04 May 2017

Penjelajah Waktu Muncul Saat Mike Tyson Tanding Tahun 1995?



Sebuah kabar yang telah lama beredar menyatakan tentang penjelajah waktu yang terekam dalam foto saat pertandingan antara Mike Tyson melawan Peter McNeeley pada 19 Agustus 1995.

Berikut artikel berita dari liputan6.com

Masih ingat pertandingan antara Mike Tyson melawan Peter McNeeley pada 19 Agustus 1995? Media asal Inggris, The Sun mengungkap sebuah fakta aneh di pertandingan tersebut.

Bukan hasil pertandingannya yang mencurigakan, melainkan adanya seorang yang diduga berasal dari masa depan, atau bisa dibilang penjelajah waktu.

Ya, saat kamera menyorot wajah Tyson, ada seseorang yang sedang memegang sebuah handphone. Menariknya, telepon seluler itu seperti mengeluarkan blitz untuk mengambil gambar pertandingan.

Tentu saja, orang yang diduga penjelajah waktu itu membuat geger. Pasalnya, pada 1995, belum ada telepon seluler yang terdapat kamera. Kalau orang sekarang bilang smart phone dan baru populer sekitar tahun 2000-an.

Banyak yang mengatakan bahwa penjelajah waktu ada di dunia nyata. Ada pula yang menyebut orang yang membawa telepon seluler itu merupakan makhluk planet lain. Namun, hingga sekarang belum ada bukti konkretnya.

Penjelasan NASA

"Yang kita lihat di sini adalah seorang penjelajah waktu yang menonton pertarungan favoritnya dan duduk di barisan paling depan. Pada 1995 memang sudah ada telepon, tapi belum ada kameranya," kata pemburu UFO, Scott C Waring.

Sementara itu, seorang ahli NASA, Dr Marc Rayman percaya kalau perjalanan waktu bisa diwujudkan. Saat ini, NASA masih mengembangkan beberapa teknologi agar bisa melakukan hal tersebut.

"Saya yakin perjalanan waktu ke masa depan bisa dilakukan. Tapi, kita perlu mengembangkan beberapa teknologi yang sangat canggih untuk melakukannya," katanya.

Tidak Terbukti 

ANALISIS

Rumor tentang penjelajah waktu yang terlihat dalam pertandingan Mike Tyson pada tahun 1995 hanya berdasarkan asumsi bahwa seseorang terekam menggunakan smartphone, sedangkan saat itu smartphone belum diproduksi.

Memang benar belum ada smartphone yang dilengkapi fitur kamera digital yang beredar pada tahun 1995. Istilah smartphone pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1995, untuk menggambarkan "PhoneWriter Communicator" sebagai smartphone. Smartphone mulai diproduksi sekitar tahun 1999/2000. Namun, berbagai kamera video dan kamera digital telah diproduksi pada tahun berlangsungnya pertarungan tersebut (1995).

Untuk lebih jelas mari kita lihat rekaman videonya:


Dalam video di atas menunjukan beberapa jenis kamera digital yang tidak ada kecocokan dengan yang terlihat dalam rekaman video. Namun, ada beberapa jenis kamera digital yang sangat mirip dijual pada tahun 1995.

Dengan resolusi dan ukuran video yang kurang berkualitas, sulit untuk menentukan fitur khusus dari perangkat yang dimaksud, tapi kami menemukan sejumlah kamera yang sangat mirip dengan apa yang terlihat dalam video dan umumnya tersedia pada tahun 1995, terutama Casio QV-10A dan Casio QV-100.



Walaupun tidak pasti kamera mana yang digunakan karena bentuk kamera dalam rekaman video sedikit buram, namun Anda dapat menilai kemiripan dengan kamera Casio di atas yang sudah beredar pada tahun 1995.

Dalam hal apapun klaim bahwa penjelajah waktu muncul pada tahun 1995 adalah sebuah teori konspirasi yang dihembuskan para pencinta UFO dan alien. Banyak klaim serupa muncul, namun tidak ada satupun yang terbukti adanya penjelajah waktu.


Sebelumnya juga sebuah teori konspirasi mengklaim seorang pria penjelajah waktu muncul pada tahun 1940. Klaim pria penjelajah waktu berdasarkan asumsi dari penampilan pria dalam foto lebih terlihat nyentrik dibanding pria lainnya di masa itu, namun faktanya penampilan nyentrik seperti itu sudah umum terjadi di tahun 1940.




Rumor besar yang beredar tidak lepas dari peran teori konspirasi yang tak hentinya menghembuskan teori mereka berdasarkan asumsi. Teori konspirasi biasanya terkait dengan melawan konsensus yang tidak dapat dibuktikan.

Dalam kasus ini, teori konspirasi mencoba membuktikan adanya penjelajah waktu dengan teori asumsi mereka, klaim tentang adanya penjelajah waktu hingga sekarang masih dianggap tidak rasional dan tidak terbukti.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon