20 May 2017

Tangga Ilusi Tak Berujung Karya Arsitektur Modern?



Klaim: Video tangga ajaib tak berujung jika menaikinya akan kembali ke titik awal.


Sebuah gedung di kompleks kampus Rochester Institute of Technology (RIT) di Amerika Serikat memiliki tangga ajaib. Seseorang yang menaiki tangga di Gedung 7 kampus itu kemudian akan bertemu lagi dengan tempat berangkatnya di bawah.

Mengacu kepada SFGlobe, Jumat (6/02/2015), disebutkan bahwa tangga itu diciptakan oleh seorang arsitek Filipina bernama Rafael Nelson Aboganda. Namun demikian, film tentang ‘mitos’ tangga itu malah diciptakan oleh Michael Lacanilao, seorang mahasiswa Jurusan Film di RIT.

Melalui kampanye dunia maya, ia membuat tenar istilah ‘Escherian Stairwell’ tanpa memberi jawaban langsung tentang bagaimana caranya tangga itu memproses penggunanya sehingga kembali ke titik awal.

Liputan6.com

Tipuan

ANALISIS

Rumor tentang Escherian Stairwell atau tangga ilusi hasil karya arsitektur modern merupakan tipuan yang dianggap nyata. Escherian Stairwell menjadi populer karena melawan hukum fisika dan logika dasar karena ketika Anda berjalan, Anda akan kembali di tempat yang sama di mana Anda memulainya.


Video dari Rochester Institute of Technology (RIT) menjadi viral di mana dalam rekaman menunjukan seseorang yang menaiki tangga kembali ke posisi bawah tangga di sebelahnya. Banyak orang merasa bingung bagaimana mungkin itu terjadi, seharusnya ketika menaiki tangga maka akan berada di atas bukan kembali ke bawah.

Video tersebut nampak nyata, tapi sayang itu hanya tipuan yang diciptakan oleh Michael Lacanilao sebagai upaya untuk menciptakan "mitos modern". Video tersebut diciptakan untuk mrembuat orang-orang percaya bahwa sesuatu yang mustahil (seperti tangga ajaib) benar-benar ada.


Lacanilao membuat video tangga ilusi dengan memperluasnya dalam sebuah film dokumenter, bahkan melibatkan seorang arsitektur yang merancang tangga ajaib bernama Rafael Nelson Aboganda (nama arsitek adalah fiktif). Lalu ia memulai kampanye Kickstarter mencari pendanaan untuk proyeknya, namun kampanyenya gagal mendapatkan dana yang diharapkan.

Proyek "mitos modern" dimaksudkan menciptakan sebuah mitos baru yang mengagumkan. Pada dasarnya banyak mitos di dunia yang dipercaya hingga diyakini kebenarannya, mitos escherian tangga sengaja diciptakan bagian dari keajaiban arsitektur yang nantinya akan terus dipercaya, sepertinya sekarang dan beberapa tahun kemudian mitos tersebut akan tetap dipercaya oleh sebagian orang.

Video Escherian Stairwell sejak pertamakali diunggah di Youtube pada April 2103, banyak yang mempercayai, video tersebut sangat meyakinkan dan tanpa penjelasan ilmiah kemungkinan besar akan tertipu. Video tersebut mempermainkan rasionalitas manusia dalam dalam memahaminya, mungkin dalam 15 detik rasionalitas akan hilang dan selanjutnya akan terganggu dengan pertentangan logika dasar.

Video dan animasi digital Escherian Stairwell merupakan proyek imajiner kreatif untuk menyajikan sebuah mitos modern dalam bentuk karya seni, video tersebut hasil editing dan menggunakan sudut kamera untuk menipu pandangan yang menciptakan ilusi.

Berikut video penjelasan Michael Lacanilao


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon