanikan bagi yang mempercayainya. Posting tersebut sudah dibagikan lebih dari 28 ribu kali.

Sekoci mencoba menghubungi orang tua anak dalam video. Berdasarkan keterangan Au Fang, ibunda dari JHM (anak dalam video), JHM yang bersekolah di Ipeka Balikpapan belum lama ini terkena autoimun NMDA Receptor Encephalitis (autoimun yang menyerang saraf pusat otak), jadi saraf otak yang terganggu hingga menyebabkan fungsi otak bermasalah, dan sekarang JHM sudah sembuh dan bisa kembali beraktifitas.

"Saya sangat menyesalkan ada oknum yang menyebarkan foto dan video anak saya, entah untuk kepentingan pribadinya atau bagaimana," kata Au Fang kepada Sekoci. "Anak saya sakit bukan karena radiasi tapi karena autoimun".

Video yang beredar adalah sewaktu JHM kejang lokal di rumah sakit, namun video tersebut disalahgunakan oleh hoaxer dengan menyebarkan rumor tentang bahaya radiasi ponsel. Faktanya hingga sekarang belum ada bukti ilmiah bahwa radiasi ponsel menyebabkan gangguan saraf otak atau kanker pada manusia.


Kabar yang hampir sama beredar menyatakan bahwa seorang murid SDIT Al Madina meninggal dunia akibat radiasi ponsel. Pihak sekolah SDIT Al Madina membantah rumor tersebut dan menyatakan bahwa itu adalah hoax.

Rumor tentang radiasi ponsel menyebabkan kanker otak sudah lama beredar dan banyak dipercaya, para ahli hingga sekarang belum dapat memastikan apakah radiasi ponsel berbahaya bagi otak manusia. Beberapa penelitian telah dilakukan, namun dari semua penelitian yang dilakukan belum ada yang dapat memastikan hubungan antara radiasi ponsel dan kanker otak.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon