22 May 2017

Ular Terpanjang dan Terbesar Ditemukan di Brazil: Hoax



Klaim: Penemuan ular Anaconda yang diklaim panjangnya mencapai 10 meter dengan berat 400 kg.


Seekor ular Anaconda raksasa dengan panjang 10 meter ditemukan di lokasi pembangunan bendungan di Brasil utara.

Reptil raksasa dengan berat 400 kilogram itu ditemukan oleh pekerja konstruksi setelah meledakkan sebuah gua di Altamira, Pará.

Sebuah video yang direkam oleh salah satu pekerja konstruksi menunjukkan ular raksasa yang konon memiliki tubuh berdiameter hampir satu meter.

Sumber klaim: Tribunnews.com, dream.co.id, liputan6.com, okezone.com


HOAX

ANALISIS

Seekor ular Anaconda dengan panjang 10 meter dan berat 400 kg ditemukan di Brazil? Anaconda hijau adalah spesies terbesar dari jenis Anaconda. Menurut catatan resmi yang sudah dikonfirmasi, ular Anaconda terpanjang mencapai 5,21 meter dengan berat 97,5 kg. Ada laporan penemuan Anaconda dengan panjang lebih dari 7 meter, namun laporan tersebut belum dikonfirmasi kebenarannya.

Berita penemuan Anaconda dengan berat 400 kg berawal dari beberapa media Inggris, seperti dailymail.co.uk, thesun.co.uk, mirror.co.ukdailystar.co.uk dan lainnya. Video tersebut banyak diposting secara online di beberapa outlet berita dunia.


Dalam klaimnya, video itu diambil di proyek pembangunan bendungan Belo Monte. Namun, pihak perusahaan kontruksi yang membangun bendungan setelah melihat video tersebut menyatakan bahwa lokasi dalam rekaman bukan terjadi di proyek bendungan Belo Monte. Bantahan tersebut diposting pada 3 Februari 2016 dalam halaman resmi Facebook mereka.
\

Dengan sedikit mencari untuk menyelidiki lokasi di mana video itu diambil, kami menemukan sebuah video yang sama yang dipublikasikan di Youtube pada 6 Oktober 2015, namun ukuran ular itu nampak lebih kecil.

Dalam video mengatakan bahwa panjangnya adalah 7 meter, namun ukuran panjangnya belum dikonfirmasi 100%. Anaconda yang kita lihat dalam klaim rekaman video tampak terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya karena jarak kamera yang sangat dekat.


Anaconda itu ditemukan mati di jalan oleh Mato Grosso dan mungkin terlindas sebuah truk. Ullar itu lalu dibawa ke Universitas Federal Mato Grosso (UFMT), yang akan digunakan untuk studi.

Berikut video-video selengkapnya:



Anda dapat melihatnya dari sudut pandang lain, apakah ular Anaconda tersebut panjangnya 10 meter dan berat 400 kilogram?


Sebenarnya video Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di bendungan Belo Monte adalah lelucon dari e-farsas.com, mereka berhasil menipu dunia.


Berita penemuan ular Anaconda 10 meter dan berat 400 kilogram yang ditemukan di lokasi pembangunan bendungan Belo Monte merupakan sebuah lelucon, banyak banyak situs berita dunia tertipu hingga menganggapnya nyata dan pembacanya menjadi korban pembodohan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon