27 May 2017

Katak Terbesar Dengan Bobot 13 Pon Ditemukan di Amerika?



Klaim: Katak dengan bobot 13 pon ditangkap seorang pria


Markcuz Rangel - Wanted to share a monster bull frog we got yesterday afternoon at one of our fishing ponds in South texas ranch located in Batesville tx 13lb monster frog!!! #stxha

HOAX

ANALISIS

Gambar seorang pria memegang katak besar yang diklaim seberat 13 pon atau sekitar 5 kilogram pertama kali diposting oleh halaman Facebook South Texas Hunting Assoc pada 25 Mei 2017, post tersebut menjadi viral dibagikan lebih dari 185 ribu kali. Untuk saat ini gambar tersebut belum ramai menyebar di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan akan menjadi viral.

Katak terlihat besar dikarenakan sudut perspektif kamera, hal seperti ini telah banyak dilakukan seniman masa lalu. Trik perspektif kamera banyak dilakukan dalam dunia fotografi profesional maupun amatir, salah satu objek akan terlihat lebih besar dibanding objek sekitarnya.








Perspektif adalah perubahan bentuk, ukuran, dan kedalaman bidang yang relatif akibat perbedaan cara pandang antara objek dan kamera. Objek akan terlihat lebih besar karena pergeseran posisi dalam mengambil objek foto dari sudut pandang, jarak dan ketinggian yang tidak sama.

Ketika objek menjauh, objek tersebut akan terlihat lebih kecil karena sudut penglihatan yang berkurang. Semakin jauh jarak benda dari mata, semakin kecil sudut penglihatan. Sudut ini dapat dihitung dengan geometri Euclidean.

Contoh yang sederhana adalah Matahari dan Bulan yang jika terlihat dari Bumi kurang lebih berukuran sama, namun Matahari sebenarnya jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan jarak Matahari ke Bumi sangat jauh dibandingkan jarak dari Bumi ke Bulan.


American Bullfrog adalah katak terbesar di Amerika Utara yang berat maksimal mencapai 1,5 pon. Bahkan jenis katak terbesar di dunia yang masih hidup di Bumi, Goliath Frog hanya mencapai berat 7 pon (3 kilogram), hanya ada dua dari jenis katak ini sebesar bola bowling. Katak Goliath dengan ukuran sangat besar menyebabkan katak ini sulit melompat tinggi, katak ini terancam punah.

Katak Goliath

Dalam hal apapun klaim bullfrog dengan berat 13 pon di Amerika tidak rasional, Amerika bullfrog berat maksimal hanya mencapai 1,5 pon. Bahkan katak dalam klaim tidak masuk dalam jenis katak goliath, katak terbesar yang hidup di Bumi dengan habitatnya di Kamerun dan Gunea Khatulistiwa (negara di Afrika Tengah dengan sebagian besar wilayahnya diselimuti hutan belantara).

Sebelumnya sebuah klaim yang mirip dengan foto katak besar beredar pada November 2015. Katak besar dalam foto diklaim berbobot 42 pon yang teridentifikasi palsu.


Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon